Waspadai 11 Gejala Penyakit Jantung Yang Tak Boleh Diabaikan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang perlu diwaspadai sejak dini. Bahkan menurut data dari Kementrian Kesehatan, penyakit jantung diketahui menjadi penyebab kematian terbanyak ke-2 di Indonesia. Maka dari itu, ada baiknya penyakit ini patut kita waspadai sejak dini, salah satunya dengan mengetahui berbagai gejalanya. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja gejala penyakit jantung, sebaiknya simak ulasan berikut.

gejala penyakit jantung

Penyakit jantung bisa diartikan sebagai kondisi yang menunjukkan gangguan pada organ vital jantung, yang bisa dialami oleh anak, dewasa, lansia bahkan bayi sekalipun. Adapun dilansir dari Mayo Clinic, terdapat beberapa jenis penyakit jantung yang banyak dialami oleh kalangan masyarakat. Diantaranya seperti penyakit jantung koroner, aritmia, jantung bengkak hingga penyakit jantung bawaan. Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung. Diantaranya seperti:

  • Berusia lebih dari 60 tahun.
  • Memiliki berat badan berlebih.
  • Mempunyai riwayat diabetes.
  • Memiliki penyakit kolesterol tinggi.
  • Memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai sejak dini

Pada umumnya, tanda penyakit jantung bisa berbeda-beda pada setiap penderitanya, tergantung jenis penyakit jantung yang diderita. Mungkin ada yang menunjukkan ciri-ciri penyakit jantung yang khas, namun mungkin sebagian justru tidak menunjukkan gejala yang jelas. Hanya yang perlu dingat ialah, tidak semua penyakit jantung hanya menunjukkan gejala nyeri dada. Terdapat pula berbagai gejala lainnya. Dan berikut gejala penyakit jantung selengkapnya yang perlu Anda ketahui sejak dini.

1. Rasa tidak nyaman di dada

Ciri penyakit jantung yang satu ini umumnya menunjukkan adanya sumbatan dibagian arteri jantung. Adapun rasa nyaman yang dirasakan ialah berupa rasa nyeri, sesak, tekanan hingga sensasi terbakar di bagian dada. Bahkan beberapa penderita jantung mengeluhkan sakit di dada sebelah kiri yang mana nyerinya menjalar hingga ke lengan atau sisi tubuh bagian kiri.

Gejala tersebut biasanya muncul saat Anda sedang beristirahat atau melakukan aktivitas fisik yang berat dengan durasi hanya dalam beberapa menit. Apabila rasa tidak nyaman tersebut hanya timbul satu kali, maka Anda tak perlu khawatir. Namun, jika gejalanya datang berulang dan tidak lekas setelah beberapa menit, maka sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Dan perlu Anda ketahui, bahwa wanita yang mengidap penyakit jantung umumnya tidak mengalami gejala yang satu ini.

2. Mual dan sakit perut

Beberapa wanita dengan penyakit jantung juga kerap mengalami mual saat mengalami gangguan kesehatan ini. Tentu, tidak semua gejala mual, sakit perut serta sensasi terbakar di dada (heartburn) adalah tanda penyakit jantung. Hanya saja Anda tetap perlu waspada. Karena beberapa gangguan kesehatan sederhana tersebut juga bisa menjadi bagian dari ciri-ciri penyakit jantung.

3. Pusing hingga pingsan

Tak sedikit hal yang dapat memicu tubuh hilang keseimbangan atau pingsan. Kondisi tersebut bisa dipicu karena tubuh kurang asupan hingga berdiri terlalu lama. Akan tetapi, segera periksakan kondisi Anda apabila Anda merasakan tubuh yang tidak stabil dan disertai dengan nyeri dada. Karena bisa jadi kondisi tersebut pertanda bahwa tekanan darah Anda turun lantaran jantung tidak bisa memompa darah seperti semestinya.

4. Mudah lelah

Apabila Anda sering merasa lelah padahal Anda tidak habis berolahraga, beraktivitas fisik atau melakukan pekerjaan berat, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena beberapa penderita penyakit jantung juga sering kali merasakan gejala mudah lelah tanpa msebab. Bahkan terkadang rasa lelah timbul selama beberapa hari. Tanda penyakit jantung seperti ini umum nya banyak dialami oleh wanita.

5. Mendengkur

Pada umumnya, mendengkur saat kelelahan atau tidur sejenak adalah hal yang wajar. Namun yang perlu Anda waspadai ialah saat volume dengkuran terdengar keras yang disertai tersedak atau megap-megap, itu merupakan tanda sleep apnea. Gangguan tidur tersebut bisa membuat Anda berhenti bernapas selama beberapa menit di malam hari. Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan tekanan pada jantung.

6. Sakit tenggorokan atau rahang

Tak sedikit orang yang mengira, bahwa sakit tenggorokan atau rahang tidak ada kaitannya dengan masalah jantung. Bahkan beberapa menduga, hal tersebut disebabkan oleh otot kaki, pilek atau masalah sinus. Hanya saja, apabila Anda merasakan sakit dibagian dada dan nyerinya menyebar hingga ke tenggorokan atau rahang, maka itu bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada jantung.

7. Munculnya keringat dingin

Ciri-ciri penyakit jantung lainnya ialah munculnya keringat dingin tanpa sebab yang jelas. Nah, apabila Anda mengeluarkan keringat dingin yang disertai dengan nyeri dibagian dada atau gejala lainnya, maka tidak ada salahnya jika Anda patut waspada.

8. Batuk yang tak kunjung sembuh

Batuk biasanya terjadi saat kondisi daya tahan tubuh lemah. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan, jika saat batuk Anda berlangsung dalam jangka waktu lama serta menghasilkan riak berwarna putih atau merah muda. Karena bisa ini itu tanda gagal jantung. Kondisi tersebut terjadi pada saat jantung tidak dapat bekerja, sehingga darah bocor dan kembali ke paru-paru.

9. Betis hingga telapak kaki mengalami pembengkakan

Kondisi kaki yang memiliki pembengkakan juga bisa menjadi pertanda, bahwa jantung tidak memompa darah dengan lancar. Dan pada saat jantung tidak bisa memompa dengan cukup cepat, maka darah akan kembali di pembuluh darah hingga menyebabkan bengkak. Gagal jantung sendiri diketahui dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak natrium dari dalam tubuh, yang mana bisa menyebabkan pembengkakan di sejumlah bagian tubuh.

10. Detak jantung tidak teratur

Pada umumnya, jantung akan berdegup kencang saat gugup, bersemangat, bekerja keras, kurang tidur atau terlalu banyak kafein. Akan tetapi, apabila Anda merasa jantung berdetak lebih cepat tanpa sebab, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Karena terdapat kemungkinan, detak jantung tidak teratur tersebut disebabkan oleh gangguan organ di jantung.

Nah itulah berbagai gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Selain itu, tanda penyakit jantung lainnya juga diketahui bisa memicu munculnya ruam di kulit, sesak napas, rasa dingin pada kaki dan tangan serta warna kulit yang membiru (sianosis). Apabila Anda mengalami berbagai gejala diatas, sebaiknya periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang sesuai. Atau Anda juga bisa meringankan berbagai gejala tersebut dengan obat herbal yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *