Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Tak sedikit dari pada wanita hamil yang dapat mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu atau yang disebut edema. Umumnya, pembengkakan sering terjadi pada bagian kaki yang tak jarang membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman dan sulit untuk beraktivitas. Lalu, adakah cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil secara alami?

cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Dalam istilah medis, pembengkakan yang terjadi pada kaki, pergelangan kaki, tangan juga lengan disebut dengan edema perifer (pheriferal edema). Edema sendiri dapat terbentuk apabila terjadi keruksakan ataupun peningkatan tekanan pada pembuluh kapiler. Dan sebagai akibatnya, cairan akan merembes dari kapiler ke jaringan organ disekitarnya dan pembengkakan terjadi di area tersebut. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun, terlebih pada ibu hamil.

Adapun salah satu penyebab kaki bengkak pada ibu hamil yang paling sering terjadi ialah dikarenakan perubahan kadar hormon selama masa kehamilan. Pelepasan hormon-hormon tersebut mampu memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam (natrium). Selain itu beberapa faktor lainnya juga bisa memicu terjadinya kaki bengkak saat hamil. Mulai dari cuaca yang panas, terlalu lama berdiri, kurang mengonsumsi kalium, terlalu banyak mengonsumsi kafein, melakukan kegiatan seharian penuh hingga mengonsumsi garam secara berlebihan.

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil secara alami

Pada dasarnya, kaki bengkak yang terjadi saat hamil adalah hal yang wajar dan normal. Ibu hamil biasanya akan mengalami pembengkakan pada bagian lutut ke bawah. Selain itu, beberapa ibu hamil juga dapat mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh lainnya. Seperti mata, wajah dan juga tangan. Kondisi ini dapat terjadi pada berbagai usia kehamilan. Hanya saja, kondisi ini biasanya terjadi saat usia kehamilan memasuki bulan kelima, dan akan semakin menjadi saat kehamilan telah memasuki trimester ke-tiga.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Ganjal kaki dengan bantal saat duduk maupun tidur. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah khususnya pada daerah kaki yang mengalami pembengkakan.
  • Berolahraga ringan. Umumnya, edema terjadi pada ibu hamil yang jarang berolahraga. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk berolahraga ringan, seperti berjalan kaki ataupun renang.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Hindari suhu panas. Baik itu mandi dengan air hangat ataupun terpapar sinar matahari yang terik.
  • Tidak melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat.
  • Gunakan sepatu alas kaki yang nyaman saat berpergian.
  • Kurangi asupan garam pada masakan. Karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi edema.

Selain dari pada itu, tak sedikit penelitian mengenai penggunaan tekanan air untuk kaki serta pergelangan kaki yang membengkak. Misal berdri atau berjalan dikolam juga diduga mampu membantu mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Waspadai kaki bengkak saat hamil jika disertai gejala berikut!

Kondisi kaki bengkak pada ibu hamil juga perlu diwaspadai terlebih jika disertai dengan beberapa gejala lainnya. Mulai dari sulit bernapas, sakit kepala berat, muntah, nyeri hebat di perut bagian atas hingga terjadinya gangguan penglihatan. Hal tersebut karena kaki bengkak tak hanya disebabkan oleh hormon kehamilan, melain juga beberapa kondisi medis. Mulai dari varises, diabetes, penggumpalan darah, penyakit ginjal, radang sendi, penyakit paru kronis, gagal jantung dan berbagai kondisi medis lainnya.

Maka dari itu, selama hamil sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara verkala ke dokter kandungan atau bidan terdekat. Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan ibu dan anak. Selain itu, pemeriksaan secara rutin juga berguna untuk mendeteksi secara dini apakah kondisi bengkak pada ibu hamil yang terjadi adalah kondisi yang wajah atau kondisi serius lainnya. Dengan begitu, penanganan yang dilakukan bisa dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *