Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol Tinggi Yang Dianjurkan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi berikut sangat dianjurkan untuk di konsumsi. Karena selain memang menyehatkan tubuh, namun juga di percaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lalu, apa saja anjuran makanan penderita kolesterol tinggi tersebut? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi

Masalah kolesterol tinggi bukan lagi hanya menjadi masalah untuk orang tua, melainkan pada usia muda pun seseorang dapat menderita kolesterol. Banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti halnya makanan cepat saji merupakan salah satu dari banyak alasan kondisi tersebut terjadi pada saat ini. Dan jika kolesterol telah bersarang didalam tubuh, maka Anda memiliki resiko tinggi mengalami berbagai penyakit serius seperti jantung dan stroke.

Dan adapun jika Anda kini telah terlanjur menderita kolesterol tinggi, maka sudah sepatutnya Anda harus menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat untuk menghindari komplikasi berbahaya yang kemungkinan dapat terjadi.

Makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi yang bagus dan dianjurkan untuk dikonsumsi

Sebelumnya kita mengetahui berbagai pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi. Dan sekarang giliran Anda juga untuk mengetahui apa saja makanan yang bagus untuk penderita kolesterol tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Dan berikut ulasan rincinya.

1. Oat dan jelai

Kedua makanan ini dipercaya mampu mengkikat kolesterol dan mencegahnya terserap oleh tubuh. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung serat yang disebut dengan beta glutan. Mengonsumsi sekitar 3 gr makanan yang kaya akan beta glutan dalam sehari di percaya mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Anda sendiri bisa menyajikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah seperti pisang untuk menambah kandungan serat didalamnya.

2. Kacang-kacangan

Makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi lainnya adalah kacang-kacangan. Manfaat kacang sendiri diktahui mampu mengurangi kolesterol dalam darah lantaran mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat dan juga kalium. Sehingga dengan mengonsumsinya Anda bisa menurunkan kolesterol Anda sebanyak 5% apabila mengonsumsi 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.

3. Buah dan sayuran

Mengonsumsi buah san sayur secara teratur cuka bisa menurunkan kolestol tinggi. Hal tersebut dikarenakan makanan yang bagus untuk penderita kolesterol tinggi ini mengandung lemak jenuh yang sangat rendah. Bahkan jika Anda mengonsumsinya lebih banyak, maka Anda akan lebih mudah kenyang dan mengurangi resiko mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Adapun sayuran dan buah yang baik untuk penderita kolesterol tinggi diantaranya adalah brokoli, apel, pir, jeruk, ubi, stoberi, terong, dan lainnya.

3. Beras coklat

Apabila dibandingkan dengan beras putih, beras coklat dipercaya mengandung lebih banyak nutrisi dan kaya akan serat. Kandungan serat pada beras coklat inilah yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

4. Kacang kedelai dan olahannya

Mengonsumsi kacang kedelai sebanyak 0, 5 ons dalam sehari, diketahui mampu mengurangi kolesterol Anda sampai 6%. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung protein yang diyakini mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Selain itu, produk olahan dari kacang kedelai juga memiliki khasiat yang sama. Diantaranya seperti susu kedelai, puding kedelai tanpa gula, kacang edamame dan tahu.

5. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, tongkol, tuna dan sarden ternyata tak hanya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lebih dari itu, omega 3 juga mampu menurunkan resiko terbentuknya bekuan darah yang secara tidak langsung berpengaruh untuk menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh. Untuk itu, konsumsi setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu dengan rsep masakan untuk untuk kolesterol tinggi tentunya yang aman.

6. Alpukat

Buah yang satu ini diketahui kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Dan usahakan untuk mengonsumsinuya dalam bentuk buah, buka dalam bentuk jus yang telah dicampur gula dan susu. Hal tersebut lantaran penderita kolesterol tinggi perlu membatasi lemak jenuh. Adapun batas asupan lemak jenuh pada wanita ialah 20 gr, sedangkan batas untuk pria adalah 30 gr.

7. Kuaci tawar

Mungkin tak pernah ada yang menyangka bahwa biji bunga matahari atau kuaci tawar juga termasuk ke dalam salah satu makanan penurun kolesterol. Kuaci sendiri diketahui mengandung zat tembaga didalamnya. Zat ini sangat di perlukan oleh tubuh, karena pola makan yang rendah asupan zat tembaga akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat (LDL) dan terbatasnya kolesterol baik yang terserap oleh tubuh.

7. Makanan yang kaya akan lemak tak jenuh

Untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal, menjaga asupan lemak jenuh harian adalah hal pertama yang harus dilakukan. Untuk itu, Anda dapat menggantinya dengan lemak tak jenuh. Seperti hlnya Anda bisa menggantin minyak kelapa dan minyak kelapa sawit yang tinggi lemak jenuh dengan minyak zaitun, minyak bunga matahari, jagung, minyak sayur, kacang dan biji-bijian lainnya yang tinggi akan lemak tak jenuh.

Nah itulah berbagai jenis makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi yang banyak dianjurkan oleh Ahli. Namun didamping Anda menjaga pola makan, Anda juga patut mengubah pola hidup Anda. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda kembali normal dengan cepat. Seperti halnya berolahraga, menjaga berat badabn ideal dan berhenti merokok. Namun jangan terlalu khawatir apabila Anda telah mengubah pola makan dan pola hidup sehat lainnya, dan kadar kolesterol Anda masih tinggi. Karena kami memiliki rekomendasi produk terbaik untuk mengatasinya. Untuk itu silahkan klik: Obat Kolesterol Tinggi Alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *