Gejala Kolesterol Tinggi Dan Cara Menurunkannya Secara Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala kolesterol tinggi sebaiknya harus Anda ketahui dan waspadai sejak dini. Karena jika dibiarkan kondisi ini dapat berakibat fatal khususnya bagi kesehatan Anda. Maka dari itu, pengetahuan sebagai bentuk kewaspadaan perlu Anda kantongi sejak dini. Untuk itu, simak ulasan singkat mengenai ciri-ciri kolesterol tinggi sekaligus cara menurunkannya berikut ini.

gejala kolesterol tinggi

Tahukah Anda? Didalam di tubuh manusia tersebar senyawa lemak yang disebut dengan kolesterol. Mulai dari kulit, otot, saraf, otak dan juga jantung. Kolesterol sendiri adalah salah satu senyawa lemak (lipid) menyerupai lilin, yang sebagian besar di produksi oleh hati dan sebagian lainnya oleh makanan. Dalam kadar normal (120-140 mg), kolesterol berfungsi untuk turut memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon dan vitamin D.

Namun, pada saat kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, maka kolesterol akan tertimbun disepanjang dinding pembuluh darah sebagai arteri sebagai plak. Dan akibatnya, kondisi ini dapat mempersempit dan menghambat aliran darah. Dan tentunya kondisi demikan akan berpengaruh buruk untuk kesehatan hingga bersiko menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius Seperti halnya serangan jantung dan stroke.

Total Kolesterol:

 

< 200 mg/dl ———- Ideal
200-239 mg/dl ——- Ambang batas resiko tinggi
240 mg/dl > ———- Resiko tinggi

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami berbagai penyakit tersebut akibat kolesterol Anda yang tinggi, sebaiknya Anda harus jaga kesehatan anda dengan pola hidup sehat dan segera hubungi doktert apabila Anda mengalami berbagai gejala yang di curigai sebagai tanda atau gejala kolesterol tinggi

Mengenali gejala kolesterol tinggi pada pria dan wanita

Berikut adalah berbagai gejala kolesterol tinggi, yang sebaiknya Anda waspadai.

√ Sering kesemutan

Tak hanya lantaran duduk terlalu lama dengan posisi yang tak berubah, sering mengalami kesemutan juga disebabakan oleh kondisi medis. Salah satunya seperti penyakit kolesterol tinhhi. Maka dari itu, Apabila Anda mengalami kesemutan dalam waktu yang cukup intens, maka sebaiknya Anda harus segera melakukan pemeriksaan.

Mual dan muntah

Kedua kondisi ini sering kali terjadi lantaran saluran pencernaan mengalami gangguan. Dan tahukah Anda, jika kolesterol tinggi bisa menjadi salah satu penyebab gangguan pencernaan tersebut. Dan dampaknya yang paling umum ditimbulkan adalah seringnya mual dan muntah.

Hilangnya keseimbangan

Orang yang tengah menderita kolesterol tinggi juga biasanya akan mengalami berbagai ketidaknyamanan. Dan kondisi ini biasanya menyebabkan hilangnya keseimbangan, terlebih jika kondisi tersebut terjadi biasanya otot-otot akan menjadi melemah.

Tubuh yang sangat lelah

Orang yang tengah menderita penyakit kolesterol tinggi biasanya mengalami pengurangan pasokan aliran darah dan juga oksigen. Kondisi ini bisa menimbulkan dampak bagi ntubuh sepertinya tubuh akan menjadi lemah.

Nyeri leher dan punggung

Orang yang kini tengah menderita kolesterol juga biasanya akan sering mengalami nyeri pada area leher dan juga punggung. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh munculnya tekanan darah tinggi yang muncul secara bersamaan.

Sakit tangan dan kaki

Tak hanya mengalami nyeri leher dan punggung, orang yang sedang memiliki kadar kolesterol tinggi juga tak jarang akan mengalami rasa sakit pada kaki dan tangan. Dan apabila kondisi ini berkepanjangan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

√ Emosi yang tidak stabil

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang satu ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang kebanyakan. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa orang yang memililiki koleterol juga akan mengalami perubahan emosi. Seperti sering kali untuk marah padahal penyebab adalah hal yang sepele.

√ Wajah merah

Pada kasusu kolsterol tinggi yang serius, orang yang juga menderita penyakit hiperteni juga biasanya akan berdampak pada membesarnya pembuluh darah, yang mana kondisi tersebut bisa saja menyebabkan wajah orang yang mengalaminya menjadi merah.

Sakit kepala

Kondisi yang satu ini biasanya lebih sering terjadi pada orang yang menderita hipertensi atau darah tinggi. Dan jika Anda mengalami masalah kesehatan tersebut, tidak menutup kemungkinan juga jika Anda mengalami kolesterol tinggi. Untuk itu, segera periksakan kondisi Anda ke dokter terdekat.

Otot kaki melemah

Mengalami kelemahan pada otot kaki juga bia menjadi ciri dari penyakit kolesterol tinggi. Kondisi ini biasanya di sebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otot kaki. Sehingga mengakibatkan otot kaki menjadi melemah.

Sulit bernapas

Tak hanya menjadi gejala asma, kesulitan untuk bernapas juga ternyata bisa saja dialami lantaran ciri dari penyakit kolesterol tinggi yang patut untuk Anda waspadai. Terlebih jika memang disertai dengan gejala koklesterol tinggi lainnya.

Nyeri dada

Adapun randa dan ciri terakhir orang yang mengalami penyakit kolesterol adalah sering mengalami nyeri dada. Nah, jika Anda sering mengalaminya, sebaiknya Anda segera lakukan periksaan agar tingkat kolesterol Anda menjadi tidak semakin tinggi.

Nah, apabila Anda kini tengah mengalami berbagai gejala tersebut, Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Itu merupakan cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda benar mengalami kolesterol tinggi atau tidak. Disana Anda akan menjalani sejumlah pemeriksaan hingga tes darah di laboraturium, dan juga penanganan yang tepat.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara cepat

Pada dasarnya, terdapat beberapa cara apabila Anda terkena kolesterol tinggi dan ingin menurunkannya. Terutama dengan memperhatikan makanan yang Anda Anda konsumsi. Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda:

  • Mengonsumsi sejumlah sayuran yang di masak tanpa santan, bisa juga alternatif untuk lalapan
  • Mengonsumsi susu tanpa lemak
  • Mengonsumsi telur hanya bagian putihnya saja
  • Hindari mengonsumsi makanan yang kaya kolesterol tinggi seperti kuning telur, cumi-cumi, telur puyuh, dan otak sapi

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumi suplemen kesehatan yang dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Dan kami memiliki produk rekomendasi terbaik untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi secara alami, aman, cepat dan tanpa efek samping. Untuk itu, silahkan klik: Obat Kolesterol tinggi

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait gejala kolesterol tinggi dan cara menurunkannya dengan cepat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya menjadi wawasan baru untuk kita agar tidak lengah dalam menjaga kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *