Makanan Pantangan Untuk Penderita Asma Yang Wajib Dihindari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan pantangan bagi penderita asma merupakan sejumlah makanan yang dianggap tabu untuk dikonsumsi oleh penderita asma. Hal tersebut lantaran beberapa jenis makanan ini diketahui mengandung senyawa yang malah dapat memperburuk kondisi Asmma. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

pantangan makanan untuk penderita asma

Asma yang tak lain merupakan salah satu penyakit kronis pernapasan, hingga kini belum di temukan penyembuhnya secara menyeluruh. Adapun jikalau obat hanya dikonsumsi saat asma menyerang dan itu merupakan pengobatan sementara untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit. Asma juga tak jarang disebut sebagai silent killer. Hal tersebut tak dapat dipungkiri karena penyakit ini juga bisa memicu kematian apabila tidak segera mendapatklan penanganan yang benar.

Beberapa faktor seperti halnya lingkungan, keturunan hinga makanan bisa menjadi penyebab asma. Beberapa penderita penyakit saluran pernapasan ini biasanya akan dilarang untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Hal tersebut karena erat kaitannya denga alergi, dimana biasanya makanan yang menjadi pantangannyapun mampu memicu alergi.

Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai apa saja jenis makanan yang memiliki potensi memicu serangan asma perlu diketahui. Hal tersebut agar penderita asma ataupun calon penderita asma mengetahui apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak dengan upaya mencegah dan membantu penderita asma untuk sembuh.

Makanan pantangan untuk penderita asma yang wajib dihindari

Berikut adalah beberapa jenis makanan pantangan bagi penderita asma yang sebaiknya di jauhi oleh penderitanya.

√ Produk olahan susu

Meski susu dan produk olahannya menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk penderita asma, namun beberapa jenios makanan ini juga bisa menjadi bomerang bagi penderitanya. Terlebih jika penderita asma memiliki alergi tertentu pada produk olahan susu. Dan kondisi tersebut dapat menyebabkan mengi dan batuk, apabila penderita asma alergi mengonsumsi produk ilahan susu seperti es krim, yogurt dan lainnya.

√ Makanan yang mengandung ragi atau jamur

Bagi anda yang kini tengah menderita asma, maka sebaiknya Anda mengurangi makanan yang menggunakan ragi atau jamur dalam proses pembuatannya. Seperti diantaranya roti, keju biru, coklat kue, muffin dan gula putih. Namun bagi Anda yang ingin. Namun Anda tetap masih bisa mengonsumsi pantangan makanan untuk penderita asma ini dengan jumlah yang harus dikurangi dari sebelumnya.

√ Makanan yang mengandung pengawet

Tak hanya bahaya untuk penderita asma, namun mengonsumsi jenis makanan ini juga nyatanya tidak untuk tubuh. Pengawet seperti benzoate, sulfat, dan gullates juga pewarna harus dihindari. Adapun contoh makanan yang mengandung sulfat ialah asparagus, daun bawang, telur dan selada. Anda juga mungkin harus mulai mengurangi mengonsumsi makanan tersebut lantaran diduga mampu menyebabkan iritasi dan alergi.

√ Minuman ringan

Jenis minuman ini juga termasuk ke dalam salah satu pantangan makanan dan minuman untuk penderita asma. Hal tersebut dikarenakan bahan tertentu hadir dalam minuman ringan, salah satu diantaranya seperti bahwan pengawet. Dan hal tersebut bisa menyebabkan masalah pernapasan pada mereka yang menderita asma.

√ Minyak tertentu

Sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan minyak nabati untuk memasak. Bahkan termasuk minyak bunga matahari dan minyak jagung sekalipun. Hal tersebut dikarenakan dapat memicu peradangan dan tentunya memicu masalah asma yang tengah Anda derita.

√ Kentang goreng

Makanan ringan yang satu ini diketahui mengandung sulfit yang mana bisa bertindak sebagai pemicu. Maka dari itu, hindari untuk mengonsumsi makanan ini, jika Anda tengah menderita asma.

√ Buah-buahan kering

Buah-buahan memang baik untuk kesehatan. Namun beberapa diantara jenis buah-buahan kering dipercaya dapat memperburuk kondisis Anda. Dan pada kenyataannya, bahkan aprikot, cranberry dan nanas sebaiknya harus dihindari oleh Anda penderita asma.

√ Acar

Makanan jenis acar terte mungkin mengandung sulfit yang mana dapat memicu kondisi pernapasan Anda. Hal ini lebih baik untuk menghindari acar apabi;a Anda memiliki asma.

√ Minuman keras

Pada dasarnya, mengonsumsi minuman keras tidak dianjurkan karena berimbas negatif pada tubuh. Dan termasuk pada penderita asma. Kandungan didalam minuman beralkohol dapat memperburuk kondisi peradangan asma. Untuk itu, hindari semua jenis alkohol lantaran dapat membahayakan kondisi Anda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai berbagai makanan pantangan untuk penderita asma. Selain itu, masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang dapat memperburuk kondisi asma. Seperti halnya daging babi, makanan yang menggunakan MSG dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun apabila serangan asma memburuk lebih Anda segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat daatau segera memberikan obat asma herbal, yang hanya bisa Anda dap[atkan disini. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *