Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Dengan Ramuan Herbal

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengobati sinusitis pada anak maupun dewasa ternyata tak hanya dapat dilakukan dengan tindakan medis. Karena tahukah Anda? Beberapa bahan alami juga ramuan herbal yang terdapat di sekitar kita juga di ketahui memiliki khasiat yang tak kalah efektif untuk menyembuhkan sinusitis. Adapun bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya simak ulasan singkat berikut.

cara mengobati sinusitis

Sinusitis tak lain merupakan kondisi pembengkakan yang terjadi pada jaringan yang melapisi sinus. Pada kondisi yang sehat, sinus biasanya di penuhi dengan udara. Akan tetapi pada saat terhambat oleh cairan, maka sinus akan di tumbuhi dengan kuman yang pada akhirnya menyebabkan infeksi. Dan hal inilah yang dikenal sebagai penyakit sinusitis atau radang sinus. Infeksi tersebut tak jarang menyebabkan penyumbatan dan juga rasa tidak nyaman.

Sebagian penderita sinusitis biasanya langsung memilih tindakan medis untuk pengobatan. Hal tersebut di karenakan metode pengobatan ini di percaya dapat menyembuhkan penyakit radang sinus ini lebih akurat. Meski tak dapat di pungkiri jika biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Meski begitu, Anda juga tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami di sekitar kita yang di percaya memiliki khasiat luar biasa untuk mengatasi penyakit sinusitis.

Cara mengobati sinsitis secara alami dengan ramuan herbal

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaat sebagai rambuan herbal untuk mengatasi penyakit radang sinusitis.

1. Jahe

Cara mengobati sinusitis yang pertama yang bisa Anda coba yakni dengan mengguakan jahe. Tak hanya memberikan efek hangat pada tubuh, jahe juga ternyata bermanfaat untuk meringankan infeksi sinusitis. Hal tersebut karena bantuan antiradang alami didalamnya yang mampu mengurangi pembengkakan di selaput hidung. Bahkan suatu studi juga menunjukkan peranan jahe dalam mengobati sinusitis yakni dengan menekan produksi lendir dan mengurangi rasa sakit pada kepala Anda.

Apabila Anda ingin mencoba obat alami sinusitis dari bahan dasar jahe, olahan teh jahe bisa menjadi pilihan terbaik. Hal tersebut dikarenakan uap yang di hasilkan dari teh jahe dipercaya mampu meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

2. Bawang putih

Tak hanya dapat menambah citarasa dari berbagai jenis olahan makanan, bumbu tradisional ini juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya untuk mengobati sinusitis. Dimana bawang putih ini yak hanya dapat meredakan infeksi sinus sejak awal namun juga meng Sebuah penelitian menyebutkan, bahwasannya mengonsumsi bawang putih selama musim hujan mampu menghangatkan tubuh sekaligus menyembuhkan penyakit flu. Hal tersebut lantaran kandungan senyawa allicin yang terkandung didalamnya mampu membunuh bibit penyakit.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi bawang putih bersama campuran jus tomat dan jus lemon yang di panaskan dalam panci selama beberapa menit. Konsumsi minuman ini sebanyak 2 kali sehari sampai infeksi pada sinus mereda bahkan hilang.

3. Minyak oregano

Mungkin Anda mengenal oregano sebagai daun berukuran kecil dan telah dikeringkan, yang mana sering di gunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun selain itu, bunga dan daun oregano juga menghasilkan minyak yang mana bermanfaat untuk pengobatan sinusitis. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung dua senyawa yakni carvacol dan timol, yang mana bersifat anbakteri dan antijamur yang kuat.

Selain itu, kandungan antiinflamasi didalamnya juga mengurangi rasa sakit dari pembengkkan di rongga hidung. Dengan begitu, dapat membebaskan aliran lendir dari saluran pernapasan. Adapun untuk saran penggunaannya, Anda memberikan beberapa tetes minyak origano ke dalam semangkuk air mendidih. Setelah itu, tutup mata Anda dan mulailah hirup aromanya. Ulangi hal tersebut hingga beberapa kali dan lakukan secara teratur 2 kali sehari pagi dan malam, hingga keluhan sinusitis Anda berangsur membaik.

4. Kunyit

Kandungan antiradang dalam kunyit juga disinyalir dapat di manfaatkan sebagai cara mengobati sinusitis secara alami. Selain itu, kandungan kurkumin yang juga terdapat didalamnya juga efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwasannya kandungan antibiotik dan antivirus yang terdapat dalam kunyit baik bagi kesehayan tubuh.

Adapun untuk cara mengonsumsinya, Anda mencampurkan beberapa potong kunyit dan jahe kmudian seduh bersama teh panas. Kombinasi tersebut dapat menenangkan saluran hidung Anda yang tersumbat dengan mengonsumsinya 2 kali dalam sehari. Selain itu, minum jamu kunyit juga di ketahui bisa menjadi alternatif pengobatan sinusitis yang tepat.

5. Cuka sari apel

Cara mengobati sinusitis dengan cuka epel juga bisa anda coba untuk menghilangkan berbagaia gejala sinusitis. Pasalnya, bahan alami yang satu ini kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut diketahui mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alergi akibat panas.

Adapun untuk pengobatannya bisa dilakukan dengan mencampurkan dua sampai 3 sendok cuka apel ke dalam secangkir air panas. Kemudian tambahkan madu dan lemon untuk menambah cita rasanya. Setelah rutin mengonsumsi ini, Anda dapat perhatikan warna lendir Anda akan berubah menjadi lebih jernih. Penipisan lendir inilah yang menandakan infeksi sinusitis Anda kian membaik.

Nah itulah berbagai cara mengobati sinusitis secara alami dengan ramuan herbal. Namun apabila gejala masih bertahan bahkan bertambah parah ada baiknya Anda segera hubungi dokter atau segera mengonsumsi Obat Sinusitis Herbal yang mana merupakan rekomendasi terbaik dari para ahli saat ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *