Cara Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cepat Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan mata ikan ternyata dapat dilakukan secara alami. Ya, beberapa bahan alami disekitar kita ternyata memiliki khasiat yang cukup efektif untuk menghilangkannya. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimaknya secara lengkap disini ya!

cara menghilangkan mata ikan

Mata ikan adalah penyakit sejenis kutil yang umumnya terjadi di bagian telapak kaki. Meski nampak kecil, namun apabila dibiarkan, maka dapat membutuhkan operasi kecil untuk mengangkatnya. Dan selain di telapak kaki, penyakit ini juga terkadang timbul di tumit, jari-jari kaki, telapak tangan hingga wajah dan mulut. Namun meski begitu, mata ikan lebih banyak terjadi pada kaki.

Penyebab mata ikan sendiri diketahui disebabkan oleh virus bernama Human Papillomavirus (HPV). Adapun beberapa kondisi diketahui sering kali menjadi perantara terinfeksinya kulit oleh virus penyebab dari penyakit mata ikan. Diantaranya:

  • Kebersihan yang tidak terjaga. Seperti sepatu atau kaus kaki yang kotor dan lembaba lantaran tidak pernah dicuci atau diganti.
  • Tekanan yang berlebih. Seperti sepatu yang terlalu sempit atau cara berjalan yang salah.
  • Adanya gesekan secara terus menerus dan berulang pada area tangan atau kaki
  • Penggunaan kamar mandi secara bersamaan.

Adapun untuk gejala mata ikan sendiri adalah terjadinya penebalan dan juga pengerasan pada bagian kulit. Selain itu, tampak pula benjolan-benjolan kecil seperti halnya mata ikan. Sehingga penyakit ini kemudian populer dengan sebutan mata ikan atau mata iwak. Selain itu, benjolan tersebut juga terkadang bergerombol di satu tempat dan terkadang berpisah sendiri-sendiri.

Cara menghilangkan mata ikan dengan cepat dan ampuh secara alami

Selain dengan menggunakan collusol dan gunting kuku, berikut adalah beberapa tips dan juga bahan alami yang di percaya mampu menghilangkan mata ikan secara permanen dan tidak tumbuh lagi tanpa operasi.

1. Batu apung

Cara menghilangkan mata ikan pertama secara tradisional adalah dengan batu apung. Pertama-tama rendam kaki atau area yang terkena mata ikan dalam air hangat selama 5-10 menit. Hal ini bertujuan agar mata ikan menjadi lunak. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit tersebut. Selain untuk menghilangkan mata ikan, batu apung juga diketahui sering digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan.

2. Bawang putih

Tak hanya menjadi bumbu dapur yang digunakan untuk rempah masakan, bawang putih juga nyatanya cukup efektik sebagai obat mata ikan alami di telapak tangan dan kaki. Caranya, haluskan satu siung bawang putih dan oleskan pada permukaan kulit yang terpapar mata ikan. Setelah itu, balutlah dengan perban dan kasa. Dan dalam beberapa hari, mata ikan akan mulai membaik dan akhirnya akan sembuh total.

3. Lemon

Tak hanya dapat menghaluskan kulit yang kasar, namun juga dapat membantu proses pengobatan mata ikan. Caranya, gosok area kulit yang terkena mata ikan secara teratur dengan buiah lemon. Sehingga, lama kelamaan area kulit tersebut akan halus sehingga akan mudah digosok dengan batu apung.

4. Cuka apel

Sama halnya seperti lemon, cuka sari apel juga dapat membantu menghaluskan daerah kulit yang terkena mata ikan sebelum akhirnya di gosok dengan batu apung. Caranya, cukup rendak area kulit yang terkena mata ikan tersebut kurang lebih selama 20 menit di cuka sari apel. Dan setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, lakukan aktivitas pengobatan alternatif ini secara rutin 3 hari sekali.

5. Getah pepaya

Selain buahnya yang terasa lezat, pepaya juga memiliki getah yang diketahui sangat berguna sebagai obat alami mata ikan yang ampuh. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terkena mata ikan dengan air hangat yang telah di campur garam. Kemudian rendam kurang lebih selama 15 menit. Bersihkan dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk. Setelah kering, oleskan getah pepaya tersebut di area kulit yang terkena mata ikan.

6. Getah kamboja

Cara menghilangkan mata ikan secara alami lainnya bisa dilakukan menggunakan getah kamboja. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu area yang terkena mata ikan dengan air. Setelah itu, oleskan getah kamboja di area tersebut secara merata. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin sehingga mata ikan menghilang.

7. Daun dewa

Jenis tanaman yang satu ini telah terkenal di kalangan herbalis lantaran memiliki khasiat luar biasa sebagai obat herbal. Dan salah satunya untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Untuk caranya, cukup dengan mengambil 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkan pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Balutlah dengan perban dan usahakan agar daerah tersebut tida digunakan untuk beraktifitas terlebih dahulu.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi bahan lami lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilkangkan mata ikan sampai ke akar-akarnya. Diantaranya seperti menggunakan jeruk nipis, ikan louhan, bawang merah dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga apa telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan membantu Anda yang juga kini tengah mengalami kondisi yang sama. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *