Makanan Pantangan Diabetes Yang Harus Dihindari Oleh Penderitanya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan pantangan diabetes sebaiknya dihindari oleh Anda yang kini tengah mengalami penyakit gangguan gula ini. Hal tersebut dikarenakan jika dikonsumsi, maka dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Nah adapun untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak informasi berikut.

makanan pantangan diabetes

Pada era sekarang siapa yang tak kenal dengan penyakit diabetes. Ya, diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang mana ditandai dengan gula darah yang tinggi akibat resistensi insulin. Gangguan kesehatan yang satu ini tergolong ke dalam penyakit kronis dan tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, Anda tetap bisa mengendalikannya agar kadar gula darah tetap stabil. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat.

Karena penting untuk Anda pahami bahwasannya tidak semua jenis makanan yang kita konsumsi akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Hal tersebut lantaran setiap makanan dan minuman memiliki kadar gula atau glukosa yang bervariasi. Hanya saja pola makan yang tidak sehat mampu dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Terlebih lagi apabila makanan yang Anda santap mengandung kalori yang cukup tinggi dari karbohidrat dan gula sederhana.

Makanan pantangan diabetes yang harus di hindari oleh penderitanya

Bagi penderita diabetes, pengaturan asupan makanan merupakan salah satu bentuk dari pengobatan yang harus dijalani. Setelah pada kesempatan sebelumnya kita menginformasikan berbagai makanan sehat untuk penderita diabetes, sekarang giliran Anda untuk mengetahui berbagai pantangan makanan bagi penderita diabetes millitus yang sebaiknya dihindari. Berikut rinciannya.

1. Nasi putih dan makanan berbahan dasar terigu

Nasi putih, roti dan pasta adalah beberapa sumber utama dari karbohidrat sederhana. Dan diantara jenis karbohidrat lain, karbohidrat sederhana paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk diolah menjadi gula darah. Maka dari itu, jenis makanan ini sering kali menjadi makanan pantangan diabetes yang paling umum bagi penderitanya. Terlebih lagi akumulasi karbohidrat sederhana dapat bersumber dari makanan lainnya.

Adapun mengurangi atau mengganti nasi putih dengan makanan yang kaya akan protein merupakan cara yang aman untuk menuranginrasa lapar sekaligus menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan tidak naik secara drastis. Anda bisa mengganti nasi dengan nasi merah, jagung atau ubi jalar. Anda juga bisa mengganti roti putih dan pasta tepung dengan roti gandum yang lebih sehat.

2. Makanan yang mengandung lemak trans tinggi

Pada dasarnya, lemak trans banyak ditemui pada margarin, selai dan juga makanan yang diawetkan. Meski tidak langsung meningkatkan gula darah, namun lemak trans mampu memicu resistensi insulin dan juga sindrom metabolik. Lemak trans juga diketahui mampu meningkatkan resiko keruksakan pada pembuluh darah dan mengurangi lemak baik HDL.

Adapun beberapa jenis makanan yang kaya lemak trans diantaranya seperti keripik kentang kemasan, kentang oreng, gorengan serta makanan lainnya dengan cara di goreng (misal ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng dan lainnya). Kombinasi minyak goreng serta karbohidrat tinggi dari kentang itulah yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, jika Anda kini tengah menderita diabetes sebaiknya kurangi konsumsi lemak trans sehingga mampu mencegah terjadinya keruksakan pembuluh darah akibat diabetes. Terlebih bagi diabetesi yang juga beresiko tinggi terkana penyakit kardiovaskuler.

3. Minuman bersoda

Pantangan diabetes selanjutnya yang harus dihindari adalah mengonsumsi minuman bersoda. Hal tersebut lantaran minuman ini mengandung gula tambahan yang bisa membuat gula darah melonjak tinggi secara drastis. Selain minuman bersoda, sejumlah minuman kemasan lainnya yang banyak dijual di pasaran juga tak jarang mengandung gula tambahan didalamnya. Termasuk didalamnya minuman yang kesannya sehat sekalipun seperti susu coklat dan jus kemasan.

Pada dasarnya, minuman bersoda mengandung 38 gr gula per 350 ml. Sementara minuman manis dengan perisa buah menggunakan pemanis fruktosa yang mampu memicu resistensi insulin apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Dan efek tersebut akan sangat terlihat pada penderita diabetes. Maka dari itu, sebelum membeli produk makanan atau minuman sebaiknya Anda teliti baik-baik laber informasi nilai gizi pada kemasannya Hal tersebut bertujuan guna mengetahui berapa banyak gula yang terkandung dalam produk makanan dan minuman yang akan Anda beli.

4. Buah-buahan kering

Pada saat ini produk buah kering mungkin sering kita dapati dipasaran. Buah kering sendiri merupakan potongan buah yang telah diawetkan dengan cara mengurangi kadar air yang terkandung didalamnya. Selain harganya yang lebih murah, buah kering juga banyak dikonsumsi lantaran memiliki daya simpan yang lebih lama ketimbang buah segar. Namun bagi Anda yang kini tengah mengidap diabetes, buah kering menjadi salah satu makanan pantangan diabetes. Hal tersebut dikarenakan proses pengeringannya yang cenderung menurunkan kadar gizi yang terkandung didalamnya serta ditambahkan gula untuk mnambah rasa.

5. Sirup maple

Mungkin tak sedikit yang mengira bahwa sirup maple, madu dan sirup agave termasuk kedalam ‘pemanis alami’ yang aman untuk penderita diabetes. Namun faktanya, meski ketiganya sering digunakan sebagai pengganti ula pasir dan, Namun ketiganya malah terdaftar ke dalam makanan pantangan diabetes. Hal tersebut dikarenakan ketiganya sama-sama tinggi gu;a, bahkan total karbohidrat dari pemanis alternatif ini bisa menjadi lebih jauh tinggi.

Kopi plus topping

Jika Anda kini tengah menderita diabetes dan sekaligus penggemar kopi, maka Anda lebih baik mengonsumsi kopi hitam atau espreso tanpa ditambah dengan pemanis apapun. Karena selain pemanis, topping seperti karamel, krimer, susu atau whipped cream juga lambat laun mampu meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Sejatinya setiap makanan dan minuman mengandng kadar gula yang bervariasi. Hanya saja pola makan tidak sehat mampu dengan cepat meningkatkan kadar gula darah terlebih apabila makanan yang Anda lahap berkalori tinggi dari karbohidrat dan gula sederhana.

Nah itulah berbagai makanan pantangan bagi penderita diabetes. Selain dari pada itu, masih banyak lagi pantangan makanan untuk penderita diabetes lainnya. Diantaranya seperti produk susu tinggi lemak (full cream, es krim, yogurt dan keju), popcorn kaya rasa, saus tomat atau saus botolan, jus buah dengan tambahan gula, salad dressing dan masih banyak lagi. Selain dengan menjaga pola makan, Anda juga bisa mengontrol kadar gula darah Anda dengan mengonsumsi Obat Diabetes Herbal, yang khasianya telah terbukti dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Semofa apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *