Makanan Sehat Bagi Penderita Tipes Dan Pantangannya Menurut Ahli

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat untuk penderita tipes dan pantangannya sebaiknya perlu diketahui dan di perhatikan sejak dini. Mengingat makanan sendiri merupakan asupan nutrisi utama tubuh yang tentu dapat ikut ambil dalam mempengaruhi kondisi kesehatan tipes cukup dominan. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnhya, Anda bisa simak ulasan singkat berikut ini.

makanan sehat bagi penderita tipes

Tipes atau dalam istilah medisnya disebut dengan demam tifoid merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi yang menyerang sistem pencernaan akibat bakteri Salmonella typhi. Penyakit yang bersifat menularn ini tak jarang melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri, Bahkan pada sebagian kecil kasus, penularan bisa terjadi akibat terkena buang air kecil yang telah terinfeksi bakteri.

Penyakit ini sebaiknya mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain berpotensi menular, juga dapat membuat gejala tipes semakin memburuk bahkan memicu timbulnya komplikasi. Namun selain pengobatan, beberapa faktor lainnya juga dipercayai dapat mempengaruhi cepat lambatnya penyembuhan penyakit tipes. Salah satunya yakni makanan. Mengingat makanan sendiri merupakan asupan nutrisi utama yang diterima tubuh.

Makanan sehat bagi penderita tipes dan pantangannya menurut Ahli

makanan sehat bagi penderita tipes

Pada dasarnya, penderita tipes memiliki kompoisi menu harian yang hampir sama dengan orang sehat pada umumnya. Menu haruslah seimabang antara jumlah energi/kalori (dari segi porsi) serta zat nutrisi yang terkandung harus memnuhi variasi keberagaman zat gizi. Usahakan juga untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan juga lemak. Namun menurut beberapa ahli, terdapat beberapa jenis makanan sehat dan pantangan makanan yang perlu di perhatikan oleh penderita tipes.

1. Makanan sehat bagi penderita tipes yang dianjurkan

Makanan lunak

Mengingat tipes merupakan penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, maka disarankan penderitanya mengonsumsi makanan lunak, lembek dan berkuah. Hal ini bertujuan agar makanan tersebut lebih mudah di cerna. Sistem pencernaan orang yang tengah mengalami tipes sendiri sedang berada dalam kondisi yang kurang baik, dan tentunya butuh waktu dalam proses penyembuhan. Selain dari pada itu, pemberian makanan yang lunak dan lembek juga berguna untuk menghindari terjadinya komplikasi pendarahan di usus serta ferforasi usus (munculnya lubang-lubang di usus).

Makanan rendah serat

Berdasrkan hasil penelitian yang di terbitkan dalam America Journal of Nursing, salah satu pantangan makanan bagi penderita tipes sementara waktu adalah makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Hal tersebut lantaran makanan yang mengandung serat tinggi sulit untuk di cerna dan dapat mengiritasi usus Anda yang telah meradang.

Sedangkan apabila Anda ingin mengonsumsi buah dan sayur, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis buah dan sayur yang rendah serat. Namun harus tetap mengandung mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh. Beberapa diantaranya seperti asparagus, kacang panjang, tomat, buncis muda, labu siam, brokoli, wortel, pisang, alpukat dan melon. Anda juga masih bisa mengonsumsi makanan rendah serat lainnya seperti pasta, nasi putih, kentang, roti tawar dan lain sebagainya.

Makanan tinggi protein

Protein merupakan salah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, lantaran menjadi sumber tenaga dan zat pembangun yang memiliki fungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan rusak. Dan bagi orang yang sakit tipes, asupan makanan yang tinggi protein ini sangat di perlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Hal tersebut lantaran protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

Adapun beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tipes diantaranya yakni daging ayam bagian dada, hati ayam, telur, ikan, tahu dan tempe. Namun seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, makanan sehat bagi penderita tipes ini sebaiknya di buat lebih lunak dan berukuran lebih kecil. Anda bisa merebusnya atau menjadikannya sebagai sup. Dan sebaiknya hindari metode menggoreng, karena dapat membuat tekstur makanan lebih keras dan lebih sulit di cerna oleh pencernaan penderita tipes.

2. Pantangan makanan bagi penderita tipes yang perlu di hindari

Selain makanan sehat, terdapat juga beberapa pantangan makanan yang sebaiknya di hindari oleh penderita tipes. Satu diantaranya adalah makanan pedas. Meski makanan ini menggairahkan, namun penderita tipes sebaiknya menghindarinya. Hal tersebut lantaran dapat membuat usus Anda luka akibat terinfeksi bakteri salmonilla typhi. Makanan pedas dapat membuat organ pencernaan terlebih usus mengalami rasa panis sehingga terjadi pembengkakan bahkan mungkin pendarahan.

Hal tersebut tentu saja dapat memperparah dan memperlama proses penyembuhan penyakit tipes. Selain makanan pedas, vberikut adalah berbagai pantangan makanan tipes lainnya diantaranya:

  • Makanan lemak tinggi seperti santan, gorengan, junk food, dan lain sebagainya
  • Makanan mentah seperti sushi dan salad (tanpa rebus)
  • Makanan berbumbu tajam
  • Makanan cepat saji
  • Minuman berkafein, beralkohol dan bersoda
  • Makanan tinggi karbohidrat
  • Sayuran yang menghasilkan banyak gas (seperti kol, kubis dan paprika)
  • Makanan yang tinggi serat

Nah itulah berbagai jenis makanan sehat bagi penderitan tipes dan pantangannya menurut para ahli. Selain itu, cukupi juga kebutuhan cairan Anda mengingat orang yang mengalami tipes rentan terkena dehidrasi. Minumlah sebanyak enam hingga 8 gelas per hari bahkan lebih dari itu. Jika gejala masih tak membaik, selain memeriksakannya ke dokter kembali, Anda bisa mengonsumsi Obat Tipes Herbal yang mana khasiatnya telah terbukti. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *