Mengenal Penyebab Dan Gejala Rematik Sesuai Dengan Jenisnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala rematik yang muncul pada dasarnya akan berbeda pada setiap penderitanya. Hal tersebut lantaran selain faktor penyebab, rematik juga terbagi menjadi beberapa jenis. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai gejala rematik ini, Anda bisa simak ulasan singkat berikut ini.

gejala rematik

Rematik adalah salah satu penyakit yang tak jarang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian mengalami peradangan atau pembengkakan. Rematik sendiri sejatinya merupakan penyakit umum yang terdiri dari berbagai jenis penyakit persendian yang menjangkiti persendian manapun pada tubuh. Dan setidaknya, terdapat sekitar lebih dari 100 jenis rematik yang berhasil di teliti olejh tim medis. Namun, hanya beberapa jenis rematik yang umum terjadi.

Mengenal penyebab dan gejala rematik berdasarkan jenisnya

Berikut adalah berbagai gejala rematik dan penyebabnya yang bisa Anda ketahui berdasarkan jenisnya.

Reumatoid arthritis

Salah satu jenis rematik yang kini banyak di diderita di kalangan masyarakat pada saat ini adalah arthritis reumatoid atau Reumattoid artritis (RA). Penyebab rematik yang satu ini lantaran kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Dan sebagai akibatnya sendi-sendiri yang terserang akan mengalami peradangan dan menimbulkan gejala seperti:

  • Sendi mengalami pembengkakan lataran cairan yang menumpuk.
  • Sendi terasa kaku, terutama di pagi hari atau setelah lama tidak di gerakan.
  • Bagian kulit sekitar sendi menjadi merah dan terasa panas.
  • Sendi terasa samit akibat peradangan yang begitu aktif.

Selain dari pada itu, reumatoid arthritis juga dapat menyebabkan gejala lainnya seperti halnya kelelahan, demam, nyeri otot hingga mengurangi nafsu makan. Bahkan tak hanya pada sendi, jenis rematik ini dapat berkembang di luar persendian tubuh dan menyerang organ lainnya. Diantaranya seperti mata, ginjal, kulit dan juga jantung.

Osteoarthritis

Jenis penyakit rematik yang satu ini tak jarang menyerang persendian dan menimbulkan rasa sakit serta terbatasnya pergerakan sendi. Bahkan seiring waktu jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan keruksakan pada tulang rawan. Semua persendian dapat terserang penyakit ini. Hanya saja persendian yang paling sering terkena dampaknya adalah jari, kaki, pinggang, lutut, serta pinggul. Adapun bebera gejalanya diantaranya adalah:

  • Persendian terasa sakit, terlebih saat berjalan.
  • Persendian menjadi tidak stabil, terasa kaku dan membengkak
  • Apabila disentuh, sendi terasa hangat

Tak hanya itu, osteoporosis juga dapat menyebabkan melemahnya otot dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari. Seperti halnya membunkuk, mengenakan pakaian, duduk hingga menggenggam objek.

Sindrom sjogren

Sama seperti reumatoid arthritis, jenis rematik yang satu ini juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan yang sehat dan menyebabkan peradangan. Meski begitu, hingga saat ini penyebab pasti terjadinya sindrom sjogren belum diketahui. Dan penyakit ini diketahui lebih sering menyerang wanita dibanding pria. Adapun berbagai gejala sindrom sjogren diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kelenjar yang terdapat didalam mulut tidak memproduksi air liur yang cukup sehingga membuat mulut terasa kering
  • Mata terasa perih dan teriritasi
  • Kelenjar parotoid (salah satu kelenjar air liur) mengalami pembengkakan
  • Kurangnya produksi air mata oleh kelenjar yang ada di mata, sehingga membuat mata terasa kering
  • Mengalami sariawan
  • Kesehatan gigi dan gusi terganggu
  • Persendian terasa kaku dan sakit.

Lupus

Penyakit lupus juga merupakan salah satu jenis penyakit rematik. Penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia ini memiliki istilah medis systemic lupus erythematosus atau yang disingkat dengan SLE. Hingga saat ini, penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Lupus sendiribiasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti rambur mengalami kerontokan, stroke, kejang, persendian terasa kaku dan nyeri, letih serta lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Dan selain itu, masih terdapat beberapa gejala lainnya, seperti:

  • Lapisan jantung atau paru-paru mengalami peradangan dan menyebabkan dada terasa sakit.
  • Organ dalam tubuh seperti halnya ginjal ikut terpengaruh
  • Muncul ruam disekitar pipi dan terbentuk seperti kupu-kupu
  • Munculnya fenomena raynaud atau perubahan warna-warna jari tangan atau kaki saat terpapar cuaca dingin.
  • Timbul kondisi gangguan darahseperti halnya trombosit atau sel darah putih di bawah normal.

Adapun gejala lupus pada setiap penderitanya bisa berbeda dan tidak menentu. Sehingga mmembuat lupus cukup sulit untuk didiagnosis.

Ankylosing spondylitis

Jenis penyakit rematik lainnya yang sering kali dialami oleh masyarakat ialah Ankykosing spondylitis. Penyakit ini merupakan penyakit peradangan kronis yang menjangkiti tulang belakang dan bagian tubuh lainnya. Penyakit ini diketahui sering dialami oleh remaja pria hingga berusia 30 tahun. Adapun beberapa gejala ankylosing spondylitis diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Punggung terasa kaku dan sakit saat berisitrahat
  • Rasa sakit mulai dari bawah ke atas tulang belakang
  • Setelah selesai beraktivitas, rasa kaku dan sakit akan mereda
  • Bokong dan punggung bagian bawah terasa sakit yang timbul secara perlahan
  • Bagian tubuh diantara leher dan tulang belikat terasa nyeri.

Terdapat beberapa bagian tubuh yang paling sering terkena dampak ankylosing spondylitis, yakni persendian bahu, ruas tulang belakang, tulang rawan antara tulangh rusuk dan tulang dada, persendian anatara tulang panggul dan tulang belakang, serta ligamen dan tendon di persensian tulang belakang di belakang tumit.

Nah itulah berbagai penyebab dan gejala rematik sesuai dengan jenisnya yang patut Anda ketahui sejak dini. Apabila Anda mengalami beberapa gejala diatas, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Adapun jika diagnosis menunjukkan Anda mengalami rematik, Anda juga bia mengatasinya dengan Obat Rematik Herbal yang mana khasiat dan kualitasnya telah terpercaya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *