Gejala Katarak Dan Penyebabnya Yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala katarak sebaiknya perlu Anda waspadai sejak dini. Meski penyakit ini lebih dominan terjadi pada lansia, namun tak menutup kemungkinana jika kondisi ini juga bisa terjadi pada remaja. Nah, sebelum terlambat, sebaiknya Anda mewaspadai berbagai gejala dan penyebabnya, semagaimana akan kami paparkan dalam ulasan singkat berikut ini.

gejala katarak

Katarak merupakan suatu kondisi dimana lensa mata menjadi keruh atau berawan. Sehingga penderitanya akan merasa seperti melihat jendela berasap. Dan sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Hanya saja lama kelamaan, katarak dapat mengganggi bahkan memperbutuk penglihatan. Dan akibatnya akan kesulitan dalam menjalani aktivitasnya seperti menyetir, membaca dan melakukan aktivitas rutinnya.

Gangguan mata ini pada umumnya dapat terjadi pada pria maupun wanita yang telah berusia lanjut. Namun bukan berarti Anda bisa tenang. Karena nampaknya pada saat ini orang muda bahkan dalam masa produktif pun juga memiliki resiko terkena katarak. Dan kondisi tersebut sering disebut dengan istilah early onset cataract. Sehingga kondisi ini tentu harus diwaspadai sejak dini oleh siapa saja.

Apa saja gejala katarak?

Sejatinya, katarak bisa terjadi pada satu atau dua mata. Dan kondisi ini tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata yang lain. Adapun berbagai gejala katarak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pandangan kabur seperti berkabut
  • Warna disekitar mata nampak memutar
  • Merasa sangat silau saat melihat lampu mobil, matahari atau lampu. Dan tak jarang Anda juga bisa melihat lingkaran di sekeliling cahaya.
  • Pandangan menjadi ganda
  • Terjjadinya penurunan penglihatan di malam hari
  • Sering kali mengganti ukuran kaca mata

Jika Anda mendapati beberapa gejala diatas Anda alami, maka sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter sebelum terlambat mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab katarak yang perlu diketahui

Faktor utama pemicu katarak yang paling sering terjadi adalah penuaan atau trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata. Dan katarak yang disebabkan akibat penuaan dapat terjadi akibat 2 hal, yakni:

– Protein yang menggumpal pada lensa mata. Hal ini menyebabkan benda terlihat kurang jelas dan kurang tajam
– Lenasa yang jernih perlahan berubah warna menjadi kuning ke coklatan. Dan inilah yang membuat mata menjadi kuning kecoklatan.

Sebagian besar lensa mata sejatinya terdiri dari protein. Dan seiring bertambahnya usia, maka lensa dapat menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel. Hal ini menyebabkan gumpalan protein dan memnyebabkan mengurangi cahaya yang masuk ke retina, yang tak lain merupakan lapisan yang sensitif terhadap cahaya yang terletak di belakang dalam mata Anda. Dan inilah yang menjadi pemicu pandangan kabur dan tidak tajam.

Perubahan lensa yang diawali dengan warna kunimng kecoklatan ringan namun semakin memburuk dengan bertambahnya waktu. Dan mulai seulit untuk membedakan warna ungu atau biru. Dan berikut terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko Anda mengembangkan gejala katarak yang te;ah disebutkan didalamnya. Diantaranya:

  • Semakin bertambah tua, maka resiko katarak semakin meninggi
  • Apabila Anda memiliki riwayat keluarga yang terkena katarak, maka resiko Anda mengalami katarak juga semakin tinggi.
  • Mengalami trauma pada mata atau operasi mata
  • Mengonsumsi alkohol dan merokok
  • Menderita penyakit lain seperti darah tinggi, diabetes dan obesitas
  • Terpapar sinar matahari cukup lama
  • Penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka panjang.

Untuk pengobatan katarak sendiri, selain dengan obat-obatan dokter juga biasanya akan mengintruksikan untuk melakukan operasi katarak terlebih jika katarak yang telah dialami sangat kronis dan berpotensi mengalami komplikasi seperti kebutaan. Namun Anda jangan pesimis terlebih dulu kami juga telah memiliki solusi alternatif bagi Anda untuk mengatasi kondisi ini yang mana khasiatnya dan legalitasnya telah terbukti. Untuk itu, silahkan klik: Obat Katarak Herbal. Semoga apa yang telah kami smapaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *