Cara Mencegah Asma Agar Tidak Mudah Kambuh Yang Paling Efektif

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara mencegah asma agar tidak mudah kambuh terutama di musim dingin dan malam hari, ternyata bisa dilakukan dengan mudah lho. Ya, dalam beberapa cara pencegahan ini penderita asma dituntut untuk melakukan pola hidup sehat dan menghindari beberapa penyebab asma kambuh. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda jangan lewatkan untuk menyimak ulasan singkat berikut ini.

cara mencegah asma

Asma merupakan salah satu gangguan pernapasan yang tak asing lagi di masyarakat. Kondisi ini tak lain dipicu akibat saluran udara yang menyempit dalam tenggorokan, sehingga mengakibatkan pembengkakan dan menghasilkan lendir tambahan. Dan sebagai dampaknya tak jarang poenderita asma mengalami sesak napas, kesulitan bernapas, memicu batuk dan timbulnya mengi.

Cara Mencegah asma agar tidak mudah kambuh yang paling efektif

Asma sendiri bisa kambuh kapan dan dimana saja. Anda juga tak akan bisa mengatahui kapan asma akan muncul. Tidak hanya membuat penderitanya kalang kabut, asma yang kambuh secara tiba-tiba juga dapat membuat cemas orang lain yang berada di sekeliling Anda. Namun tenanglah daulu, Anda bisa mencegah asma kambuh dengan beberapa cara berikut

1. Gunakan peak flow meter

Ini merupakan suatu alat yang digunakan untuk melihat pergerakan paru-paru. Alat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi dari para ahli untuk mengendalikan asma. Alat ini bisa di gunakan dengan mudah di rumah. Cukup dengan menghirup napas seperti biasa kemudian hembuskan ke dalam rongga alat ini. Semakin tinggi angka yang keluar dari peal flow meter, artinya semakin bagus skor fungsi pernapasan Anda terkait jumlah aliran udara dalam saluran napas.

Pada saat untuk pertama alinya Anda terdiagnosis menderita asma, dokter akan meminta Anda untuk menggunakan alat ini setiap hari selama 2-3 minggu. Dan tak sedikit juga rencana tindakan asma di buat berdasarkan dari peak flow meter Anda. Dan dengan bacaan peak flow tersebut Anda bisa mengetahui tindakan apa yang harus Anda lakukan.

2. Biasakan bernapas lewat hidung

Saat Anda melakukan aktifitas berat seperti olahraga, tanpa sadar Anda mungkin akan menarik atau membuang napas lewat mulut. Namun ternyata cara ini bisa membuat asma menjadi kambuh. Mulut sendiri tidak memiliki rambut seperti halnya hidung yang dapat melembabkan udara yang masuk. Udara dingin yang masuk ke juga akan memicuu terjadinya penyempitan saluran napas sehingga Anda akan sulit bernapas dengan baik. Dan membiasakan bernapas melalui hidung, Anda akan tetap menjaga udara terhirup tetap hangat dan lemababa sehingga Anda bisa mencegah terjadinya asma.

3. Menghindari pemicu asma

Ada banyak hal yang bisa memicu asma kambuh. Dan oleh karena itupenting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu asma kambuh agar Anda bisa menghindarinya. Pada dasarnya penderita asma sebaiknya menghindari asap rokok, debu, asap bahan kimia, serbuk kayu juga serbuk sari yang melekat di pepohonan. Karena jika beberapa hal tersebut berhasil terhirup hingga paru-paru, maka hal tersebut bisa memicu kambuhnya asma.

4. Rutin mengonsumsi obat sesuai resep

Anda juga sebaiknya membawa inhaler atau obat-obatan Anda setiap akan ke luar rumah. Hal ini berjaga-jaga untuk mengatasi asma jika kambuh, mengingat kekambuhan penyakit ini bisa terjadi kapan saja. Selain dari pada itu, usahakan rutin mengonsumsi obat untuk mengontrol asma dan juga jangan menghentikan dosisnya tanpa sepengetahuan dokter.

5. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Pastikan juga Anda senantiasa menjaga kebersihan tempat tidur juga peralatan yang Anda gunakan. Seperti halnya selimut, bantal, kasur dan lain sebagainya. Terlebih sprei, dimana bagian ini umumnya sering kali dijadikan media tempat bersarangnya tungau yang bisa menjadi pemicu asma kambuh. Untuk itu, biasakan pula untuk rutin menggantui atau mencuci perlengkapan tidur minimal 1 minggu sekali. Tentunya hal ini bertujuan untuk mengurangi kelembaban dan mengurangi resiko jamur berkembang biak.

6. Hindari kebiasaan merokok

Tahukah Anda? asap rokok ternyata merupakan musuh utama bagi penderita asma. Hal tersebut dikarenakan asap rokok yang timbul dari sulutan api tersebut bisa memicu gangguan asma timbul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjauhi asap rokok dan juga tidak merokok. Meski hal tersebut cukup sulit, tapi tidak ada salahnya untuk berusaha agar serangan asma Anda tidak kambuh.

7. Hindari stres

Emosi juga rasa panik yang cukup intens sering kali memperburuk gejala asma yang di rasakan. Maka dari itu, bago para penderita asma, hal ini sebaiknya di hindari agar asma tidak kambuh. Dan untuk menghindari stres Anda sebaiknya tidak terlalu banyak perfikir, menghentikan sejenak pekerjaan Anda yang membuat Anda jenuh, refreshing, menyalurkan hobi dan beberapa hal lainnya yang bisa membuat rasa khawatir Anda menjadi hilang.

Nah itulah berbagai cara mencegah asma agar tidak mudah kambuh yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya Anda realisasikan dalam kehidupan Anda sehari-hari sehingga serangan Asma bisa Anda cegah kekambuhannya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada saat ini bermanfaat bagi Anda. Apabila Asma kambuh dalam kondisi kronis, sebaiknya segera hubungi dokter atau segera konsumsi obat asma herbal sekarang juga. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *