4 Gejala Kanker Mata Pada Anak Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala kanker mata pada khususnya pada anak sering kali terlambat untuk dideteksi. Hal ini dikarenakan masih kurangnya edukasi mengenai gangguan kesehatan ini di kalangan masyarakat. Nah untuk itu, sangat penting bagi Anda yang untuk mengetahui informasi mengenai berbagai ciri-ciri kanker mata sejak dini, seperti pada ulasan singkat berikut ini.

gejala kanker mata

Kanker mata adalah salah satu jenis penyakit kanker yang tak kalah berbahaya dengan jenis kanker lainnya. Penyakit ni terjadi tak jarang akibat sel jaringan mata tumbuh tanpa terkenadali, dan pertumbuhannya bisa menyebar ke daerah lainnya. Kondisi ini bisa dialami oleh anak-anak maupun dewasa.

Adapun pada anak-anak, retinoblastoma merupakan jenis kanker mata yang sering kali terjadi. Kanker ini menyerang retina atau jaringan saraf di belakang bola mata. Kanker mata yang satu ini tak sedikit diderita oleh nak-anak berusia dini. Dan itu sebabnya mengapa para orang tua harus paham betul dengan kesehatan si kecil, termasuk memahami dengan ciri-ciri yang menunjukkan adanya kanker pada mata si kecil.

4 Gejala kanker mata pada anak yang harus diwaspadai sejak dini

Berikut adalah beberapa ciri-cir kanker mata yang sebaiknya Anda kenali

Pupil mata berwarna putih (leukocoria)

Kondisi ini merupakan salah satu gejala kanker mata yang sering kali dialami pada anak. Pada normalnya saat dibarengi cahaya, pupil (lingkaran di tengah mata) akan berwarna kemertahan lantaran adanya pembuluh darah di belakang mata. Hanya saja dalam kasus retinoblastoma, pupil justru berwarna merah muda bahkan putih. Hal ini bisa saja terjadi lantaran pupil bersifat tembus cahaya sehingga kanker yang ada di mata anak dapat terlihat dengan mudah.

Mata juling

Strabismus atau mata juling ialah kondisi dimana kedua bola mata tidak bergerak ke arah yang sama. Salah satu mata bisa mengarah keluar atau ke dalam dengan tidak menentu. Apabila terus dibiarkan, kondisi ini bisa mengarah pada mata malag. Hal tersebut dikarenakan pada mata dan otak tidak mampu bekerja dengan baik.

Mata merah

Sakit mata tak jarang ditandai dengan kemerahan yang terjadi di bagian putih mata. Akan tetapi dalam kasusu retinoblastoma, kemerahan ini tak selalu ditandai dengan rasa sakit atau perih. Bahkan anak bisa saja merasa mara dalam kondisi sehat hanya saja memerah.

Penglihatan memburuk

Gejala kanker mata lainnya yang biasanya terjadi pada anak adalah kemampuan penglihatan yang semakin memburuk. Anak juga mungkin akan mengeluhkan jika penglihatannya tidak sebaik dulu. Selain itu, dia juga mulai kesulitan untuk melihat suatu objek dengan jelas hingga tidak mampu untuk mengontrol gerakan mata. Gerakan mata biasanya akan sulit terkontrol apabila keruksakan dialami oleh kedua mata.

Selain dari pada itu, beberapa gejala kanker mata lainnya juga mungkin dapat timbul. Diantaranya seperti adanya bintik gelap pada iris, jangkauan dan lapang pandang, melihat benda-benda berterbangan (floaters), melihat kilatan-kilatan cahaya dan lainnya. Jika berbagai gejala tersebut dialami oleh si kecil, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter. Dan jika perlu sebagai tindak pencegahan Anda bisa memberikan obat kanker mata herbal pada si kecil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *