Gejala Tipes Pada Anak Dan Dewasa Yang Ringan Hingga Parah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala tipes yang terjadi pada umumnya akan sedikit ada perbedaan disetiap penderitanya. Maka dari itu, sebaiknya Anda kenali ciri-ciri penyakit tipes sejak dini untuk mengantisipasi kondisi yang lebih parah. Dan untuk itu, Anda bisa mengetahui gejala penyakit tipes selengkapnya, dalam ulasan singkat berikut ini.

gejala tipes

Tipes atau yang juga dikenal dengan istilah demam tifoid merupakan salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh orang Indonesia. Baik pada anak-anak maupun dewasa. Penyakit sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhii yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi berbagai organ. Dan seseorang yang sakit tipes apabila tidak segera mendapatkan penobatan yang tepat, maka akan mengalami komplikasi yang serius dan berakibat fatal.

Penyakit sendiri dikategorikan sebagai penyakit menular. Orang yang menderita tipes biasanya dapat menularkan penyakit ini melalui feses dan urinnya. Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi juga dapat meningkatkan resiko terkena demam tifoid. Tipes juga diketahui tak jarang menyerang orang yang sering kali jajan sembarang dan mereka yang tinggal dipemukiman dengan sanitasi yang buruk dan air bersih yang terbatas.

Gejala tipes pada anak dan dewaa yang ringan hingg parah

Gejala tipes dapat muncul dalam tingkat yang ringan hingga parah. Pada ymumnya, gejala akan muncul secara bertahap pada 1-3 minggu setelah tubuh terpapar bakteri. Akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu, gejala tipes juga dapat terjadi secara mendadak. Adapun berbagai gejala penyakit tipes yang paling umum terjadi pada anak maupun dewasa adalah sebagai berikut.

  • Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celsius.
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Diare atau sembelit
  • Lemah dan lesu
  • Merasakan nyeri dan sakit pada otot
  • Munculnya ruam atau bintik merah di kulit
  • Nafsu makan menurun
  • Menjadi lebih rewel pada anak-anak atau bayi
  • Dan lainnya

Berbagai gejala diatas biasanya akan membaik pada minggu ketiga sampai keempat sejak pertama kali seseorang terinfeksi bakteri penyebab tipes. Akan tetapi, apabila Anda mengalami komplikasi penyakit ini, maka gejala tipes mungkin akan bertahan cukup lama. Bahkan gejala tipes juga bisa kambuh setelah Anda merasa sembuh (di sebut dengan gejala rekuren). 10% dari penderita tipes bisa mengalami gejala kekambuhan tersebut selama satu sampai 2 minggu.

Adapun berbagai gejala tipus berkembang dari minggu ke minggu dengan berbagai gejala sebagai berikut:

Minggu ke-1

Di minggu pertama ini, beberapa gejala awal yang patut di perhatikan. Diantaranya seperti demam yang awalnya tidak tinggi, kemudian meningkat secara bertahap hingga suhu 30-40 derajat celsius. Dan pada minggu pertama tersebut, suhu tubuh dapat naik turun. Selain itu, juga tak jarang disertai dengan sakit kpala, lemas dan tidak enak badan, batuk kering dan mimisan.

Minggu ke-2

Apabila sejak gejala di minggu pertama pasien tipes tidak segera ditangani dengan baik, maka pasien akan memasuki stadium dua. Diana gejalanya berupa demam tinggi yang masih berlanjut dan cenderung memburuk di malam hari, denyut nadi melambat, munculnya bintik-bintik yang berwarna seperti bunga mawar di daerah perut dan dada, mengigau, sakit perut, diare atau sembelit yang cukup parah, tinja berwarna kehijauan serta perut menjadi kembung akibat pembengkakan hati ataupun empedu.

Minggu ke 3

Pada minggu ketiga ini, biasanya gejala suhu tubuh menurun secara signifikan. Dan apabila tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan munculnya beberapa komplikasi semisal pendarahan pada usus hingga pecahnya usus.

Minggu ke-4

Pada tahap ini, demam tifoid secara berangsur-angsur menurun. Hanya saja tetap perlu ditanagi agar tidak muncul gejala lainnya yang menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa. Adapun pada sebagian kasus, gejala dapat muncul kembali dalam dua minggu setelah demam reda.

Nah itulah informasi seputar gejala tipes pada anak dan dewasa yang ringan hingga parah. Adapun untuk mengatasi tipes yang tepat, Anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter ataupun dengan mengonsumsi Obat Tipes Herbal, yang mana telah terbukti khasiat dan keamanannya untuk semua kalangan usia. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *