Cara Mengobati Amandel Pada Anak Dan Dewasa Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengobati amandel pada anak khususnya harus segera dilakukan dengan tepat. Selain dengan obat-obatan yang di resepkan oleh dokter, beberapa bahan alami yang tersedia di rumah juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan radang amandel lho. Nah bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih jelasnya apa saja bahan alami yang dapat digunakan, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

cara mengobati amandel

Penyakit radang amandel (tonsilitis) ialah pembengkakan dan peradangan pada amandel yang pada umumnya disebabakan oleh infeksi virus maupun bakteri. Adapun amandel sendiri merupakan garis depan pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit yang masuk melalui organ mulut. Nah oleh karena itu, apabila Amandel mengalami masalah seperti pembengkakan maka bibit penyakit akan lebih mudah menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru dan organ tubuh lainnya.

Penyakit ini sendiri tergolong ke dalam jenis penyakit menular, yang mana penularannya sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya. Dan untuk mencegah itu terjadi, maka seseorang yang menderita amandel seharusnya segera melakukan pengobatan yang tepat. Meski banyak obat-obatan untuk amandel di apotik, namun jika Anda lebih suka obat alami, maka Anda bisa mencoba beberapa bahan alami yang mudah di temukan di rumah.

Cara mengobati amandel pada anak dan dewasa secara alami

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk cara mengobati amandel dengan mudah di rumah yang aman dilakukan pada anak, dewasa bahkan ibu hamil.

Menggunakan air garam

Salah satu cara alami mengobati amandel adalah dengan berkumur air garam hangat. Air hangat sendiri memberikan efek menenangkan amandel, sedangkan garam bertindak sebagai antisepik alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dengann membunuh virus dan bakteri. Untuk itu, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Kemudian kumur-kumur dengan larutan tersebut. Namun pastikan Anda tidak menelannya.

Memakan bawang putih

Selain menjadi bumbu masana, bawang putih juga di kenal sebagai salah satu obat alami selama ribuan tahun. Dan salah satu khasiatnya di percaya memperkuat kekebalan tubuh lantaran kaya akan kandungan antioksidan serta antibakteri juga senyawa antiviral. Sehingga cukup efektif dalam mengatasi beberapa permasalahan kesehatan termasuk radang amandel.

Untuk cara mengobatai amandel dengan bawang putih, Anda bisa memakannya secara utuh. Namun jik Anda tidak tahan dengan aromanya, maka Anda bisa mencampurkannya dengan teh herbal. Caranya, rebus bawang putih yang telah di geprek dengan secangkir air selama 5 menit. Kemudian angkat dan saring bawang putihnya. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya.

Dengan ramuan kayu manis

Tak hanya menjadi rempah untuk masakan, kayu manis juga ternyata mampu meredakan radang amandel. Hal tersebut dikarenakan terkandung antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat pada amandel. Dan dengan begitu, kayu manis dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan juga peradangan.

Adapun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Dan setelah agak hangat, campurkan dengan 2 sendok teh madu. Dan selama minuman ini panas, hirup uapnya airnya. Dan setelah menghangat baru bisa Anda mengonsumsinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa meminum ramuan ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari selama seminggu.

Mengonsumsi air lemon dan madu

Manfaat lemon untuk kesehatan memang tak perlu di ragukan lagi. Lemon sendiri memiliki sifat antivirus , antibakteri dan antiinflamasi sehingga mampu merawat masalah infeksi dan peradangan. Tak hanya itu, didalamnya juga terkandung vitamin C yang mampu meingkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Adapun untuk cara mengobati amandel dengan ramuan alami ini, Anda bisa menggunakan perasan air lemon, sedikit garam dan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga semua tercampur rata. Dan kemudian minum secara perlahan. Lakukan rutinitas ini dua kali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan radang amandel.

Meminum ramuan kunyit

Seperti halnya kayu manis, manfaat kunyit juga selain sering dijadikan rempah bumbu masakan juga sering dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan. Salah satunya sebagai cara mengobati amandel. Hal tersebut karena didalamnya mengandung antiseptik alami dan antiinflamasi yang cukup kuat. Sehingga tak heran jika rempah yang satu ini mampu membantu melawan infeksi amandel dan bisa melegakan gejala amndel yang sangat mengganggu kegiatan menelan Anda.

Jika penderita sangat suka mengonsumsi susu, maka Anda menambahkan satu sendok kunyit dan sejuput lada hitam ke dalam segelas susu hangat. Anda bisa meminum ramuan kunyit ini pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut. Cara ini dipercaya cukup efektif untuk mempercepat penyembuhan radang amandel.

Nah itulah berbagai cara mengobati amandel pada anak maupun dewasa secara alami. Selain dari pada itu, masih banyak cara mengatasi amandel secara alami lainnya yang bisa Anda lakukan. Seperti dengan menggunakan bawang merah, jeruk nipis, buah mengkudu, madu, jahe dan masih banyak lagi lainnya. Selain dari pada itu, kami juga memiliki solusi tepat dan efektif untuk mengobati amandel secara efektif dan alami. Untuk itu, silahkan klik: Obat Amandel Herbal. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *