Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Mengeras Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan karang gigi memang bukanlah perkara yang mudah. Untuk mengatasinya, sebagian besar orang memilih untuk pergi melakukan perawatan ke dokter gigi yang tentunya dengan biaya yang lumayan tinggi. Akan tetapi, tahukah Anda? Cara membersihkan karang gigi juga ternyata dapat dilakukan secara alami. Selain aman dan murah, cara alami ini juga di percaya efektif serta cepat dalam mengatasi masalah karang gigi ini. Adapun bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

cara menghilangkan karang gigi

Karang gigi ataupun yang sering di sebut dengan kalkulus gigi adalah plak yang mengeras pada gigi. Tak hanya mengurangi keelokan gigi, masalah karang gigi juga tak jarang menimbulkan iritasi pada gusi hingga penyakit yang lebih serius seperti radang gusi dan periodontitis. Lebih dari itu, timbulnya banyak plak pada gigi juga tentunya akan membuat Anda tampil percaya diri. Karena karang gigi sendiri dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan gigipun akan terlihat kuning.

Sejatinya karang gigi muncul lantaran sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak segera di bersihkan. Sehingga lama kelamaan, sisa-sisa makanan tersebut menumpuk yang akhirnya menimbulkan karang gigi. Air liur yang mengandung mineral bahkan membatu sisa-sisa makanan tersebut mengeras. Dan pada akhirnya karang gigi yang terbentuk menjadi keras atau sedimentasi.

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami

Berikut adalah berbagai cara alami menghilangkan karang gigi yang tebal dan mengeras sekaligus memutihkan gigi kuning secara cepat dan ampuh.

1. Baking soda

Cara menghilangkan karang gigi secara cepat yang pertama adalah menggunakan baking soda. Cara ini juga sangatlah tepat menjadi solusi alternatif untuk membersihkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Bahkan tak cukup disitu, baking soda pun diketahui mampu memutihkan gigi Anda dengan cepat. Adapun cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda adalah sebagai berikut:

– Campurkan 1 sdm baking asoda dan tambahkan garam aduk hingga rata
– Celupkan didi yang sebelumnya telah di basahi pada campuran ini
– Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur
– Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal

2. Kulit jeruk

Cara menghilangkan karang gigi secara tradisional telah dipercayai sejak lama. salah satu diantaranya adalah dengan kulit jeruk. Buah jeruk sendiri merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin. Adapun cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk adalah sebagai berikut:

– Siapkan kulit jeruk dan bersihkan
– Setelah itu, gosokkan pada gigi sampai rata
– Biarkan semalaman
– Baru esok harinya berkumur
– Lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

3. Mengunyah daun sirih

Bahan alami selanjutnya yang di percaya mampu menghilangkan karang gigi adalah daun sirih. Tak hanya itu, manfaat daun sirih juga diketahui cukup efektif dalam menghilangkan bau mulut tak sedap. Adapun cara menghilangkan daun sirih dengan daun sirih adalah sebagai berikut:

– Ambil selembar daun sirih dan 1 batang cengkeh
– Setelah itu haluskan namun tidak terlalu halus kemudian dikunyah

4. Lemon

Solusi alternatif lainnya yang ampuh untuk mengatasi karang gigi adalah dengan menggunakan lemon. Adapun untuk langkah dan cara menghilangkan karang gigi dengan lemon adalah sebagai berikut:

– Siapkan satu sendok makan perasan air lemon dan 4-5 butir cengkeh yang telah di haluskan
– Setelah itu, campurkan perasan air lemon tadi dengan venkeh yang telah dihaluskan
– Aduk sampai rata
– Setelah itu, oleskan rambuan tersebut pada gigi Anda
– Gosoklah dengan gigi seperti biasa dan lakukan secara rutin

5. Biji asam kawak

Cara mudah dan efektif lainnya untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan biji asam kawak. Adapun untuk pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

– Siapkan 2-3 biji asam kawak kemudian di sangrai
– Setelah itu tumbuk biji asam kawak tersebut hingga halus
– Basahi dengan sedikit air dan gunakan sebagai pasta gigi alami Anda.

Selain dari pada itu, masih terdapat beberapa tips dan cara alami yang di klaim mampu mengatasi sekaligus mencegah terjadinya karang atau plak gigi. Diantaranya seperti rajin menggosok gigi, menggunakan pasta gigi dengan fluoride, melakukan flossing (membersihkan gigi dengan benang), menggunakan mouthwash, tidak makan sembarang, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok serta mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya menjadi solusi andalan bagi Anda yang kini tengah mengalami masalah karang gigi. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *