Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari Secara Alami Dan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari nyatanya cukup mudah. Beberapa orang biasanya akan menggunakan produk tertentu untuk mengatasinya. Namun selain dari pada itu, beberapa bahan alami yang tersedia di rumah Anda ternyata memiliki fungsi yang cukup efektif untuk mengatasinya. Adapun mengatahui informasinya secara lengkap, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Apakah Anda termasuk orang yang senang berjemur lama di bawah sinar matahari? Sebaiknya kebiasaan tersebut mulai Anda kurangi. Hal tersebut lantaran kulit bisa saja mengalami sunburn atau terbakar. Dan apabila hal tersebut telah terjadi, maka rasa perih, sakit hingga tak percaya diri mungkin akan Anda rasakan. Hal tersebut memang dikarenakan paparan sinar UVA dan UVB yang terlalu lama bisa memicu iritasi dan keruksakan pada kulit.

Selain waktu berjemur, jenis kulit serta sengatan matahari juga mampu mempengaruhi seberapa parah kondisi sunburn yang dialami. Adapun kulit yang terbakar biasanya akan memerah dan terasa sakit. Bahkan jika luka bakar cukup parah, maka penderitanya akan mengalami pembengkakan hingga kulit yang melepuh. Dan lebih dari itu, Anda juga kemungkinan dapat mengalami gejala flu seperti demam, mual, sakit kepala dan lemas.

Tips dan cara mengatasi kulit terbakar sinar n matahari secara alami di rumah

Berikut terdapat beberapa tips alami yang bisa Anda lakukan untuk menangani masalah kulit terbakar sinar matahari atau sunburn di rumah.

1. Meletakan handuk dingin di kulit

Cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari yang pertama adalah dengan mengambil handuk kemudian merendamnya dalam es. Setelah itu, peras dan letakan handuk selama 10 hingga 15 menit di kulit. Cara ini di percaya mampu mentralisir rasa panas pada kulit Anda.

2. Berendam dengan bahan alami

Adapun jika masalah sunburn ini terletak pada beberapa bagian tubuh, cara lebih mudah untuk mengatasinya adalah dengan mandi ataupun berendam dengan beberapa bahan alami yang dapat ditemukan di rumah. Seperti halnya dengan campuran oatmeal untuk mengurangi rasa gatal pada kulit yang terbakar. Selain itu, Anda juga bisa berendam dengan campuran cuka apel dan air guna mengembalikan keseimbangan pH kulit juga mempercepat penyembuhan

Adapun untuk menghilangkan iritasi juga kemerahan di kulit, Anda bisa berendam dengan campuran baking soda juga air. Dan setelah itu, Anda bisa menggunakan minyak essensial chamomile atau lavender guna mengurangi rasa sakit juga perih pada bagian kulit.

3. Kompres dengan susu

Untuk cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari yang satu ini, Anda bisa menmerendam atau membasahi kain dengan susu. Setelah itu, tempelkan pada bagian kulit yang terbakar matahari. Kompresan ini dapat menghasilkan lapsisan proteinyang diketahui dapat membantu meringankan rasa sakit juga rasa tidak nyaman atau perih pada kulit. Selain susu, Anda juga bisa menggunakan yogurt atau teh sebagai penggantinya.

4. Banyak mengonsumsi air putih

Sinar matahari yang begitu terik juga bisa membuat Anda panas juga berkeringat dan kulit Anda menjadi dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda cukup mengopnsumsi air mineral, atau juga bisa mengonsumsi minuman berenergi atau jus untuk menggantikan cairan dalam tubuh. Untuk itu, kulit yang terbakar matahari juga akan segera membaik.

5. Menggunakan sayuran

Kandungan antioksidan juga antinyeri yang terdapat didalam timun ternyata berguna pada saat kulit Anda terbakar matahri. Caranya, dinginkan timun kemudian haluskan dengan blender dan oleskan pada bagian kulit yang terbakar matahari. Selain itu, alternatif lainnya Anda bisa menggunakan kentang. Caranya, kentang yang telah direbus tumbuk halus dan dinginkan. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terkena sunburn guna mengurangi nyeri juga mempercepat penyembuhan.

Nah itulah berbagai cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari secara alami, terutama di wajah maupun bagian kulit tubuh lainnya. Adapun untuk pencegahannya, Anda bisa menggunakan pelindung matahari sebelum berpergian keluar seperti sunblock, menghindari papan sinar matahri secara langsung juga menggunakan kacamata hitam. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan bermanfaat dan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *