Kisaran Biaya Operasi Batu Empedu 2018 Terlengkap √ Cek Disini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Biaya operasi batu empedu pastinya akan berbeda di sejumlah Rumah Sakit yang tersebar di berbagai daerah. Hal tersebut tergantung fasilitas rumah sakit, teknik pembedahan dan juga lamanya rawat inap. Selain itu, penggunaan BPJS dan juga surat kesehatan lainnya juga akan mempengaruhinya. Adapun bagi Anda yang ingin tahu informasi selengkapnya, Anda bisa cek ulasan singkat berikut ini.

biaya operasi batu empedu

Operasi batu empedu adalah prosedur pembedahan yang dilakukan pada organ empedu yang letaknya persis dekat dengan organ hati. Operasi batu empedu ini sendiri perlu dilakukan apabila gangguan pada empedu sudah parah, sehingga menimbulkan gejala batu empedu yang cukup kronis hingga berbagai komplikasi yang membahayakan kesehatan tubuh.

Seperti yang telah di sampaikan pada kesempatan sebelumnya, batu empedu merupakan batuan kecil yang terbentuk dari kolesterol ataupun zat lainnya di saluran empedu. Kondisi ini mulai menjadi kondisi yang cukup serius, apabila batu empedu ini telah menyumbat saluran maupun bagian ujung empedu. Sehingga memicu rasa sakit yang mendadak dan sangat mengganggu. Dan jika memang dokter telah mendiagnosis cukup parah, maka dokter biasanya akan memberikan pilihan operasi uintuk pengobatannya.

Kisaran biaya operasi batu empedu 2018 paling lengkap

Mungkin salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan berat bagi bagi penderita batu empedu beserta keluarga untuk melakukan operasi adalah biayanya yang cukup mahal. Namun, apabila operasi tak kunjung dilakukan maka dikhawatirkan penyakit batu empedu yang diderita akan semakin parah dan di khawatirkan menimbulkan berbagai komplikasi.

Dan sebagaimana informasi yang telah kami dapatkan dari beberapa intansi rumah sakit juga situs kesehatan terpecaya, dapat kami informasikan bahwa kisaran biaya operasi batu empedu berbeda-beda. Namun secara rata-rata operasi batu empedu ini berkisar Rp. 24.000.000-Rp. 40.000.000. Harga tersebut biasanya disesuaikan dengan pilihan kelas kamar yang dipilih pasien. Namun, apabila pasien memiliki BPJS, maka biaya tersebut bisa di cover dengan ketentuan yang berlaku.

Mengetahui sedikit persiapan dan prosedur operasi batu empedu

Seperti pada prosedur operasi lainnya, operasi batu empedu juga memiliki beberapa persiapan. Hal tersebut tergantung dari hasil diagnosa dokter yang bersangkutan. Nah, untuk pasien yang mengalami berbagai gejala batu empedu seperti rasa tidak nyaman di ulu hati dan merasakan sakit pada area tersebut, maka sebaiknya segera di periksakan agar pengobatan segera dapat diputuskan. Apakah cukup hanya dengan diobati atau malah harus di operasi.

Adapaun jika tindakan pembedahan harus dilakukan, berikut ialah beberaopa persiapan sebelum operasi pada batu empedu:

  • Melakukan chek up kesehatan empedu ke dokter sete;ah merasakan gejala-gejala yang merujuk kepada sakit empedu atau emspedu yang mengalami inflamasi.
  • Melakukan serangkaian pemeriksaan seperti cek laboraturium, cek rekam jantung dan cek dengan USG.
  • Berkonsultasi dengan dokter, yang biasanya akan menyarankan beberapa pilihan operasi batu emnpedu.
  • Apabila Anda telah paham akan prosedur operasi berikut perawatan serta efek sampingnya yang kemungkinan muncul.

Nah setelah Anda melakukan serangkaian persiapan operasi batu empedu diatas, maka prosedur operasi batu empedu akan segera dilakukan. Namun sebelum itu, sejatinya ada 3 cara atau teknik yang sering dilakukan untuk melakukan operasi batu empedu. Diantaranya:

1. Operasi kolesistektomi laparoskopik

Operasi batu empedu ini akan dilakukan melalui lubang kunci yang ukurannya sangat kecil. Lubang kecil tersebut yakni berupa sayatan berikuran 1 cm pada kuli diarea organ hati dan empedu berada. Jenis operasi ini akan cukup berat, sehingga akan dilakukan bius total dengan lama waktu penyembuhan hingga 2 minggu.

2. Kelesistektomi sayatan terbuka

Pada prosededur bedah ini, batuy empedu aan dikeluarkan dengan membuat sayatan terbuka pada kulit di area organ empedu berada. Dan biasanya, pasien yang menderita masalah berat badan berlebih dapat memilih prosedur operasi yang satu ini. Dan pasca operasi, pasien dapat menjalani pemulihan sekitar 1.5 bulan, dengan masa istirahat di rumah sakit hingga 1 minggu. Pada teknik bedah ini juga, pembiusan total akan digunakan.

5. Kolangiopankreatografi Retrograd Endoskopik (ERCP)

Metode ERCP ini dapat dilakukan tanpa perlu mengangkat kantung emepdu pasien. Penyumbatan tyang terjadi sudah ditangani, namun batu dalam empedu masih ada. Operasi ini hanya memerlukan bius lokal saja dengan durasi 30 sampai 40 menit.

Adapaun untuk tahap proses operasi yang akan dijalani oleh penderita batu empedu dengan teknik ini adalah sebagai berikut.

– Melakukan serangkaian tes kesehatan seperti tes darah, tes jantung hingga cek USG.
– Jika operasi batu empedu akan dilakukan pada keesokan harinya, maka pada malam hari pasien disarankan untuk berpuasa hingga saat operasi tiba.
– Pasien akan diberi anestesi seperti halnya pada beberapa operasi besar lainnya.
– Proses operasi akan berjalan dalam waktu maksimal 1 jam. Adapun jika tidak menggunakan metode pembedahan besar, maka waktu operasi yang di perlukan hanya 40 menit.
– Apabila memilih metode operasi dengan lubang kunci atau sayatan terbuka, maka pasien akan mengalami penutupan pembedahan dengan jahitan.
– Pasien akan beristirahat di ruangan khusus jingga diperlukan pengecekan kesehatan empedu kembali oleh dokter
– Pasien tentunya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pedas dan berlemak pasca operasi
– Pasien harus mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter untuk masa pemulihan pasca operasi empedu atau batu empedu.

Adakah efek samping pasca operasi batu empedu?

Seperti pada prosesdur pembedahan lainnya, efek samping pasca operasi batu empedu kemungkinan dap[at muncul. Terlebih pada operasi batu empedu yang tergolong kedalam kategori pembedahan besar. Adapun berbagai efek samping tersebut diantaranya adalah ganggian pencernaan, kemubung, mual dan muntah hingga iritasi usus.

Apa saja perawatan pasca operasi batu empedu?

Nah, jika Anda kini selesai menjalani operasi batu empedu, Anda diwajibkan untuk beristirahat penuh hingga kondisi Anda pulih kembali. Dan selama masa pemulihan tersebut, terdapat beberapa perawatan yang perlu dilakukan seperti:

  • Makan diet anti-inflamasi
  • berolahraga ringan secara teratur
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Menghindari penurunanan berat badan yang cepat, mengonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter.

Nah itulah informasi mengenai kisaran biaya operasi batu empedu 2018 terlengkap di sejumlah rumah sakit Indonesia. Jika Anda kini tengah menderita penyakit batu empedu dan takut untuk melakukan operasi, kami memiliki pengobatan alternatif untuk mengatasinya. Khasiatnya aman dan efektif meluruhkan batu empedu tanpa operasi. Untuk informasi selengkapnya silahkan klik: Obat Penghancur Batu Empedu Herbal. Semoga membantu dan lekas sembuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *