Cara Tradisional Mengobati Infeksi Saluran Kemih Dengan Bahan Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengobati infeksi saluran kemih pada pria bahkan ibu hamil sekalipun ternyata tak hanya bisa dilakukan secara medis. Sebagai pilihan alternatifnya, pengobatan infeksi saluran kemih atau ISK juga bisa dilakukan secara tradisional yakni dengan memanfaatkan bahan alami yang terdapat di sekitar. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya simak ulasan berikut.

cara mengobati infeksi saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau yang biasa disebut dengan infeksi saluran kencing (Unitary tract infection) merupakan gangguan kesehatan yang sisebabkan oleh bakteri yang berkembang di saluran kencing. Masalah kesehatan ini bisa saja terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, perempuan diketahui memiliki resiko lebih besar terkena masalah kesehatan yang satu ini. Bahkan, kemungkinan hampir daripada setengah perempuanpernah mengalami kondisi ini

Hal tersebut dikarenakan uretra yang terdapat pada wanita lebih pendek dibanding dengan uretra pada pria. Dengan begitu, bakteri seperti bakteri E. Coli akan dengan mudahnya masuk ke dalam kandung kemih. Tak hanya di sebabkan oleh bakteri E .coli, infeksi pada saluran kemih juga bisa dipicu oleh berbagai jenis penyakit menular. Seperti halnya klamidia, jamur dan virus.

Gejala infeksi saluran kemih sendiri biasanya ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil, urin keruh hingga berdarah, rasa kram di perut bagian bawah, rasa ingin buang air terus-terusan serta demam. Pada dasarnya, ISK memerlukan penanganan secepetnya, karena jika dibiarkan bisa memicu berbagai komplikasi. Mulai dari gangguan ginjal, sepsis, penyempitan uretra hingga resiko melahirkan secara prematur pada ibu hamil.

Cara mengobati infeksi saluran kemih dengan bahan alami

Selain dengan pengobatan medis, penyakit infeksi saluran kemih juga bisa diobati secara tradisional menggunakan bahan alami. Dan berikut adalah rinciannya:

1. Buah cranberi

Buah yang satu ini merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberi sendiri bekerja dengan cara mencegah masuknya bakteri ke dalam saluran kemih, sehingga mampu mencegah infeksi. Selain mengonsumsi buahnya secara langsung, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus cranberi yang segar tanpa tambahan gula ya.

2. Buah yang mengandung vitamin C

Meningkatkan mengonsumsi vitamin C juga diketahui mampu mencegah sekaligus membantu mengatasi infeksi saluran kemih secara alami. Hal tersebut dikarenakan vitamin C mampu meningkatkan kadar keasaman utin sehingga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Adapun buah-buahan yang yang mengandung vitamin C diantaranya aialah jeruk, grapefruit serta kiwi baik dikonsumsi untuk mengobati ISK.

3. Teh hijau

Sebuah studi menunjukkan, bahwasannya teh hijau memiliki kandungan antimikroba yang mampu menangkal bakteri E. coli penyebab ISK. Tak hanya itu, teh hijau juga diketahui mengandung antioksidan yang mana mampu peradangan pada kandung kemih.

4. Jus peterseli

Tak hanya baik untuk membersihkan racun dalam ginjal, berbagai kandungan alami didalamnya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih. Hal tersebut karena peterseli berfungsi sebagai direutik yang mana mampu meningkatkan jumlah urin. Sehingga bakteri penyebab ISK bisa keluar dari saluran kemih.

5. Kunyit

Cara mengobati infeksi saluran kemih dengan kunyit juga bisa Anda coba. Kunyit sendiri merupakan bahan alami yang mengandung senyawa aktif kurkumin yang mana memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi serta antijamur. Berbagai sifat tersebut dapat membantu menghambat penyebaran semua jenis mikroba termasuk penyebab ISK. Adapun penggunaannya untuk mengobati ISK cukup mudah. Anda bisa memasukan bubuk kunyit ke dalam susu atau Anda juga bisa mengonsumsi air rebusan kunyit secara teratur.

5. Jahe

Tak hanya kunyit, jahe juga bisa menjadi rempah untuk mengatasi infeksi saluran kemih secara efektif. Kandungan aktifnya berupa gingerol merupakan agen antibakteri yang mampu menghambat penyebaran bakteri dalam ginjal. Adapun cara mengobati infeksi saluran kemih dengan jahe bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan jahe secara rutin. Apabila Anda tidak tahan dengan rasanya, Anda bisa menambahkan sedikit gula merah atau madu pada air rebusannya jahe tersebut.

6. Cuka sari apel

Cara alami mengobati infeksi saluran kemih lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka sari apel. Caranya, Anda bisa mencampurkan 2 sdm madu dan 1 sdm cuka sari apel. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari.

7. Lidah buaya

Tak hanya baik untuk rambut dan kulit, manfaat lidah buaya juga ternyata mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui mekanisme pembersihan yang efektif. Adapun untuk cara mengobati infeksi saluran kemih, Anda bisa mengonsumsi jus lidah buaya dua kali sehari.

Nah itulah berbagai cara tradisional mengobati infeksi saluran kemih dengan bahan alami. Selai itu, beberapa tips juga dipercaya mampu membantu mempercepat penyembuhan masalah kesehatan ini. Diantaranya memperbanyak mengonsumsi air putih, mengonsumsi makanan yang kaya probiotik (yogurt, kefir, kimchi dan lainnya), tidak menahan buang air kecil, menggunakan kompres panas, menjaga kebersihan area kandung kemih, menggunakan pakaian yang nyaman serta menjalani pola hidup sehat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *