Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dengan Cepat Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengatasi bibir pecah-pecah ternyata bisa dilakukan dengan mudah secara alami. Karena tak hanya mengganggu penampilan, kondisi yang sering kali dialami oleh banyak orang ini menyebabkan ketidaknyamanan. Seperti bibir yang yang terasa perih, sakit bahkan berdarah. Maka dari itu, simak selengkapnya cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan cepat dalam ulasan berikut ini.

cara mengatasi bibir pecah-pecah

Tak sedikit yang mengira bahwa bibir pecah-pecah hanya akan muncul pada saat musim panas atau kemarau saja. Padahal, bibir pecah-pecah sendiri bisa dialami kapanpun termasuk saat memasuki musim hujan. Hal tersebut dikarenakan bibir merupakan salah satu bagian tubuh dengan kondisi unik, apabila dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali dengan kelenjar minyak untuk menjaga kelembabapn. Sehingga paparan sinar matahari ataui kelembaban udara yang rendah bisa membuat bibir kering dengan mudah.

Adapun selain itu, penyebab bibir pecah-pecah kering juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Diantaranya seperti kurang gizi, iritasi hingga efek samping obat-obatan. Dan kondisi ini akan semakin memburuk pada saat Anda tidak melakukan perawatan pada bibir dengan baik. Adapun selain kering, gejala bibir pecah-pecah lainnya adalah mengelupas, muncul sisik pada bibir, bengkak, terdapat luka bahkan jika sudah parah dapat berdarah.

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan cepat secara alami

Selain cara memerahkan bibir, cara mengatasi bibir pecah-pecah terlebih seperti sedang musim kemarau seperti juga banyak di cari. Dan jika Anda kini tengah mengalami bibir pecah-pecah, berikut adalah berbagai tips alami bagaimana cara menghilangkan bibir pecah-pecah dengan cepat.

1. Dengan madu

Cara mengatasi bibir kering dengan madu bisa menjadi alternatif pertama yang bisa Anda lakukan. Madu sendiri diketahui mengandung protein yang cukup tinggi, dimana mampu memnuhi kebutuhan bibir. Untuk caranya, Anda cukup dengan mengambil beberapa tetes madu dan oleskan secara merata pada permukaan bibir sambil di pijat secara perlahan. Lakukan secara teratur, maka permukaan bibir Anda akan menjadi lebih lembut dan tidak pecah-pecah lagi.

2. Menggunakan mentimun

Kandungan air juga vitamin C yang cukup melimpah dalam mentimun juga diyakini mampu mengatasi bibir pecah-pecah. Anda cukup mengambil beberapa iris mentimun dan letakan pada seluruh permukaan bibir sembari ditekan secara perlahan. Lakukan hal ini secara teratur dalam beberapa kali sehari agar manfaatnya maksimal. Sehingga bibuir Anda akan terbebas dari kondisi kering dan juga pecah-pecah.

3. Menggunakan masker tomat

Buah tomat diketahui kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan likopen yang mana diketahui sangat baik untuk kesehatan bibir. Adapun untuk caranya, Anda bisa mengoleskan irisan tomat segear secaera merata pada bibir. Tak hanya dapat membuat bibir kembali menjadi sehat, buah tomat juga akan membuat bibir Anda akan tampak lebih menarik dengan warna alami dari buah tomat.

4. Hindari kebiasaan menggigit atau menjilat bibir

Tak sedikit orang yang tengah mengalami bibir kering atau pecah-pecah, memiliki kebiasaan menggigit dan menjilat bibir. Kebiasaan ini sejatinya tidak di benarkan, lantaran justru berpotensi membuat bibir menjadi semakin kering. Untuk itu, mulai dari sekarang, kurangi kebiasaan Anda untuk menjilat bibir ya.

5. Konsumsi air putih yang cukup

Cara mengatasi bibir pecah-pecah lainnya adalah dengan mengonsumsi cukup air putih. Krena salah satu penyebab terjadinya bibir pecah-pecah dan kering sendiri adalah dehidrtasi. Untuk itu, membiasakan mengonsumsi air putih yang cukup yakni 8 gelas sehari mampu membuat kulit bibir lebih lembut secara alami.

6. Memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur

Makanan sehat seperti buah dan sayur diketahui mengandung vitamin C, yang mana mampu membantu Anda mengatasi bibir pecah-pecah hingga mengelupas sekalipun. Adapun berbagai jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin C tinggi dan dipercaya mampu mengatasi kondisi ini adalah apel, jeruk, pepaya, brokoli, kubis dan kembang kol.

Nah itulah berbagai cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan cepat secara alami. Selain itu, untuk selama proses pemulihan, sebaiknya Anda tidak terlebih dahulu menggunakan lipstik berjenis mat. Dan sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan lip balm atau patroleum jelly untuk melembabkan bibir Anda. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Dan tentunya menambah wawasan baru bagi Anda didunia kesehatan dan kecantikan secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *