Cara Mengatasi Katarak Secara Alami Dengan Makanan Sehat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengatasi katarak ternyata tak hanya meliputi operasi dan obat-obatan dari dokter. Selain itu, dengan mengatur pola makan yang tepat juga dapat membantu mengurangi gejala katarak. Dan setidaknya terdapat beberapa makanan sehat yang dianggap mengandung beberapa senyawa alami yang dianggap dapat membantu proses penyembuhan katarak.

cara mengatasi katarak

Katarak merupakan suatu kondisi yang paling sering dialami oleh orang lanjut usia. Gangguan mata ini tak jarang menyebabkan lensa mata mengalami kekeruhan. Adapun lensa mata sendiri terletak di bagian belakang iris dan pupil mata memang memiliki fungsi yang cukup penting. Karena jika lensa mata mengalami kekeruhan, maka pandangan mata tidak bisa dipantulkan dengan baik.

Penyebab katarak sendiri sejatinya diakibatkan penuaan yang menyebabkan protein menjadi menumpuk pada bagian lensa mata. Selain itu, katarak juga mampu di picu oleh usia, infeksi, polusi hingga diabetes. Adapun untuk gejala katarak diantaranya seperti pandangan yang kabur dan berkabut, penurunan penglihatan di malam hari, pandangan menjadi ganda, rasa silau saat melihat cahaya, warna di sekitar menjadi memudar dan sering mengganti ukuran kacamata.

Pada dasarnya, operasi katarak adalah satu-satunya pengobatan katarak yang dianjurkan oleh dokter. Namun sebelum itu dilakukan, Anda juga bisa mencoba berbagai pengobatan katarak lainnya. Salah satu diantaranya cara mengatasi katarak secara alami dengan makanan sehat. Ya, beberapa jenis makanan dipercaya memiliki kandungan yang dipercaya mampu mengatasi penyakit katarak.

Cara mengatasi katarak secara alami dengan makanan sehat

Meski cara mengatasi katarak secara alami berikut diketahui hanya dapat meringankan gejala, namun tak ada salahnya jika Anda mencobanya terlebih dahulu. Dan berikut adalah berbagai cara mengatasi katarak secara alami dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat.

Wortel

Siapa yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini. Wortel sendiri bahkan banyak dikenal mastarakat lantaran kemampuannya untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut lantaran didalamnya mengandung vitamin A dan betakaroten yang mana sangat baikn untuk mengobati gangguan mata, tak terkecuali penyakit katarak

Bawang putih

Cara mengatasi katarak secara alami lainnya adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Meski agak terdengar aneh, namun mengonsumsi bawang putih secara mentah-mentah juga dipercaya dapat membantu mengurangi masalah katarak. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antioksidan dan antibiotik yang berguna untuk menyembuhkan penyakit. Adapun untuk cara mengatasi katarak dengan bawang putih, Anda bisa mengonsumsinya 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk mengurangi gejala katarak.

Kacang almond

Jenis kacang yang satu ini telah lama sebagai obat katarak herbal. Hal trsebut dikarenakan almond sendiri kaya akan asam lemak omega 3 dan senyawa organik kuat lainnya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan mencegah terjadinya peradangan didalam tubuh, termasuk dipercaya dapat menurunkan resiko katarak.

Teh hijau

Kandungan antioksidan didalam teh hijau di percaya mampu mengatasi mata katarak secara alami. Fitonutrien yang hadir dalam teh hijau juga cukup efektif dalam memperlambat terjadinya pandangan kabur. Teh hijau sendiri menetralisir radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif yang ada di depan mata. Konsumsi juga teh hijau secara teratur untuk menjaga mata Anda tetap muda dan sehat selama bertahun-tahun.

Pepaya

Kandungan papain pada pepaya memiliki efek positif bagi tubuh secara keseluruhan. Papain sendiri merupakan enzim yang dapat membantu mempercepat proses pencernaan protein. Bintik-bintik keruh pada lensa terbuat dari protein berlebih, sehingga Anda bisa menambahkan pepaya pada supan harian Anda agar bisa mengurangi gejala katarak.

Pisang

Didalam buah pisang terkandung enzim yang di percaya mampu mengatasi katarak. Kandungan ini memiliki dampak langsung pada pembentukan dan ketebalan katarak. Antioksidan pada pisang ini terbukti mampu memperbaiki kesehatan mata juga memperlembat kabut lensa yang dapat memicu katarak.dc

Brokoli

Cara mengobati katarak selanjutnya adalah dengan brokoli. Sayuran yang satu ini juga sangat menyehatkan mata. Brokoli sendiri mengandung beberapa zat yang penting untuk menghambat katarak dan menyembuhkannya secara alami. Adapun beberapa nutrisi tersebut diantaranya adalah betakaroten, zeaxanthin, vitamin A, fosfor, vitamin C, vitamin E dan vitamin B. Berbagai nutrisi penting ini juga mampu mencegah terjadinya keruksakan pada bagian makula hingga melindungi mata agar tidak terpapar radiasi. Konsumsi brokoli yang dimasak sebentar bisa menjaga nutrisi tersebut dan menjaga dari keruksakan.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat berbagai jenis makanan yang dipercaya efektif untuk mengatasi mata katarak. Diantaranya seperti paprika kuning, jus stoberi, buah kiwi, jus jambu merah, biji bunga matahari, kuning telur, ikan berlemak sehat seperti ikan salmon, minyak zaitun, kale, bayam dan lainnya. Untuk hasil yang maksimal, dampingi pula dengan mengonsumsi air putih yang cukup, mengatur gula darah dan juga menghindari stres berlebih. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *