Gejala Asam Urat Dan Penyebabnya Yang Harus Anda Ketahui!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Gejala asam urat yang timbul pada setiap penderitanya akan berbeda-beda, mulai dari ringan, sedang hingga parah. Hal tersebut ditentukan oleh tingkat kekronisan penyakit asam urat yang dialami. Nah, untuk mewaspadai kondisi ini, sebaiknya Anda mengenal berbagai ciri dan penyebab asam urat sejak dini. Dan untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

gejala asam urat

Penyakit asam urat adalah salah satu bentuk dari penyakit arthritis yang mana memicu kemerahan, pembengkakam serta rsa sakit yang secara tiba-tiba menyerang pada sendi tubuh Anda. Meski sering kali menyerang sendi jempol dan telapak kaki, penyakit yang juga sering di sebut penyakit oleh masyarakat Indonesia nyatanya bisa menyerang seluruh sendi pada tubuh. Seperti halnya sendi lutut, pergelangan kaki dan tangan, jari-jari kaki dan tangan dan sebagainya.

Sejatinya, asam urat sendiri merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Dan selama kadar asam urat dalam tubuh normal, maka tidak akan mengalami masalah. Hanya saja, pada saat kadarnya melonjak naik, maka barulah kandungan asam urat ini bisa memicu penyakit. Dan jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan tepat, maka tubuh buisa beresiko mengalami gangguan ginjal dan komplikasi lainnya.

Penyakit asam urat juga sering kali dikaitkan dengan orang yang telah lanjut usia. Padahal kondisi ini bisa mempengaruhi semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin termasuk ibu hamil sekalipun. Maka dari itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai gejala asam urat beserta penyebabnya sedari dini guna mengurangi resiko terkena komplikasi penyakirt ini di kemudian hari.

Tanda dan gejala asam urat yang perlu Anda waspadai

Pada beberapa kasus, penyakit asam urat diketahui tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya. Dan gejala asam urat biasanya akan muncul pada saat penderitanya sudah mengalami kondisi yang akut bahkan kronis. Adapun ciri-ciri asam urat yang paling umum terjadi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nyeri sendi yang parah dan muncul tiba-tiba terutama di pagi hari
  • Sendi membengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas disekitar sendi

Gejala penyakit asam urat diketahui dapat terjadi dalam intensitas waktu yang berbeda-beda pada setiap penderitanya. Pada kasus gejala asam urat kronis, biasanya gejala berupa nyeri sendi bisa terjadi secara mendadak dalam waktu singkat terutama di malam hari. Gejala akan terasa parah di 2 hari pertama, dan bisa berlangsung hingga 10 hari. Selain beberapa gejala diatas, beberapa penderita asam urat akut juga bisa mengalami demam selama nyeri menyerang.

Adapun pada asam urat kronis, gejala yang dapat muncul adalah nyeri senduiri yang terjadi berulang selama 6 hingga 12 bulan. Sehingga bisa mengakibatkan keruksakan sendi secara permanen sehingga sendi tidak dapat bergerak secara normal. Selain dari pada itu, nyeri juga bisa terjadi pada banyak sendi di tubuh, seperti halnya siku, jari, pergelangan tangan serta tumit.

Dan setelah bertahun-tahun menderita asam urat dan merasakan kambuh sembuhnya, maka kristal asam urat mungkin saja akan membentuk benjolan di bawah kulit. Meski tidak sakit, akan tetapi bisa saja terasa tidak nyaman. Kristal yang menumpul di bawah kulit akibat asam urat tersebut disebut dengan tophi, yang mana biasanya timbul di pergelangan tangan, jari jemari tangan dan kaki serta bawah siku.

Apa saja penyebab asam urat tinggi?

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, bahwa penyakit asam urat timbul lantaran kadar asam urat yang tinggi didalam tubuh. Banyak hal yang bisa menyebabkan kadar asam urat tinggi. Diantarantaranya disebabkan oleh terhambatnya pembuangan melalui ginjal hingga kondisi tubuh yang terlalu aktif menghasilkan asam urat dan terlalu banyak mengonsumsi makanan penghasil asam urat seperti makanan yang mengandung purin tinggi.

Purin sendiri merupakan suatu zat kimia yang mana di produksi secara alami oleh tubuh dan juga terkandung dalam beberapa jenis makanan. Dan pada saat seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin, maka tubuh akan mengolahnya menjadi asam urat. Selain itu, Ada juga beberapa faktor resiko penyakit asam urat tinggi diantaranya seperti:

  • Usia dan jenis kelamin. Penyakit asam urat lebih banyak dilami oleh laki-laki dan mereka yang telah lanjut usia.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Jika Anda memiliki salah seorang anggota keluarga yang memiliki asam urat, maka Anda juga beresiko lebih besar untuk mengalami hal yang sama.
  • Riwayat kesehatan. Bagi beberapa orang yang memiliki riwayat kesehatan tertentu seperti menderita diabetes, gangguan fungsi ginjal, penyakit jantung dan lainnya juga memiliki resiko lebih tinggi mengalami asam urat.
  • Berat badan berlebih. Orang yang terkena obesitas memiliki resiko lebih tinggi menderita asam urat.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti aspirin, obat direutik, obat kemoterapi dan obat untuk menurunkan kekebalan tubuh seperti cyclosporine.
  • Tidak menerapkan kebiasaan hidup sehat. Serti banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin seperti daging merah, jeroan, seafood dan lainnya.
  • Dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan diketahui akan sulit untuk mengeluarkan zat asam tersebut melalui urin.
  • Efek samping pembedahan atau cidera. Hal ini bisa menimbulkan peradangan terlebih dahulu pda sendi yang kemudian akan memicu munculnya gejala asam urat yang lainnya.

Nah itulah berbagai gejala asam urat dan penyebabnya yang harus Anda waspadai sejak dini. Dan jika Anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah disebutkan diatas, maka sebaiknya segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat untuk mengetahui diagnosis serta penanganan yang tepat. Dan apabila memang Anda di diagnosis mengalami penyakit asam urat dan ingin mengatasinya secara alami, kami memiliki rekopmendasi terbaik yang tentunya efektif, aman dan tidak menimbulkan efek samping. Informasi selengkapnya silahkan klik: Obat Asam Urat Tinggi Alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *