Kenali Tanda dan Gejala Virus Corona Lebih Dini Sebelum Terlambat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Virus Corona baru-baru ini telah menyebabkan keresahan di masyarakat. Penyebarannya yang begitu cepat menjadikan virus ini telah mewabah lebih dari belasan Negara di Dunia. Untuk itu, sebelum terlambat kenali berbagai gejala virus corona dalam ulasan berikut ya.

Kenali Tanda dan Gejala Virus Corona Lebih Dini Sebelum Terlambat

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang lebih kita kenal dengan istilah virus corona merupakan jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini untuk pertama kalinya di temukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember tahun 2019 lalu.

Virus ini diketahui dapat menular dengan cepat dan juga telah menyebar ke wilayah lain di China hingga ke beberapa negara. Dan yang lebih menakutkannya lagi, Virus corona ini dapat memicu kematian. Bahkan setidaknya jumlah korban meninggal hingga saat ini telah mencapai 132 korban jiwa. Dan yang telah terinfeksi virus ini jumlahnya telah menyentuh angka ribuan ribu di seluruh dunia.

Apa saja gejala virus corona?

Pada dasarnya, virus korona sering kali menyebabkan penderitanya mengalami infeksi pernapasan ringan layaknya gejala flu. Misal hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan juga demam. Selain itu, permasalahan kesehatan ini juga sering kali menyebabkan penderitanya mengalami infeksi pernapasan berat layaknya pneumonia, dengan gejala demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah sesak napas juga nyeri dada.

Hanya saja, selain dari beberapa gejala diatas, setidaknya ada 3 tanda atau gejala umum, yang dapat menjadi pertanda seseorang telah terinfeksi virus korona.Diantaranya seperti:

  • Demam tinggi
  • Mengalami batuk
  • Sesak napas

Menurut banyak penelitian ahli, gejala infeksi virus corona ini dapat muncul setelah 2 hari hingga dua minggu setelah terpapar virus corona itu sendiri. Bagaimana jika Anda mengalami ataupun menemukan berbagai gejala virus corona yang telah disebutkan diatas pada orang lain?

Adapun hal yang perlu Anda lakukan jika Anda maupun orang lain yang dicurigai telah terinfeki virus corona ialah segera di rujuk ke IGD Rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Terlebih apabila gejala yang dialami muncul 2 minggu setelah kembali dari China atau negara lainnya yang teah terinfeksi.

Mengenal penyebab virus corona

Virus corona sendiri sejatinya disebabkan oleh sekelompok virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Ada dugaan virus ini pada awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. hanya saja kemudian diketahui virus corona menular dari manusia ke manusia. Seseorang dapat terinfeksi virus corona melalui beberapa cara. Diantaranya:

  • Menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita virus corona meski tidak di sengaja.
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena air liur penderita.
  • Kontak jarak dekat dengan penderita, seperti bersentuhan atau berjabat tangan.

Dan perlu Anda ketahui, bahwasannya virus corona bisa menginfeksi siapa saja. Hanya saja kondisi ini diketahui lebih beresiko menyerang orang tua serta orang sakit atau orang yang tengah memiliki kekebalan tubuh lemah. Untuk itu, lindungi keluarga Anda dari Ancaman virus mematikan ini, dengan langkah kecil. Seperti selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh wajah ataupun sebelum makan, Gunakan juga masker selama Anda mengalami gangguan pernapasan terlebih Anda berada di daerah terdampak virus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *