Cara Mencegah Glaukoma Yang Mudah Dilakukan Sejak Dini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mencegah glaukoma yang mudah bisa Anda lakukan sejak dini. Ya, meski bukan penyakit mematikan, namun gangguan mata ini hingga kini belum terdapat metode penyembuhannya yang akurat. Bahkan tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka resiko kebutaan bisa menjadi ancaman padai penderitanya. Adapun mengetahui informasi seputar pencegahan glaukoma sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

cara mencegah glaukoma

Galukoma merupakan salah satu gangguan mata yang ditandai dengan tingginya tekanan pada bola mata yang akhirnya menyebabkan keruksakan. Karena itu, tak sedikit dari pada penderita glaukoma banyak yang merasa lebih depresi, ketika mendapatkan diagnosis. Bahkan terkadang gejala glaukoma tidak muncul pada tahap awal yang mengakibatkan keterlambatan penanganan. Tingkat keparahan galukoma sendiri akan berjalan secara bertahap dalam waktu yang pelan hingga cepat. Hal tersebut tergantung dari pada tekanan yang terjadi pada lensa mata.

Dan berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar du Dunia setelah katarak. Adapun di Indonesia sendiri, data yang didapat oleh KEMENKES RI, prevelansi penderita glaukoma mencapai4,6 perseribu penduduk (2007). Maka dari itu, pencegahan glaukoma perlu diupayakan sejak dini dan semaksimal mungkin untuk menghindari terjadinya resiko yang lebih parah dan tentunya sangat tidak diharapkan.

Cara mencegah glaukoma yang mudah dan perlu dilakukan sejak dini

Ingatkah Anda terhadap suatu peribasa yang mengatakan bahwasannya mencegah lebih baik daripada mengobati? Dan ya, terdapat beberapa upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan agar bisa terhindar dari pada penyakit glaukoma. Dan berikut adalah berbagai langkah alami dan mudah yang bisa Anda lakukan sejak dini.

Melindungi mata

Cara mencegah glaukoma pertama yang bisa Anda lakukan Anda membiasakan diri untuk melindungi mata, terlebih pada saat melakukan olahraga tau melakukan pekerjaan yang bia meningkatkan resiko cedera mata. Anda bisa menggunakan kaca mata khusus yang memang bisa melindungi area mata agar tidak terkena zat aasing ataupun tekanan secara berlebih. Meski pada awalnya mungkin Anda akan merasakan ketidaknyamanan, namun hal ini sangat perlu dilakukan.

Olahraga teratur

Melakukan berbagai jenis ooahraga ternyata dapat membantu menurunkan resiko tekanan pada mata secara berlebihan. Terlebih bagi Anda yang setiap harinya bekerja di depan komputer. Latihan fisik atau olahraga juga mampu melindungi tubuh dari ancaman penyakit glaukoma lantaran kondisi metabolisme tubuh yang buruk seperti halnya tekanan darah tinggi ataupun diabetes.

Menghindari makanan yang mengandung lemak trans

Kebiasaan merupa sering kali mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak trans juga bisa membuat kesehatan mata Anda beresiko tinggi terkena glaukoma. Lemak akan membuat lensa mata menjadi lebih buruk terlebih jenis lemak yang didapatkan dengan cara dibakar atau di goreng. Karena itulah, hindari semua jenis makanan yang mengandung lemak dan makanlah dengan jumlah yang terbatas saja.

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur

Cara mencegah glaukoma yang satu ini juga sebaiknya mulai Anda lakukan sejak dini. Meski glaukoma biasa terjadi pada usia diatas 42 tahun, namun pada beberapa kasusu justru anak muda juga bisa terserang glaukoma. Maka dari itu, pemeriksaan secara teratur sebaiknya dilakukan secara teratur guna mengantisipasi terjadinya sejak awal. Terlebih bagi orrang yang memiliki riwayat glaukoma dalam keluarga mesti melakukan pemeriksaan secara teratur.

Hindari stres

Tahukah Anda? ternyata stres juga dapat berprngaruh terhadap kesehatan mata Anda. Stres bisa membuat tekanan lensa mata jauh lebih kuat dan besar. Dan sebagai akibatnya, lensa dan retina mata tidak mampu bekerja dengan baik. Tekanan mata juga bisa terjadi dan menyebabkan glaukoma. Jika Anda kini tengah mengalami stres, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan yoga, olahraga ataupun relaksasi.

Mengurangi karbohidrat dan gula

Cara lainnya untuk pencegah glaukoma adalah mengurangi semua jenis asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi. Kedua jenis makanan tersebut memiliki peranan pentng dalam meningkatkan kadar gula dalam darah, yang menyebabkan kebutuhan insulin menjadi tinggi. Apabila kondisi ini terus terjadi, maka bisa menyebabkan diates. Dan salah satu bahaya dan komplikasi diabetes bisa membuat kesehatan mata menurun lantaran meningkatkan penumpukan kadar gula dalam lensa mata.

Mengonsumsi makanan yang menyehatkan mata

Berbagai jenis nutrisi untuk mata tentu penting untuk dikonsumsi. Terutama hal ini bertujuan untuk menghindari semua jenis penyakit mata termasuk glaukoma. Adapun berbagai makanan yang direkomendasikan ahli sebagai cara mencegah glaujkoma diantaranya seperti ikan salmon, bayam, wortel, ubi jalar, alpukat, kenari, brokoli dan masih banyak lagi yang lainnya.

Membuat mata santai

Terlalu lama menatap layar komputer, gadget hingga menyetir dapat membuat mata menjadi sangat lelah. Dan ketika mata lelah, maka tekanan pada lensa akan terus dipaksa agar mendapatkan fokus maksimal. Dan jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, maka dikhawatirkan dapat memicu gangguan mata tak terkecuali glaukoma. Maka dar itu, mulai dari sekarang cobalah untuk membuat mata menjadi lebih santai sesering mungkin. Beberapa caranya bisa dengan membuat mata lebih sering berkedip, membersihkan mata dengan air dingin, luangkan waktu setiap 5 mnit sekali untuk tidak menapat komputer (jika bekerja didepan komputer), meerapkan iriasan mentimun diatas kelopak mata, mengatir layar komputer dengan jarak sekitar 30 cm dari mata, menggunakan pelindung layar antiradiasi dan lainnya.

Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah pada dasarnya sangat penting untuk melindungi mata dari tekanan pada lensa yang berlebihan. Tekanan lensa inilah yang akan menyebabkan glaukoma dan umumnya memang jarang disadari. Maka dari itu, Hal penting yang harus Anda lakukan adalah memiliki pola kebiasaan makan yang baik. Sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek, gula berlebihan serta biji-bijian. Adapun makanan yang harus Anda konsumsi dalam jumlah terbatasguna menjaga kadar gula darah tetap normal adalah nasi, pasta, sereal, kentang dan roti putih.

Nah itulah berbagai cara mencegah glaukoma secara alami yang mudah dilakukan sejak dini secara alami. Adapun jika Anda kini telah mengalami penyakit galukoma, Anda jangan putus Asa terlebih dahulu. Karena selain operasi, masih banyak teknik pengobatan serta alternetif yang dipercaya mampu mengatasi penyakit glaukoma. Salah satu diantaranya adalah dengan mengonsumsi Obat Glaukoma Herbal. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat. Dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *