Cara Mengobati Eksim Secara Alami Yang Ampuh Dengan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengobati eksim tak harus selalu dengan pengobatan medis atau dokter. Karena beberapa bahan alami yang mudah di temukan di rumah juga ternyata memiliki khasiat ampuh untuk mengatasi permasalahan ini dengan cepat. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak ulasan singkat berikut.

cara mengobati eksim

Eksim tak lain merupakan istilah kedokteran untuk kondisi kulit mengalami ruam merah serta gatal yang sangat mengganggu di beberapa bagian tubuh. Terutama pada pergelangan tangan, jari tangan, jari kaki, wajah juga selangkangan. Saat eksim sudah terlanjur parah, seperti kulit meradang dan mengalami iritasi, maka kulit akan terlihat seperti retak-retak dan juga melepuh.

Penyebab eksim sendiri bisa dipicu oleh banyak hal. Mulai dari debu, bulu hewan, alergi makanan tertentu hingga cuaca. Masalah kulit ini umumnya menyerang orang-orang yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif termasuk anak-anak, ibu hamil bahkan bayi sekalipun. Pengobatan eksim sendiri umumnya dilakukan dengan menggunakan berbagai obat kortikosteroid dalam bentuk salep, krim, tablet yang diresepkan dokter guna mengurangi gatal serta peradangan yang terjadi.

Cara mengobati eksim basah dan kering secara alami dengan cepat

Penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka panjang diketahui mampu menimbulkan efek samping seperti penipisan jaringan kulit. Nah sebagai alternatifnya, Anda juga mengatasi eksim dengan memanfaatkan beberapa bahan alami di rumah. Tak hanya memiliki khasiat yang efektifnya, namun juga aman serta tidak memiliki efek samping apapun. Dan berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati eksim basah maupun eksim kering secara tradisional.

1. Kunyit

Cara mengobati eksim dengan kunyit bisa menjadi alternatif pertama yang bisa Anda lakukan. Kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya dipercaya baik untuk perawatan eksim. Selain dari pada itu, bahan aktif curcumin yang terdapat didalam kunyit juga memiliki sifat antiinflamasi serta bakterisida yang mampu mengatasi peradangan di kulit.

Untuk cara menggunakannya sendiri, Anda bisa mencampurkan setengah teh kunyit dengan susu secukupnya untuk dijadikan krim oles. Oleskan krim tersebut pada bagian kulit yang terpapar eksim sebanyak dua kali sehari hingga kemerahan dan gatal hilang. Untuk cara lainnya, Anda bisa memanfaatkan air seduhan kunyit untuk diminum atau dibilaskan ke area eksim.

2. Madu

Cairan manis ini telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu mengandung antiinflamasi serta antibakteri alami. Sehingga bahan alami ini sangat berguna untuk meredakan ruam eksim. Karena dengan kandungan yang dimilikinya, madu mampu meredakan luka kulit guna mempercepat penyembuhan luka. Untuk hasil yang maksimal, pastikan madu yang Anda gunakan untuk mengalami kulit yang mengalami peradangan akibat eksim adalah madu asli.

3. Lidah buaya

Tak sedikit orang yang mengenal manfaat lidah buaya untuk rambut. Namun saat ini telah banyak penelitian yang telah membuktikan, bahwa gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang bagus untuk masalah pada kulit seperti eksim. Efek tersebut, mampu mencegah iritasi kulit, mnenangkan ruam hingga mempercepat penyembuhan Selain itu, kandungan antiinflamasi dalam lidah buaya juga mampu menenangkan rasa gatal serta serta sensasi terbakar akibat ekksim.

Cara mengobati eksim dengan cepat menggunakan lidah buaya bisa dilakukan dengan memblender isi daun lidah buaya, kemudian saring. Untuk yang lebih praktis, Anda juga bisa membeli produk gel lidah buaya di Toko. Namun tetap pastikan kandungan didalamnya. Karena dalam gel lidah bhuaya kemasan biasanya terkandung pengawet, alkohol, pewangi hingga pewarna yang bisa saja mengiritasi kulit.

4. Minyak kelapa

Bahan alami selanjutnya yang dapat meredakan eksim atopik, eksim menahun atau bahkan jenis eksim lainnya ialah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Hal tersebut karena didalamnya memiliki sifat antijamur, antibakteri, antimikroba serta antioksidan. Bahkan kemampuan antibakteri dalam minyak kelapa mampu mengurangi bakteri staphylococcus pada kulit, dimana dapat membantu mencegah infeksi.

Didalam minyak kelapa juga diketahui terkandung asam lemak sehat yang mampu menambah kelemababan pada kulit, memberi efek sejuk hingga membantu melembabapkan kulit kering juga eksim. Bahan alami ini mudah untuk Anda temukan di rumah atau warung terdekat.

5. Oatmeal

Cara alami mengobati eksim selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan oatmeal atau bubur gandum. Meski belum banyak yang mengetahui akan manfaat yang satu ini, namun ternyata moatmeal mengandung sifat antiinflamasi. Dimana hal tersebut bisa membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gatal akibat eksim.

Untuk cara penggunaannya sendiri, terlebih dahulu Anda bisa siapkan selembar kain tipis bersih. Kemudian tuang 3 sendok oatmeal kering ke dalam kain, ikat oatmeal di dalam kain menyerupai bundel kecil. Setelah itu, tampung air dalam bak mandi, dan masukkan bundel kain berisi oatmeal ke dalam bak mandi yang telah diisi air. Rendam kurang lebih sekitar 15 menit. Setelah itu, angkat bundel oatmeal, dan gosokan ke bagian tubuh yang terkena eksim. Anda juga bisa membilas badan Anda dengan air bak mandi tersebut. Lakukan secara rutin, agar gatal akibat eksim bisa mereda.

6. Teh hijau

Dari berbagai macam obat herbal yang sering digunakan untuk mengobati eksim, teh hijau merupakan salah satu diantaranya yang cukup menjanjikan. Hal tersebut karena didalam teh hijau terkandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang cukup kuat. Bahkan suatu studi klinik menemukan, bahwasannya memijat menggunakan minyak seperti tea tree oil, chammomile dan thyme, mampu membantu mengurangi eksim pada anak.

Nah itulah berbagai cara mengobati eksim secara alami yang ampuh, aman tanpa efek samping. Selain dari pada itu, beberapa bahan herbal lainnya juga memiliki khasiat luar biasa dalam mengobati eksim menahun sekalipun. Diantaranya seperti manfaat daun sirih, bawang putih, daun binahong, jeruk nipis dan masih banyak lagi lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *