Mengenal Gejala Asma Pada Anak Dan Dewasa Secara Umum

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala asma yang terjadi pada anak dan dewasa pada dasarnya sama dan tidak jauh berbeda. Hanya saja, gejala yang muncul mungkin akan sedikit berbeda antara satu penderita dan penderita lainnya. Hal tersebut tergantung tingkat keparahan asma yang dialami oleh masing-masing penderitanya. Adapun untuk mengetahui berbagai gejala asma selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

gejala asma

Asma merupakan penyakit pernapasan kronis yang biasanya dapat muncul pada masa kanak-kanak. Penyakit ini tak jarang membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas yang mana juga disertai dengan gejala sakit asma lainnya, sehingga mampu menghambat aktivitas sehari-hari.

Adapun tanda-tanda awal serangan asma merupakan cara tubuh Anda untuk memperingatkan bahwa kekambuhan penyakit asma akan segera muncul. Dan untuk mengenali setiap gejala awal asma pada diri Anda sendiri, maka sebaiknya Anda harus belajar dari serangan asma yang terdahulu. Dengan begitu, Anda bisa mencegah terjadinya serangan asma dikemudian hari ataupun mengupayakan agar serangan asma tidak terlalu parah.

Berbagai gejala asma pada anak dan dewasa yang perlu di ketahui

Berikut adalah berbagai ciri atau gejala asma pada anak anak hingga dewasa yang paling sering muncul.

√ Sesak napas

Kondisi ini merupakan gejala utama asma yang paling umum terjadi. Sesak napas sendiri biasanya di picu oleh alergen atau yang memicu alergi. Dan jenis alergen sendiri dapat bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya.

√ Batuk

Gejala asma lainnya yang sering kali muncul ialah batuk. Secara khusus, batuk yng disebabkan gejala penyakit asma biasanya akan meningkat di malam dan juga pagi hari.

√ Dada sesak

Penderita asma juga tak jarang mengeluhkan dada sesak saat gejala asma mulai menyerang. Bahkan beberapa diantaranya merasakan sakit dan juga adanya tekanan di dada.

√ Mengi

Diantara gejala asma lainnya yang sering kali muncul adalah mengi. Adapun kondisi ini akan terdengar pada saat si penderita menghembuskan napas.

√ Gejala pilek

Asma juga dapat di tandai dengan berbagai gejala yang menyerupai pilek. Seperti halnya bersin, hidung tersumbat, dakit tenggorokan dan juga sakit kepala.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi gejala lainnya yang mengarah pada penyakit asma. Diantaranya seperti napas yang tersenggal-senggal, tubuh sangat lemah dan mudah lelah terutama saat berolahraga, sulit tidur di malam hari, dagu gatal, muncul kantong mata, muncul kantong mata, selalu merasa dahaga, sakit perut, sakit kepala, demam, gelisah, raut wajah menjadi merah atau pucat, sering berdeham hingga penyakit eksim yang kumat.

Nah itulah berbagai gejala asma pada anak dan dewasa termasuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Dan bagi Anda yang kini tengah menderita asma akut maupun kronis, maka sebaiknya Anda selalu menyiapkan inhaler ataupun obat asma kemanapun Anda pergi, karena gejala asma kambuh dapat terjadi secara tiba-tiba. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *