Cara Mengatasi Usus Buntu Secara Tradisional Alami Di Rumah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengatasi usus buntu pada dasarnya memang harus dilakukan melalui konsultasi juga tindakan medis yang dilakukan oleh dokter. Namun, terdapat beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan usus buntu. Anda bisa menggunakannya sebagai pengobatan rumahan yang aman tentunya. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak informasi berikut ini.

cara mengatasi usus buntu

Penyakit usus buntu yang tak lain merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntuk yang dapat bersifat kronis maupun akut. Usus buntu sendiri adalah tonjolan kecil dari usus besar, yang letaknya berada persis di sebelah kanan bawah perut. Penyakit ini sendiri dapat mempengaruhi sebagaian orang mulai dari anak, dewasa termasuk ibu hamil sekalipun. Bahkan menurut suatu riset kesehatan, penyakit radang usus buntu lebih rentan terjadi pada kaum wanita dibanding pria.

Nah, jika Anda kini mengalami masalah kesehatan yang satu ini Anda sebaiknya tidak perlu khawatir atau terburu-buru melakukan tindak operasi. Terkecuali memang jika penyakit usus buntu bersifat parah bahkan pecah dan dapat memicu komplikasi berbahaya bagi tubuh. Karena ternyata ada beberapa alternatif cara pengobatan usus buntu ringan di rumah, yakni dengan memanfaatkan beberapa bahan alami berkhasiat yang sering kita temui.

Cara mengatasi usus buntu secara tradisional alami di rumah

Berikut adalah berbagai cara mengatasi usus buntu pada anak maupun dewasa secara alami. yang bisa langsung Anda praktekan di rumah.

1. Menggunakan bawang putih

Cara mengobati usus buntu dengan bawang putih adalah salah satu alternatif pengobatan yang cukup bisa Anda andalkan untuk meringankan gejala radang usus buntu. Hal tersebut dikarenakan bawang putih sendiri kaya akan antiinflamasi yang dapat menurunkan efek radang. Selain itu, bahan alami ini juga dipercaya mampu membantu mengurangi sakit perut serta memperbaiki masalah seperti mual dan muntah.

Maka dari itu, jika Anda kini tengah mengalami usus buntu, maka Anda sangat disarankan untuk menambahkan bawang putih dalam menu makanan Anda sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah pada saat perut kosong setiap hari, ataupun menambahkannya dalam menu masakan. Alaternatif lainnya, Anda juga bisa mengonsumsi kapsul bawang putijh. Hanya saja hal tersebut dapat dilakukan jika Anda sebelumnya telah berkonsultasi dengan dokter.

2. Dengan mengkudu

Buah yang satu ini juga di percaya memiliki khasiat cukup efektif untuk dijadikan sebagai cara mengobati usus buntu yang belum parah. Dan untuk membuatnya ramuannya Anda terlebih dahulu bisa menyiapkan 1 buah mengkudu yang sudah masak serta 1 sendok madu murni. Terlebih dahulu Anda bisa membersihkan buah mengkudu kemudian parut. Setelah itu, peras hasil parutan dan masukan ke dalam gelas. Tambahkan madu 1 sendok makan dan setelah itu bisa langsung Anda minum secara teratur 2 kali sehari secara rutin.

3. Dengan jahe

Bahan alami yang dapat ditemukan di hampir setiap dapur ini ternyata bisa digunakan secara efektif untuk mengatasi uisus untuk secara tradisional. Kandungan antiinflamasi yang cukup tinggi didalamnya mampu mengurangi gejala usus buntu seperti peradangan dan juga nyeri perut.

Nah, untuk mendaptkan khasiat tersebut, Anda bisa menonsumsi teh jahe sebanyak 2-3 kali sehari. Anda juga bisa memijat bagian bawah perut yang terasa nyeri dengan minyak jahe beberapa kali sehari. Dan alternatif lainnya Anda juga bisa mengonsumsi kapsul jahe, namun setelah sebelumnya berkonsultasi dengan dokter.

4. Dengan sari lemon

Dengan sari sitrusnya yang mampu membantu pada gangguan pencernaan dan semeblit, sari lemon juga diketahui dapat meringankan rasa sakit dan juga radang akibat penyakit usus buntu. Dan lebih dari itu, lemon juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi. Untuk itu, Anda bisa mencampurkan sari lemon dan madu dengan takaran yang sama. Konsumsi campuran ini beberapa kali dalam sehari selama beberapa minggu.

5. Dengan teh mint

Cara mengatasi usus buntu alami lainnya adalah dengan mengonsumsi teh mint. Teh ini diduga mampu meredakan mual dan muntah serta mengurangi masalah gas juga sakit perut yang merupakan beberapa diantara gejala usus buntu. Bahkan untuk memerangi rasa mual dan muntah, Anda bisa mengunyah beberapa lembar daun mint segar secara langsung.

Untuk membuatnya, Anda bisa menambahkan satu sendok daun mint segar pada secangkir teh mendidih dan biarkan selama 10-15 menit. Saring dan tambahkan madu murni ke dalamnya. Anda bisa mengonsumsi teh mint ini secara teratur untuk mendapatkan pengaruhnya pada radang usus buntu.

6. Dengan minyak jarak

Bahan alami yang satu ini bisa menjadi alternatif obat untuk mengobati usus buntu terutama gejalanya. Dan ini dapat membantu penyumbatan usus buntu yang mengarah pada pengurangan masalah peradangan. Dan tak hanya sebatas disitu, mionyak jarak juga dipercaya dapat memberikan bantuan ada masalah sembelit, usus dan juga gas apabila dikonsumsi secara oral.

Adapun cara cepat mengatasi usus buntu dengan minyak jarak, yakni terlebih dahulu Anda bisa menyiapkan minyak jarak dan kain flanel besar yang dilipat. Setelah itu, berbaringlah dengan dialasi oleh handuk. Dan tuangkan 2 sendok makan minyak jarak diatas perut Anda, dan kemudian letakkan diatasnya. Ulangi pengobatan ini 3 kali seminggu selama 2-3 bulan.

7. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Tahukah Anda? ternyata sembelit memiliki kontribusi untuk radang usus buntu. Sehingga, mengonsumsi makanan yang kaya serat sangat dianjurkan. Selain dari pada itu, menurut studi pada tahun 2000, yang mana diterbitkan dalam International Journal of Food Science and Nutrition, menyetakan bahwasannya asupan serat yang rendah mampu memainkan peran, dalam munculnya usus buntu.

Adapun berbagai makanan yang tinggi akan serat diantaranya adalah mentimun, tomat, bit, wortel, brokoli, kacang polong, beras merah, gandum, biji labu, bunga matahari, buah-buahan serta sayuran hijau lainnya yang mana bagus untuk mengobati usus buntu.

Nah itulah berbagai cara mengatasi usus buntu secara tradisional alami di rumah. Selain dari pada itu, masih banyak bahan alami dan ramuan herbal lainnya yang memiliki kebaikan untuk mengatasi masalah peradangan ini. Diantarantya seperti cara mengobati usus buntuk dengan kunyit, sambiloto, temulawak, daun balimoa, kunir dan jeruk nipis serta masih banyak lagi lainnya. Dan jika Anda yang ingin melakukan pengobatan alterntif yang lebih praktis dan berkhasiat, Anda juga bisa mengonsumsi Obat Usus Buntu Herbal. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *