Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menurunkan asam urat tinggi ternyata bisa dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus mengonsumsi obat. Yakni dengan menjalni pola hidup sehat dan juga memanfaatkan beberapa bahan alami berkhasiat yang terdapat di sekitar kita. Nah, bagi Anda yang kini ingin mengetahui informasim selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

Pada kondisi normal, asam urat biasanya akan dihilangkan dari aliran darah ke ginjal dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Akan tetapi, pada saat terjadi disfungsi ginjal juga kadar asam urat yang begitu tinggi, menyebabkan kelebihan asam urat akan di simpan di dalam sendi dan membentuk kristal asam urat. Dan pada akhirnya menyebabkan arthritis menyakitkan yang di kenal dengan istilah gout.

Sehingga tak jarang asam urat yang menumpuk didalam tubuh, mampu menyebabkan sakit kronis, pembengkakan dan nyeri di bagian sendi. Namun sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakan gejalnya, ada baiknya juga jika Anda mencoba beberapa cara alami untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Cara menurunkan asam urat tinggi secara alami tanpa obat

Berikut adalah beberapa cara mengatasi asam urat tinggi secara alami yang bisa Anda coba sekarang juga!

1. Memperbanyak minum air putih

Mengonsumsi air putih setidaknya sampai 10 gelas dalam sehari, maka bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urin agar tetap encer. Dengan begitu, kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudahnya apabila urin Anda encer.

2. Mengonsumsi buah ceri

Bauah ceri yang dikonsumsi secara teratur juga diketahui mampu mengurangi kadar asam urat didalam tubuh. Hal tersebut merupakan saran Lliliana Stadler Mitrea, yang merupakan penulis Pathology and Nutrition — AGuide for Profesional. Reputasi ceri sendiri dan kemampuan untuk menurunkan kadar asam urat didukung juga oleh study tahun 2003 yang telah di terbitkan dalam Journal of Nutrition.

3. Mengonsumsi cuka apel organik

Cuka sari apel organik (apple cider vinegar atau AVC) yang cukup tinggi kalium dapat membantu mekanisme keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Dan menurut Baroody dan Youngs dalam The pH miracle, meski ACV mengandung asam asetat, namun hal tersebut dapat membantu merangsang cairan percernaan. Meliputi bikarbonat, yang dapat memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari AVC tersebut. Dan pada saat sistem tubuh lebih basa, maka penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkatan yang sama seperti halnya di lingkungan yang asam.

4. Mengkonsumsi vitamin C

Cara menurunkan asam urat tinggi alami tanpa obat lainnya adalah dengan meningkatkan konsumsi vitamin C. Suatu penelitian menyarankan konsumsi 1000 mg vitamin C pada awal serangan gout sampai rasa sakit reda. Kemudian 500-300 mg setiap hari untuk pencegahan dan juga untuk menurunkan sam urat yang terbentuk.

5. Mengonsumsi Air lemon

Meski tampaknya asam dari jeruk lemon yang akan membuat tubuh semakin asam, namun sebenarnya lemon juga memiliki efek alkali yang dapat membantu menteralkan asam urat. Di tambah lagi dengan kandungan vitamin C didalamya, membuat menurunkan asam urat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari.

6. Memanfaatkan baking soda

Bahan alami yang juga disebut soda bikarbonat ini ternyata memiliki manfaat penting untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit yang di timbulkan oleh gangguan kesehatan ini. Selain itu, baking soda juga mampu mempertahankan keseimbangan alkalin alami dalam tubuh dan menjadikan asam urat lebih larut dalam tubuh. Sehingga dengan begitu, menjadikan asam urat lebih larut juga mudah di buang melalui ginjal.

7. Menggunakan minyak zaitun

Jenis minyak yang satu ini diketahui mengandung sejumlah senuyawa baik yang dapat membantu menghilangkan asam urat tinggi. Diantaranya seperti vitamin E, antioksidan dan juga anti-inflamasi. Maka dari itu, selain Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, Anda juga bisa mencoba mengganti minyak, mentega atau margarin yang biasa Anda gunakan selama ini dengan minyak zaitun yang dilah dengan cold-pressed.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi cra menurunkan asam urat tinggi tanpa obat. Diantaranya seperti mengurangi mengonsumsi makanan yang tinggi purion, misal jeroan, seafood daging merah dan alkohol, juga menerapkan pola makan tinggi serat guna menurunkan asam urat. Diantaranya seperti gandum utuh, apel, pir, jeruk dan juga strawberi. Kami juga memiliki rekomendasi produk herbal terbaik yang begitu efektif untuk mengatasi penyakit gout atau asam urat secara alami, aman tapa efek samping. Untuk itu silahkan klik: Obat Asam Urat Tinggi Alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *