Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mengatasi bau mulut berlebih akibat gigi berlubang atau penyebab lainnya bisa dilakukan dengan cepat hanya dengan bahan alami alami lho. Nah, untuk itu hilangkan ketidakpercayaan diri kalian akibat bau mulut dengan menyimak ulasan mengenai cara mengatasi bau mulut secara alami alami berikut.

cara mengatasi bau mulut

Batu mulut atau yang dalam istilh medisnya disebut dengan halitosis adalah kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja termasuk pada anak-anak. Jarang menggosok atau tidak terjaganya kebersihan mulut dan gigi bisa menjadi penyebab bau mulut yang sering terjadi. Dan jika kondisi tersebut dibiarkan, maka bakteri penyebab pemicu bau mulut akan terus berkembang biak dan bertambah banyak. Hingga pada akhirnya akan terbentuk plak gigi.

Dan pada saat kondisi tersebut terjadi, maka bau yang muncul akan semakin parah. Selain dari pada itu, masih banyak lagi pemicu bau mulut. Mulai dari mulut kering, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, adanya infeksi atau peradangan pada hidung, rongga sinus atau tenggorokan. Selain itu, masalah kesehatan lainnya seperti penyakit asam lambung, gangguan hati, ginjal bahkan kanker mulut bisa menjadi pemicu aroma tak sedap dari mulut.

Cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut ialah menggosok gigi serta menggunakan benang gigi guna membersihkan sisa-sisa makanan penyebab bau mulut. Dan karena bau mulut juga bisa dipicu oleh mulut kering, maka Anda juga dianjurkan untuk memperb anyak minum air putih, minimal 8 gelas perhari. Disamping itu, ada juga beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Diantaranya seperti:

1. Susu

Apabila Anda kini telah mengonsumsi makanan yang memiliki aroma menyengat, seperti halnya bawang putih dan bawang merah, maka segeralah minum susu setelahnya. Bahkan penelitian menunjukkan, bahwasannya kandungan dalam susu mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan berbau menyengat.

Selain susu, berbagai produk olahan susu juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan bau mulut. Seperti halnya yogurt dengan kandungan probiotiknya yang mampu membantu mengurangi jumlah bakteri pemicu bau mulut.

2. Teh hijau

Bahan alami yang satu ini juga diketahui mengandung sifat antibakteri serta antioksidan yang terbukti mampu meredakan peradangan. Dan untuk kabar baiknya, green tea atau teh hijau juga ternyata ampuh untuk mengatasi masalah bau kulut. Adapun untuk memperkaya citarasa teh hijau, maka cobalah untuk menambahkan daun mint ke dalamnya. Sama halnya denga teh hijau, daun mint juga cukup efektif untuk membasmi bau mulut.

3. Daun sirih

Tumbuhan obat herbal yang satu ini kerap dijadikan sebagai bahan alami dalam pengobatan tradisional. Umumnya, daun ini banyak digunakan dengan cara di kunyah. Adapun menurut beberapa penelitian, manfaat daun sirih memiliki efek antibakteri serta antiradang yang mana bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk mampu membasmi bau mulut.

4. Akar manis

Lirorice tau akar manis adalah satu jenis obat herbal yang sering digunakan untuk mengatasi gatal-gatal, peradangan kulit hingga sakit ulu hati. Tak cukup sampai disitu, kandungan antibakteri yang terdapat didalamnya juga dipercaya mampu menghilangkan bau mulut, meredakan sariawan hingga mencegah keruksakan pada gigi dan gusi.

Adapun ekstrak akar manis sendiri bisa Anda temukan pada berbagai prosuk obat herbal, baik dalam bentuk kemasan gel, tablet ataupun obat kumur yang tersedia di toko obat terdekat. Meski bahan ini telah cukup lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, guna menentukan seberapa besar efektivitas khasiat dari bahan alami yang satu ini.

5. Daun saga

Dalam sebuah studi menunjukkan, bahwasannya daun saga mengandung senyawa antibakteri yang mana dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut serta keruksakan gigi juga gusi. Tak hanya itu, daun saga juga dipercaya mam[u mengurangi peradangan pada mulut dan gusi, sehingga mampu mengatasi bau mulut serta sariawan. Hanya saja hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Jeruk

Tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, jeruk juga kaya akan vitamin C yang mana memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi air liur. Dan dengan menin gkatnya air liur, maka bakteri penyebab mau mulut bisa dibuang dari mulut. Bahkan penelitian menunjukkan, bahwa vitamin C memiliki manfaat untuk mencegah radang gusi serta sariawan.

Nah itulah berbagai cara mengatasi bau mulut dengan cepat dan permanen menggunakan bahan alami. Adapun apabila beberapa diatas belum cukup efektif untuk mengatasi masalah bau mulut Anda, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *