Gejala Diabetes Yang Jarang Disadari Ini Harus Anda Waspadai!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala diabetes dapat dialami oleh siapapun tak terkecuali anak remaja. Dan gejala dari penyakit ini diketahui sangat beragam. Bahkan beberapa diantaranya jarang disadari oleh penderitanya. Maka dari itu, waspadai penyeakit diabetes dengan mengetahui berbagai gejala diabetes seperti dalam ulasan singkat berikut.

gejala diabetes

Siapa yang tak mengenal penyakit diabetes mellitus. Penyakit yang juga sering disesebut sebagai penyakit kencing manis ini merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan keruksakan pengaturan kadar gula darah dalam tubuh. Menurut data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan, bahwasannya penderita diabetes mellitus tertinggi merupakan penduduk usia 15 tahun ke atas. Hanya saja 30% telah terdiagnosis, sedangkan sisanya tidak menyadari bahwa dirinya telah menderita penyakit diabetes.

Di Indonesia sendiri, jumlah penderita penyakir ini kian meningkat dari 5,7% pada tahun 2007 hingga 6,9% pada tahun 2013. Dan di perkirakan pada tahun 2030, jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia akan terus meningkat hingga mencapai 21,3 juta orang. Sehingga tak heran jika di Indonesia, penyakit diabetes menjadi penyebabkematian terbesar ketiga di Indonesia setelah jantung (12,9%) serta stroke (21,1%).

Maka dari itu, diperlukan setesksi semenjak awal guna mengetahui apakah Anda memiliki resiko diabetes. Lalu, bagaimana cara mendeteksi penyakit diabetes? mungkin beberapa cara yang paling akurat adalah dengan melakukan tes darah di laboraturium. Hanya saja, beberapa gejala juga bisa digunakan guna mendeteksi awal penyakit gula ini. Baik dari gejala-gejala yang telah terasa, namun belum disadari malah cenderung diabaikan.

Gejala diabetes tahap awal yang jarang disadari

Jika dilihat dari jenisnya, diabetes terbagi kedalam 2 jenis. Yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 sering kali disebut sebagai diabetes autoimun lantaran sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yag memproduksi insulin. Dan hal ini bisa mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi keruksakan pada organ-organ tubuh.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang sering kali terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Dan sekitar 90-95% pendwerita diabetes di Dunia menderita diabetes tipe ini. Selain dari pada kedua jenis diabetes ini, masih terdapat beberapa jenis diabetes lainnya. Diantaranya seperti diabetes khusus pada ibu hamil atau yang disebut dengan diabetes gestasional.

Adapun untuk gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 sendiri tidak jauh berbeda. Hanya saja diabetes tipe 1 mampu berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan pada diabetes tipe 2, tak sedikit dari pada penderitanya menyadari bahwa ereka telah menderita diabetes selama bertahun-tahun, lantaran gejalanya yang tak begitu spesifik. Dan berikut adalah berbagai gejala awal diabetes tipe satu maupun diabetes tipe 2 yang jarang disadari oleh penderitanya.

1. Kaki tersa sakit hingga mati rasa

Kadar gula yang sangat tinggi didalam tubuh tak jarang dapat menyebabkan keruksakan pada saraf-saraf tubuh. Meski semua penderita diabetes tak mengalami gejala yang satu ini, hanya saja beberapa diantara penderita sering kali mengeluhkan mati rasa, kesemutabn dan sakit pada tubuh yang cukup sering terutama di kaki. Dan gejala seperti ini biasanya terjadi pada seseorang yang telah menderita diabetes selama 5 tahun atau lebih.

2. Pandangan menjadi kabur

Kondisi ini dapat terjadi pada penderita diabetes, yang mana tak jarang berasal gangguan kesehatan lainnya, seperti terjadinya gangguan pada lensa (katarak) ataupun gangguan saraf mata (retinopati diabetikum). Kondisi gula yang melambung tinggi mampu memicu penumpukan protein didalam lensa mata, sehingga terjadilah proses katarak. Dan kadar gula darah yang tidak terkontrol juga mampu menyebabkan pembuluh darah kecil di mata menjadi terganggu bahkan pecah, sehingga saraf mata (retina) tidak mampu bekerja dengan baik.

3. Terjadi perubahan pada kulit

Gejala diabetes lainnya yang tak jarang disadari adalah terjadinya perubahan keadaan kulit. Hal tersebut dikarenakan kadar insulin yang begitu tinggi, sehingga mendorong pigmen untuk menimbulkan bercak hitam pada kulit. Dan apabila terjadi perubahan yang terasa pada kulit, maka kondisi tersebut bisa menjadi tanda awal atau ciri-ciri dari diabetes. Selain timbulnya bercak hitam , perubahan lainnya yang bisa terjadi pada kulit akibat diabetes adalah kulit yang menjadi gelap, bersisik hingga munculnya keruput dini.

4. Rentan terkena infeksi atau penyakit

Seseorang dengan gejala diabetes awal juga lebih rentan terhadap infeksi bakteri maupun jamur lantaran mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Mikroorganisme tersebut membutuhkan glukosa sebagai sembagai sumber energinya. Dan infeksi dapat tumbuh dalam lipatan kulit yang hangat juga lembab, seperti diantara jari tangan dan kaki, di bawah payudara hingga sekitar alat kelamin

5. Gusi yang memerah dan membengkak

Gejala diabetes lainnya adalah gusi yang membengkak. Hal tersebut dikarenakan diabetes dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan kemampuan Anda dalam melawan infeksi sehingga mampu meningkatlan resiko infeksi pada gusi hingga rahang gigi Anda. Sehingga gusi bengkak bahkan mungkin mengalami luka, tak terelakan dapat terjadi.

6. Melambatnya penyembuhan luka

Gula darah yang tinggi juga mampu mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan saraf di tubuh sehingga mampu mengganggu proses penyembuhan alami dalam tubuh Anda.

Selain dari pada itu, ciri-ciri diabetes juga bisa meliputi berbagai gejala berikut:

  • Sering merasa haus
  • Sering buang air kecil, terlebih di malam hari
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Berkurangnya massa otot
  • Terdapat keton (produk sisa dari pemecahan otot dan lemak akibat tubuh tidak dapat menggunakan gula sebagai sumber energi) dalam urin.
  • Tubuh terasa lemas

Beberapa gejala lainnya juga bisa menjadi tanda bahwa sesorang mengalami diabetes. Diantaranya seperti mulut terasa kering, rasa terbakar, kaku dan nyeri pada kaki, tubuh mengalami gatal-gatal, disafungsi ereksi, mudah tersinggung, mengalami hipoglikemia reaktif hingga munculnya bercak-bercak hitam disekitar leher, ketiak dan selangkangan sebagai tanda tejadinya resistensi insulin.

Nah itulah berbagai gejala diabetes yang jarang di sadari dan sebaiknya Anda waspadai sejak dini. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka dapat memicu keruksakan jangka panjang hingga timbulnya berbagai komplikasi penyakit ke berbagai organ tubuh. Seperti halnya saraf, mata, ginjal, pembuluh darah. Dan apabila Anda kini tengah mengalami penyakit diabetes, maka sebaiknya Anda tidak melewatkan untuk mengontrol kesehatan Anda ke dokter. Dan jika di perlukan Anda juga bisa mengonsumsi Obat Diabetes Herbal guna menjaga kadar gula darah Anda tetap normal. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *