Makanan Sehat Bagi Penderita Batu Ginjal Yang Baik Dan Dianjurkan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat bagi penderita batu ginjal adalah sekelompok jenis makanan yang tepat bahkan dianjurkan oleh ahli untuk penderitanya. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis makanan ini mampu membantu meningkatkan kesehatan penderita batu ginjal, dan mencegah penyakit ini kambuh kembali. Lalu, apa saja makanan yang bagus untuk batu ginjal tersebut? selengkapnya simak dalam ulasan singkat berikut ini.

makanan sehat bagi penderita batu ginjal

Ginjal adalah salah satuu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Diantaranya untuk menyaring kotoran dari dalam darah dan mengirimnya ke kemih untuk menjadi urine (air kencing). Selain itu, ginjal juga bekerja untuk mengetur tekanan darah, mengatur penyerapan air, mengendalikan keasaman dalam tubuh juga menyeimbangan kadar elektrolit (kalium, fosfor dan kalsium).

Namun seperti pada organ tubuh lainnya, ginjal juga mampu mengalami gangguan kesehatan, seperti salah satunya batu ginjal. Bahkan menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menunjukkan, bahwa batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal terbanyak yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Dan secara medis, sekitar 70-80% orang yang pernah mengalami penyakit ini memiliki resiko akan mengalami penyakit tersebut. Dan apabila Anda salah satunya, mengatur menu makanan yang benar bisa membantu Anda untuk menghindarinya.

Makanan sehat bagi penderita batu ginjal yang baik dan dianjurkan oleh ahli

Sebelum Anda mengatasi dan mencegah batu ginjal agar tidak terulang kembali, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dalu berbagai jenis batu ginjal. Batu ginjal sendiri terdiri dari beberapa jenis batu diantaranya seperti batu kalsium oksalat, kalsium fosfat, sistin dan asam urat. Namun dari keempat jenis batu tersebut, yang tersering adalah kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Dan berikut adalah kamanan dan minuman yang baik untuk batu ginjal.

  • Buah-buahan: Pepaya, apel, anggur, semangka, ceri, cranberries dan apel
  • Makanan pokok: Beras merah dan biji gandum
  • Sayuran: Brokoli, asparagus, kubis, timun, labu dan bawang
  • Minuman: Air putih dan madu

Dan untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencegah terbentuknya kembali batu kalsium oksalat dengan mengurangi mengonsumsi pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal. Diantaranya ialah makanan yang mengandung oksalat tinggi. Seperti halnya jeroan, daging sapi, daging kambing serta bayam. Adapun untuk tetep mencukupi kebutuhan kalsium di tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium namun rendah oksalat seperti tahu, tempe, oats, roti gandum dan jeruk.

Sedangkan untuk mencegah terbentuknya kembali batu asam urat, maka sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung asam urat tinggi. Seperti halnya daging sapi, daging kambing, jeroan, kerang, ikan sarden, alkohol dan kopi. Selain itu, untuk mencegah semua jenis batu ginjal, Anda bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, yakni 1,5-2 liter perhari yang setera dengan 8 gelas atau lebih. Hal tersebut sangat penting mengingat salah satu penyebab batu ginjal berupa dehidrasi.

Selain dari pada itu, penting juga untuk membatasi natrium dalam makanan. Natrium dalam makanan paling banyak dijumpai dalam bentuk garam dan penyedap rasa yang mana mengandung monosodium glutamate (MSG). Dan itu berarti Anda sebaiknya tidak menmabhkan garam maupun penyedap rasa dalam makanan Anda selama Anda menderita batu ginjal terlebih pasca operasi batu ginjal.

Hanya saja takaran garam dalam jumlah yang kecil juga justru dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan elektrolit.Kandungan garam dan MSG yang tinggi umumnya dijumpai pada makanan kemasan, makanan dalam kaleng hingga daging yang diawetkan. Maka dari itu, makanan tersebut sebaiknya dihindari oleh Anda yang kini memang tengah mengalami gangguan batu ginjal.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan kali ini mengenai berbagai makanan sehat bagi penderita batu ginjal yang baik dan dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Selain itu, terus pantau kondisi Anda dengan memeriksakannya ke dokter hingga kondisi Anda benar-benar di nyatakan pulih. Adapun jika Anda ingin mengatasi batu ginjal secara alajmi, kami memiliki rekomendasi terbaik bagi Anda yang tentunya efektif, aman dan tidak menimbulkan efek samping. Untuk itu silahkan klik: Obat Batu Ginjal Alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *