Makanan Sehat Bagi Penderita Batu Empedu Yang Dianjurkan Ahli

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat bagi penderita batu empedu terdiri dari berbagai jenis makanan yang mana mengandung nutrisi dan gizi, yang menyehatkan tubuh. Bahkan menurut sejumlah ahli, berbagai makanan tersebut dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit batu empedu. Lalu, apa saja menu makanan sehat untuk penderita batu empedu? Selengkapnya bisa Anda ketahui dalam informasi berikut ini.

makanan sehat bagi penderita batu empedu

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar mengenai kantong empedu? Ya, empedu sendiri merupakan organ yang berada dibagian bawah hati. Adapun empedu sendiri merupakan organ yang berada dibagian bawah hati. organ ini berfungsi untuk membantu proses pencernaan di usus kecil. Selain itu, kantong empedu juga memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai zat yang dihasilkan oleh hati seperti halnya bilubirin, kolesterol dan garam.

Dan seperti pada organ tubuh lainnya, kantong empedu juga bisa mengalami gangguan kesehatan seperti salah satunya penyakit batu empedu. Penyakit ini tak jarang disebabkan oleh banyaknya kolesterol atau zat bilubirin yang tertimbun didalam kantong empedu. Sehingga terbentuk batuan kecil yang menyumbat di kantong maupun saluran empedu. Dan seperti gangguan kesehatan lainnya, penyakit ini juga tak jarang mengakibatkan rasa sakit akibat gejala batu empedu yang timbulkannya.

Selain harus segera mendapatkan pengobatan, penderita batu empedu juga harus memperhatikan betul asupan makanan yang ia konsumsi. Karena tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Bahkan, terdapat beberapa pantangan makanan untuk penderita batu empedu yang dapat memperparah kondisi penderitanya.

Makanan sehat bagi penderita batu empedu yang dianjurkan ahli

makanan sehat bagi penderita batu empedu

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang aman dan sehat untuk dinikamati oleh penderita batu empedu. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buahmerupakan makanan yang bebas lemak, terkecuali alpukat yang memiliki lemak baik Selain itu, didalamnya juga kaya akan vitamin, antioksidan dan juga mineral yang penting bagi tubuh. Nah, jika Anda di diagnosis menderita batu empedu, buah-buahan dan sayuran adalah salah satu jenis makanan terbaik yang tepat untuk Anda konsumsi.

Terlebih sayur dan buah yang mengandungn vitamin C, kalsium dan vitamin B. Seperti terdaopat pada buah jeruk, jamue, stroberi dan pepaya. Meski sehat, Anda juga perlu memperhatikan cara mencuci dan menolahnya. Sebaiknya cuci dengan air bersih yang mengalir dan pilih cara memasak yang dikukus, direbus, dipanggang.

2. Biji-bijian

Roti yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum adalah makanan yang penuh akan serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan sebagian besar biji-bijian juga mengandung rendah lemak sehingga menjadi makanan bagi penderita batu empedu yang banyak dianjurkan oleh ahli. Untuk itu, pilihlah roti maupun sereal yang terbuat dari biji gandum.

3. Kacang-kacangan

Selain dari pada biji-bijian, terdapat juga berbagai jenis kacang-kacangan yang juga aman dan sehat bagi penderita batu empedu. Diantaranya ada tempe dan tahu yang merupakan makanan sederhana yang terbuat dari kacang kedelai yang sangat mudah untuk diolah. Selain itu, Anda juga bisa menimati aneka jenis kacang lainnya, seperti halnya almod atau walnut untuk tambahan salad sayur, oat atau yogurt untuk cemilan. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan porsinya jangan sampai berlebihan.

4. Susu bebas lemak

Tak jarang orang yang kini tengah menjalani diet ketat akan disarankan untuk untuk mengonsumsi lemak hanya 30% dari jumlah total kalorinya. Bahkan penderita batu empedu harus mengosumsi lemak kurang dari angka tersebut. Jadi, untuk asupan lemak pengidap batu empedu sagatlah dibatasi. Sehingga, Anda juga harus meperhatikan susu dan produk susu yang memang mengandung lemak. Anda masih bisa menikmati lezatnya susu, dengan syarat produk susu beserta olahannya rendah lemak.

5. Daging tanpa lemak

Tak hanya susu, daging juga merupakan satu diantara makanan yang cenderuung mengandung banyak lemak. Dan Anda tak perlu khawatir, Anda tetap bisa menikmati daging ayam, ikan dan juga sapi. Untuk daging sapi, pilih daging sapi yang telah diosishkan bagian lemaknya. Sementara untuk daging ayam, piluhlah hanya bagian dagingnya saja tanpa kulit. Adapun untuk ikan, Anda bisa menikmati ikan segar, beku atau kalengan karena lemak yang terkandung didalamnya cenderung sedikit dan juga lebih sehat.

6. Makanan manis

Apabila Anda termasuk oarang yang suka mengonsumsi makanan manis, maka Anda tetap bisa memakannya. Misalnya, es buah, krim buah maupun yogurt. Selain itu, permen atau marshmallow juga makanan bebas lemak yang masih aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, porsinya harus tetap di batasi untuk mencegah asupan kalori berlebih.

Nah, itulah berbagai resep dan menu makanan sehat bagi penderita batu empedu yang dianjurkan ahli. Selain itu, masih banyak lagi minuman dan makanan yang sehat bagi penderita batu empedu untuk dikonsumsi. Diantaranya seperti minyak zaitun, air kelapa hijau, ubi jalar, seledri dan lainnya. Dan apabila Anda kini tengah mencari pengobatan alternatif, yang dapat menghancurkan batu empedun secara alami, efektif, aman tanpa operasi silahkan klik: Obat Penghancur Batu Empedu Herbal. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *