Mengenal 4 Gejala Gagal Jantung Dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala gagal jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang tak boleh di sepelekan. Pasalnya, jika kondisi ini tidak segera diperiksa dan ditangani dengan baik, maka bisa terjadi berbagai macam komplikasi serius yang mana bisa berakibat fatal. Untuk itu, kenali berbagai ciri-ciri gagal jantung sejak dini, seperti dengan menyimak ulasan berikut.

gejala gagal jantung

Gagal jantung ialah kondisi dimana otot jantung melamah serta tidak mam[pu memompa darah juga oksigen secara optimal ke seluruh tubuh. Dan kondisi tersebutlah yang umumnya menjadi dasar penyebab terjadinya keluhan-keluhan pada gagal jantung. Gejala gagal jantung juga bisa dirasakan secara terus menerus tergantung tingkat keparahan penyakit yang dialami.

Berbagai gejala gagal jantung yang perlu diwaspadai

Mungkin sebagian orang tidak akan menyadari, bahwa beberapa gejala yang mereka alami ialah gejala awal gagal jantung. Dan berikut adalah berbagai Tanda dan ciri gagal jantung akut maupun yang bisa saja terjadi pada bayi, anak maupun dewasa:

1. Mengalami sesak napas

Gejala yang satu ini merupakan gejala utama dari gagal jantung yang biasanya terjadi saat beraktivitas. Hanya saja, apabila gagal jantung yang dialami semakin memburuk, maka gejala yang satu ini bisa saja terjadi pada saat kita tidak sedang melakukan apa-apa. Rasa sesak yang dialami akan terasa nsemakin mengganggu mpada saat penderita berbaring serta membuatnya terbangun di tengah malam.

2. Membuat kelelahan dan pusing

Berekurangnya pasokan dari jantung ke otot juga tak jarang menjadikan Anda menjadi cepat lelah dan lesu, terlebih saat beraktivitas. Dan begitu juga pada saat otak tidak mendapat cukup pasokan darah. Maka otak akan mengalami kekurangan oksigen hingga membuat Anda menjadi pusing bahkan kebingungan.

3. Terjadinya pembengkakan di kaki

Pada saat jantung tidak bekerja secara optimal, maka tubuh cenderung menumpuk cairan yang seharusnya dikeluarkan lewat ginjal. Dan sebagai akibatnya, terjadilah pembengkakan (edema) di beberapa bagian tubuh. Dan biasanya pembengkakan akan bermula di kaki serta pergelangan kaki, kemudian ke tempat yang lebih tinggi, seperti halnya perut serta organ dalam, seiring dengan berkembangnya tingkat keparahan penyakit.

4. Nafsu makan menjadi berkurang

Seperti halnya yang telah di sebutkan sebelumnya, kelebihan cairan dalam tubuh akibat gagal jantung juga bisa menumpuk di perut, termasuk hati. Kondisi tersebut akan menyebabkan perut terasa penuh dan mual, sehingga nafsu makan menjadi berkurang.

Selain berbagai gejala diatas, gejala gagal jantung lainnya juga bisa berupa detak jantung yang cepat atau tidak beraturan (aritmia), sering bung air kecil terlebih di malam hari, sulit untuk berkonsentrasi, terjadinya penambahan berat badan akibat penumpukan cairan sert nyeri dada apabila gagal jantung disertai dengan penyakit jantung koroner.

Bagaimana cara mencegah gagal jantung?

Menjalani gaya hiup sehat merupakan salah satu upaya paling efektif guna mencegah gagal jantung. Dan berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Diantaranya:

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, batasi juga makanan olahan yang tin ggi akan garam, gula serta lemak.
  • Pertahankan berat badan ideal juga seimbang. Hal tersebut dikarenakan obesitas bisa meningkatkan resiko terjadinya gagal jantung.
  • Berolahraga secara teratur dengan intensitas ringan maupun sedang. Diantaranya seperti berjalan, aerobik, bersepeda atau berenang untuk menjaga kekuatan otot jantung.
  • Lakukan pemeriksaan tekanan darah serta gula darah secara berkala. Hal ini berguna untuk memantau kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.
  • Apabila Anda memiliki kondisi yang tak lain menjadi faktor resiko gagal jantung, seperti halnya hipertensi, diabetes atau penyakit jantung koroner, maka konsumsi obat dan kontrol ke dokter secara rutin ke dokter bisa menurunkan kemungkinan terjadinya gagal jantung.

Nah itulah berbagai gejala gagal jantung lengkap dengan cara mencegah. Ingat gagal jantung sendiri merupakan masalah medis serius yang mana merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Hanya saja dengan mengenali gejalanya sejak dini diharapkan penyakit ini bisa dikendalikan lebih baik, sehingga resiko terjadinya komplikasi bahkan kematian bisa berkurang. Dan apabila Anda mengalami beberapa gejala atau memiliki beberapa faktor resiko yang telah disebutkan diatas, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *