Ini Jenis Makanan Peningkat Sistem Imun Untuk Cegah Virus Corona

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Terjadinya peningkatan kasus virus corona (COVID-19) di seluruh dunia menyebabkan tak sedikit masyarakat menjadi resah. Karena tak hanya di Cina, kini ksus virus mematikan ini diketahui telah merambat cepat di beberapa negara seperti Korea Selatan dan Italia. Maka dari itu, diperlukan pencegahan ekstra agar kita terhindar dari virus mematikan ini. Salah satunya dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan peningkat sistem imun seperti dalam ulasan berikut.

penderita virus corona (COVID-19)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya virus corona atau COVID-19 adalah jenis virus mematikan, yang mana pertama kali muncul di Wuhan, Cina. Seolah tak kunjung surup, kasus virus corona diketahui kian hari kian meningkat. Bahkan hingga hari ini (24/2/2020), tercatat 79.930 kasus infeksi corona secara global. Sedangkan, untuk korban meninggal akibat virus ini diketahui telah mecapai angka 2.469 kasus.

Adapun Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan, bahwa salah satu tinDakan pencegahan penularan virus corona, yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dengan begitu, dipercaya mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh untuk menangkal virus mematikan ini.

Makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna cegah virus corona

makanan peningkat sistem imun

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Bawang putih

Sejak ribuan tahun lalu, bawang putih telah dipercaya sebagai salah satu tanaman mujarab yang menjadi komposisi obat herbal. Kandungan antibakteri dan antivius didalamnya, diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga dikenal mengandung antioksidan yang tinggi serta senyawa alami lainnya seperti fosfor, seng, potassium juga kalsium.

Berbagai senyawa tersebut dapat membantu memperkuat sistem pernapasan serta turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh. Tak ketinggalan, senyawa allicin yang terkandung didalamnya juga memiliki manfaat guna melawan pilek dan infeksi lainnya. Untuk itu, mulai sekarang, Anda bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda dan keluarga. Caranya, cukup konsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, maka efektif dapat membunuh kuman dan virus penyebab penyakit seperti flu, batuk, pilek, radang tenggorokan hingga penyakit serius sekalipun seperti COVID-19.

2. Buah yang mngandung vitamin C

Jeruk, lemon dan kiwi merupakan beberapa diantara jenis buah yang kaya akan vitamin C, yang dipercaya sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit yan g berhubungan dengan sistem pernapasan serta mampu mempercepat penyembuhan beragam jenis penyakit tertentu.

Untuk itu, mulai sekarang Anda bisa menjadikan 3 buah tersebut sebagai asupan tambahan sehari-hari. Baik itu dikonsumsi sebagai campuran infuse water, campuan salad buah ataupun camilan saat nonton televisi.

3. Madu

Jenis makanan lainnya yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah madu. Cairan manis ini sendiri diketahui mengandung antioksidan yang baik untuk mengobati batuk, menjaga tenggorokan agar tidak kering hingga efektif hilangkan dahak. Manfaat madu lainnya juga memiliki peranan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol darah hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Jahe

Makanan sekaligus bahan dapur ini juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal tersebut lantaran didalamnya terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin yang cukup tinggi. Anda bisa menikmati jahe dengan mengolahnya sebagai campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde atau meresbus jahe bersama serai dan gula jawa. Selain menyehatkan, mengonsumsi minuman jahe juga dapat memberikan sensasi nyaman, hangat dan menyegarkan tubuh.

5. Kacang almond

Konsumsi kacang almond sebagai cemilan ataupun sebagai toping pada dessert Anda, dpat memberikan asupanvitamin C dan E untuk tubuh. Bahkan mengonsumsi makanan yang gurih dan lezat ini secara rutin, mampu cegah flu dan demam hingga meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Jamur

Makanan yang satu ini bisa menjadi pengganti rasa daging ya ng begitu nikmat. Namun tak hanya mejadi santapan lezat, jamur juga ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung potassim serta bersifat sebagai antimikroba dan antiviral. Sehingga selain dapat menjaga sistem imun tubuh, khasianya juga ampuh mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme hingga mengontrol tekanan darah.

7. Makanan yang tinggi vitamin E

Jenis makanan selanjutnya yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk cegah virus corona adalah makanan yang banyak mengandung vitamin E. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung antioksidan yang tinggi. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E diantaranya adalah alpukat, kedelai, brokoli, bayam dan lainnya.

Bawang bombai

Selain bawang putih, jenis bawang lainnya yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah bawang bombay. Didalamnya, terkandung berbagai jenis vitamin, zat besi, fosfor dan berbagai senyawa lainnya yang dipercaya mampu mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh.

Adapun dari hasil penelitian R. Akrami, Effects of Dietay Onion (Allium Cepa) Powder On Growth Immune Response and Hemato Biochemical Parameters Of Beluga, Fish & Shellfish Immunology, menunjukkan bahwasannya bubuk bawang bombay mampu menjadi penigkat dalam petumbuhan, parameter hematologi serta fungsi kekebalan tubuh remaja.

Paprika merah dan cabai

Apabila Anda pecinta makanan pedas, maka bersyukurlah. Karena belakangan ini diketahui bahwasannya cabai dan paprika merah termasuk diantara jenis makanan peningkat sistem kekebalan tubuh. Keduanya diketahui mengandung vitamin C, yang mana menurut penelitian dua kali lebih banyak dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk.

Nah itulah berbagai jenis makanan peningkat sistem imun untuk cegh virus corona. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat. Dan kita semua selalu ada dalam kesehatan dan hindarkan dari berbagai ancaman penyakit termasuk gejala virus corona didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *