Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap Secara Alami Dan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara menghilangkan bau badan tak sedap bahkan busuk sekalipun ternyata bisa dilakukan dengan cepat secara alami. Berbagai cara ini juga aman diterapkan pada anak bahkan ibu hamil sekalipun tanpa efek samping dengan hasil yang permanen pula. Dan berikut adalah informasi selengkapnya seputar cara menghilangkan bau badan menyengat dengan bahan alami.

cara menghilangkan bau badan

Sejatinya, tubuh memiliki jutaan kelenjar keringat. Meski pada dasarnya keringat tidak menimbulkan bau, namun ada sebagian orang yang kerap mengalami bau badan di baju maupun ketiak mereka. Kondisi ini tentunya akan mengganggu aktivitas dan juga bisa membuat Anda tampil tidak percaya diri. Terlebih di saat mereka harus tampil dan bertemu dengan banyak orang dalam acara yang cukup penting.

Menurut dunia medis, masalah bau badan dikenal dengan istilah bromihidrosis. Kondisi ini terjadi pada umumnya timbul pada saat bakteri yang berada didalam tubuh bertemu dengan keringat yang tidak memiliki bau dan berkembang biak. Adapun aroma tidak sedap tersebut merupakan hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri yang ada di permukaan kulit.

Kondisi ini diketahui lebih sering tejadi pada pubertas lantaran meningkatnya hormon yang disebut dengan androgen. Meski begitu kondisi ini juga tak menutup kemungkinan bisa dialami oleh siapa saja. Termasuk pria, wanita, anak balita, ibu hamil hingga wanita selepas melahirkan.

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat secara alami

Berikut adalah berbagai bahan alami yang diyakini memiliki khasiat maksimal sebagai cara menghilangkan bau badan menyengat secara alami, aman dan cepat.

1. Sari cuka apel

Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk cara menghilangkan bau badan dan ketiak adalah sari cuka apel. Didalamnya terkandung asam tartar yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan juga asam asetata yang berfungsi sebagai antimikroba. Selain itu, cuka apel ini juga bisa digunakan untuk bebagai kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi, diabetes, jerawat dan lainnya. Adapun cara menghilangkan bau badan dengan cuka apel dadalah sebagai berikut:

– Oleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak
– Diamkan selama 15 menit kemudian bilas
– Setelah itu Anda mandi
– Lakukan cara ini secara teratur setiap sebelum Anda mandi.

2. Baking soda

Bahan alami yang satu ini nyatanya bisa menjadi pengganti deodoran. Baking soda sendiri diketahui dapat menetralkan asam dan basa, sehingga mampu menghilangkan bau badan yang mungkin tengah Anda alami. Selain dari pada itu, baking soda juga sejatinya tidak akan menodai baju Anda seperti halnya banyak antiperspirant yang banyak di jual di pasaran. Adapun untuk cara menghilangkan bau badan dengan baking soda adalah sebagai berikut:

– Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis
– Setelah tercampur merata, kemudian oleskan pada ketiak
– Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat
– Lakukan sebanyak satu kali sehari secara rutin

3. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan bau badan dengan minyak pohon teh juga bisa pilihan. Bahkan tak cukup sampai disitu, minyak pohon teh juga nyatanya bisa menghilangkan bau mulut, alergi kulit, jerawat, jamur kuku dan kondisi medis lainnya. Adapun untuk langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

– Oleskan minyak pohon teh menggunakan kapas pada ketiak Anda
– Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air
– Lakukan cara ini setiap kali Anda akan mandi

4. Daun sirih

Didalam daun ini terkandung antioksidan yang tinggi sehingga cukup ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Didalamnya juga terkandung vitamin C, tiamin, niacin, ribovlavin dan karoten dimana diketahui cukup efektif dlam mengalangkan bau adan dan keringat berlebih secara cepat dan efektif. Adapun cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih adalah sebagaio berikut.

– Ambil beberapa lembar daun dirih dan rebus dengan 2 gelas air
– Campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
– Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut

5. Tawas

Bahan alami yang satui ini sering kali diguakan pada berbagai jenis perawatan tradisional. Dan salah satunya untuk menghilangkan bau badan terlebih disekitar ketiak. Tawas sendiri diketahui mengandung asam sulfat dan bersifat alkali sehingga mudah larut dalam air. Adapun sifat antiseptik dan antibakteri yang di kandungnya sangat cocok untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan tawas adalah sebagai berikut:

– Hancurkan tawas hingga benar-benar menjadi halus
– Masukan dalam mangkuk kecil lalu berikan air secukupnya
– Tunggu hingga semua bagian tawas larut dalam air
– Kompres bagian ketiak Anda selama beberapa saat menggunakan handuk kecil
– Ulangi samapi beberapa kali ketika suah kering
– Lakukan cara ini secara teratur sebelum tidur.
– Selain secara tunggal, penggunaan tawas juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti cuka apel, baking soda, perasan air lemon, air lobak, hidrogen peroksida, minyak rosemary, tomat dan lainnya.

6. Jeruk nipis

Tak hanya baik untuk kesehatan, buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga baik untuk kecantikan. Sehingga tak jarang di gunakan untuk cara memutihkan kulit. Selain itu, jeruk nipis juga sering kali di manfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Adapun langkah atau cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis adalah sebagai berikut:

– Potong tipis jeruk nipis dan taburi dengan kapur sirih
– Setelah itu, oleskan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit
– Bilas dengan air bersih
– Lakukan cara ini secara teratur untuk hasul yang maksimal

7. Cengkeh

Kandungan zat aktif untuk antiinflamasi dan antibakteri yang terkandung dalam cengkeh diketahui bisa dimanfaatkan untuk membuat deodoran alami. Adapun untuk cara menghilangkan bau badan dengan cenkeh adalah sebagai berikut:

– Rendam cengkeh pada air hangat sampai mengembang
– Setelah itu, minum ai rendaman cengkeh tersebut
– Alaternatif lainnya bisa dengan mengoleskan pada area ketiak dan jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih

8. Daun kemangi

Daun yang satu ini memiliki bau yang khas dan mengandung minyak aksirin. Tak jarang daun kemangi sendiri digunakan sebagai lalapan atau lauk untuk makan. Hal tersebut memang bertujuan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan daging. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Adapun untuk cara menghilangkan bau badan dengan daun kemangi adalah sebagai berikut:

– Konsumsi daun kemangi secara rutin secara langsung sebagai lalapan.

9. Rimpang temulawak

Rimpang alami yang satu ini juga tak ketinggalan menjadi bahan alami untuk menghilangkan aroma tidak sedap di badan. Adapun cara menghilangkan bau badan dengan temulawak adalah sebagai berikut.

– Parut temulawak dan oleskan pada bagian tubuh yang sering berkeringat
– Bisa juga dengan meminum air rebusan temulawak untuk menghilangkan bau ketiak
– Lakukan secara teratur mempercepat menghilangkan bau ketiak Anda

10. Daun beluntas

Tanaman yang satu ini mengandung senyawa alkali dan juga mengandung aroma yang kuat. Adapun cara menghilangkan bau badan dengan daun beluntas adalah sebagai berikut:

– Konsumsi daun beluntas secara langsung sebagai lalapan
– Alaternatif lain bisa dengan merebusnya kemudian air rebusannya diminum

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara menghilangkan bau badan secara alami dan cepat. Selain beberapa cara diatas, terdapat beberapa tips sehat alami lainnya yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dari badan dengan sangat cepat. Untuk itu, dampingi juga dengan mengonsumsi banyak minum air putih, menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi 2 kali, melakukan meditasi, mengenakan pakaian yang bersih, mengeringkan badan yang benar dan membatasi mengonsumsi makanan pedas. Semoga bermanfaat dan membantu. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *