Gejala Batu Ginjal Dan Penyebabnya Yang Perlu Diwaspadai

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala batu ginjal sejatinya bisa dengan mudah kita kenal sejak dini. Hanya saja, penyuluhan kesehatan terhadap penyakit ini masih kurang. Hal tersebut menyebabkan minimnya informasi masalah kesehatan di masyarakat. Nah, bagi Anda yang ingin mewaspadai penyakit batu ginjal sejak dini, Anda bisa mengetahui berbagai ciri batu ginjal lengkap dengan penyebabnya dalam ulasan singkat berikut ini.

gejala batu ginjal

Pernahkah Anda mendengar penyakit batu ginjal? Ya, gangguan kesehatan yang dalam istilah medis disebut dengan nefrolitiasis ini merupakan suatu kondisi dimana terdapat suatu endapan keras menyerupai batu pada ginjal. Endapan tersebut terbentuk daripada zat limbah didalam darah yang disaring oleh ginjal, kemudian mengendap dan mengkristal seiring berjalannya waktu.

Di Indonesia sendiri, jumlah pengidap batu ginjal mencapai angka 0,5% dari populasi. Penyakit ini sendiri diketahui lebih sering dialami oleh dibandingkan dengan wanita. Dan menurut sejumlahn penelitian, hal tersebut berkaitan dengan obstruksi saluran kencing pada pria. Dan gangguan kesehatan ini sendiri tergolong cukup berbahaya, lantaran jika telah beranjak pada tahap kronis, batu ginjal bisa memicu komplikasi berupa agal ginjal. Nah, sebalum terlambat, ada baiknya Anda mengatahui berbagai gejala batu ginjal sejak dini.

Tanda dan gejala batu ginjal yang perlu Anda waspadai sejak dini

Pada dasarnya, gejala batu ginjal tidak akan muncul pada sebagian penderitanya. Hal tersebut bisa terjadi apabila ukuran batu relatif kecil sehingga bisa keluar dari saluran kemih bersamaan dengan aliaran urine yang lancar. Adapun gejala baru bisa dirasakan apabila batu tertahan didalam ginjal, batu berukuran besar melalui ureter higga batu menyebabkan infeksi. Ureter sendirui merupakan saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih.

Dan sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengenal berbagai gejala batu ginjal sejak dini untuk mendapatkan penanganan dan pngobatan yang tepat untuk mencegah terjadinya komoplikasi serius yang bisa saja terjadi. Dan berikut adalah ciri-ciri batu ginjal yang bisa Anda temui.

√ Nyeri pada beberapa bagian tubuh

Salah satu gejala batu empedu yang paling mudah untuk dikenali adalah rasa nyeri yang cukupbervariasi pada setiap penderitanya. Bahkan batu ginjal yang beukuran besar lebih memungkinkan menyebabkan rasa sakit yang cukup berat, terlebih saat turun ke ureter dan keluar dari tubuh melalui urin.

Adapun beberapa bagian tubuh yang paling umum merasakan nyeri akibat batu ginjal ialah pinggang bagian bawah (dikedua sisi), perut bagian bawah, daerah selangkangan serta tulang rusuk. Rasa sakit tersebut mungkin akan datang bergelombang dan kemungkinan akan terjadi saat Anda buang air kecil. Sehingga tak jarang kondisi ini juga sering disebut sebagai penyakit kencing batu.

√ Mual dan muntah

Akibat rasa sakit yang diakibatkan olejh batu ginjal begitu parah, maka penderita juga tak jarang mengalami mual dan muntah. Dan pada saat batu ginjal bergerak meuju ureter dan menghalangi aliran urin, maka hal tersebut bisa menyebabkan rasa sakit yang digambarkan lebih buruk dibandingkan rasa melahirkan. Jika Anda mengalami nyeri yang hebat yang disertai dengan mual dan muntah, maka sebaiknya harus segera mendapatkan penangan yang tepat dari dokter.

√ Terdapat darah dalam urin

Adanya darah dalam urin atau dalam istilah medis disebut dengan himaturia merupakan gejala batu ginjal yang tak kalah umum. Munculnya bercak darah tersebut diketahui berasal dari luka yang dipicu oleh batu ginjal pada saat melewati saluran kencing (ureter). Dan batu ginjal tersebut menyebabkan lukan dan mengiritasi ureter, yang menyebabkan darah akan ikut keluar saat buang air kecil. Sehingga urin Anda kemungkinan akan terlihat merah muda atau kemerahan tergantung pada beratnya pendarahan. Dan jika penderita telah mengalami gejala ini, maka hal tersebut merupakan gejala yang cukup serius dari batu ginjal.

√ Urin yang terlihat keruh

Jika warna urin pada orang normal yang tidak memiliki kondisi tertentu akan berwarna bening atau kuning, berbeda dengan warna urin pengidap batu ginjal. Biasanya urin bereka akan berwarna keruh dan juga sangat berbau. Hal ini bisa menjadi pertanda terjadinya infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal. Dan jika kondisi ini terjadi pada Andam, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

√ Gejala lainnya

Selain dari pada berbagai gejala dari batu ginjal yang telah didampaikan sebelumnya, ternyata masih banyak lagi gejala batu ginjal yang kemunkinan muncul. Diantaranya seperti badan lemas, menggigil serta demam tinggi.

Nah, jika Anda mengalami beberapa bahkan semua gejala yang telah disebutkan diatas, sebaiknya Anda segera periksakan kondisi Anda sedini mungkin ke pusat kesehatan terdekat. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui diagnosis juga pengobatan yang tepat guna mengatasi kondisi ini.

Apa penyebab batu ginjal?

Banyak daripada ahli kesehatan yang menjelaskan, bahwasannya batu ginjal disebabkan oleh urin atau air kencing yang terlalu mengandung banyak bahan kimia. Seperti diantaranya kalsium, asam urat, sistin atau struvite (campuran fostat, magnesium dan ammonium). Namun faktanya, sekitar 85%, batu ginjal yang menjadi penyebab kencing batu ini terbentuk dari zat kalsium. Sedangkan batu asam urat lebih sering terjadi jika penderita juga tengah mengalami encok. Sedangkan untuk batuan yang terbentuk dari struvite lebih sering ditemukan pada urin yang terinfeki (batu infeksi).

Selain dari pada itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyebab batu ginjal. Diantaranya seperti:

  • Riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengalami batu ginjal (faktor genetik)
  • Tubuh yang kekurangan cairan akibat mengalami dehidrasi
  • Melakukan diet-diet tertentu. Seperti diet yang tinggi protein, sodium dan gula
  • Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  • Mengalami penyakit pencernaan dan melakukan operasi pencernaan
  • Kondisi medis lainnya, termasuk renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism, obat-obatan tertentu hingga beberapa infeksi kandung kemih.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui berbagai gejala dan penyebab batu empedu. Sehingga Anda kini bisa lebih mewaspadai kondisi ini dengan melakukan pola hidup sehat. Namun Anda juga tak perlu khawatir, jika kini Anda telah didiagnosis mengalami kondisi ini. Karena selain operasi, masih banyak lagi metode pengobatan lainnya yang efektif untuk mengeluarkan batu ginjal termasuk secara alternatif. Dan jika jika Anda kini tengah mencari metode alternatif yang tepat untuk mengatasi batu ginjal Anda bisa mempercayakannya pada produk terbaik rekomendasi kami. Silahkan klik : Obat Batu Ginjal Alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *