Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Yang Benar Dan Ini Beragam Manfaatnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Cara eksfoliasi kulit wajah yang benar sejatinya belum banyak diketahui oleh kalangan para millenial yang sering melakukannya. Padahal terdapat sejumlah manfaat yang dapat di rasakan apabila perawatan ini dilakukan dengan baik. Lalu, apa itu eksfoliasi kulit? dan bagaimana cara melakukannya yang baik dan aman? Sebaiknya simak informasi berikut ini.

cara eksfoliasi kulit

Pada dasarnya, sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara rutin akan menumpuk dan membuat kulit menjadi kusam bahkan berjerawat. Maka dari itu, Anda perlu melakukan perawatan yang dapat membantu Anda mengangkat sel kulit mati. Adapun salah satu caranya yakni dengan melakukan eksfoliasi kulit.

Ya, eksfoliasi kulit ialah suatu cara mengangkat dan mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Perawatan ini dapat dilakukan di rumah hingga klinik kecantikan. Semua orang dengan semua jenis kulit perlu melakukan perawatan ini. Bahkan sejak usia remaja sudah diperbolehkan untuk melakukan perawatan kulit ini. Hanya saja, tentu harus disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan dan jenis kulit masing-masing.

Sejatinya, eksfoliasi kulit dapat dilakukan dengan dua cara. Yakni secara mekanik dan kimiawi. Dan kedua cara ini sam-sama aman dilakukan apabila digunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit masing-masing. Untuk eksfoliasi mekanik sendiri biasanya dilakukan dengan menggunakan scrub, serat microfiber, sikat halus, kristal gula atau garam dan sponge. Selainndapat dilakukan sendiri, cara ekfoliasi ini dapat dilakukan oleh dokter dengan tindakan dermalplaning atau mikrodermabrasi.

Sedangkan untuk eksfoliasi kimiawi yakni mengandalkan bahan-bahan yang bersifat asam. Diantaranya seperti alpa hidroxy acid (AHA), beta gidroxy acid (BHA)lanctid acid, citrus acid dan lainnya. Cara eksfoliasi yang satu ini tak jarang menyebabkan pengelupasan ringan hingga sedang tergantung dengan konsentrasi zat yang digunakan. Selain itu, cara ini juga dapat mempercapat siklus pergantian sel-sel kulit dan melepas sumbatan pada pori-pori

Cara eksfoliasi kulit wajah dengan benar

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang juga memerlukan perawatan eksfoliasi. Adapun salah satu cara paling mudah yang dapat didalakukan adalah dengan mengaplikasikan face scrub dengan produk yang beredar di pasaran maunpun alami. Hanya saja akibat ambisi menginginkan kulit bersih, terkadang Anda terlalalu sering scrubbing hingga over exfoliating.

Namun bukannya bersih, hal tersebut malah membuat wajah Anda menjadi kemerahan, kering, iritasi hingga terasa terbakar. Adapun cara eksfoliasi wajah yang benar adalah sebagai berikut:

  • Mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Hal ini sangat penting lantaran jenis kulit yang berbeda, maka cara eksfoliasi kulit wajah juga akan berbeda.
  • Menggunakan skincare dengan landungan satu jenis eksfoliator saja. Dan apabila produk yang Anda gunakan tidak memberikan efek buruk ke kulit wajah, maka ada baiknya tidak perlu gonta ganti prosuk lagi.
  • Ada baiknya gunakan scrub atau eksfoliator kimia secara berkala dua kali dalam seminggu bagi Anda yang memiliki kulit normal.
  • Tidak menggunakan eksfoliasi mekanik yang terlalu kuat atau kasar lantaran bisa menimbulkan iritasi.
  • Tidak over-exfoliate untuk kulit berminyak. Karena hal tersebut dapat menyebabkan prosuksi minyak di kulit semakin banyak. Sedangkan jika Anda memiliki jenis kulit kering, maka pilihlah bahan eksfoliasi yang ringan dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya.
  • Sebaiknya hati-hati saat mengeringkan wajah. Gunakan handuk dan kain yang lembut sehingga dapat membantu melembutkan dan menghindarkan kulit wajah dari iritasi.
  • Saat mencuicui wajah gunakan sabun pembersih yang lembut dan tidak berbusa. Hal tersebut karena ebih aman untuk kulit agar terhindar dari iritasi setelah melakukan eksfoliasi.

Apa saja manfaat eksfolasi kulit untuk wajah?

Terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah melakukan eksfolasi kulit maupun wajah yang benar, Diantaranya:

  • Memperbaiki warna dan tekstur kulit.
  • Merangsang sel-sel baru tumbuh
  • Mengoptimalkan kinerja bahan aktiof pada produk skincare agar lebih meresap ke dalam kulit
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Dan masih banyak lagi.

Nah itulah cara eksfoliasi kulit wajah yang benar dan berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan. Semoa apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *