Biaya Operasi Usus Buntu Terbaru Tahun 2018 √ Cek Disini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Biaya operasi usus buntu di sejumlah rumah sakit yang tersebar di beberapa kota di Indonesia cukup bervariasi. Hal ini tergantung dari rumah sakit, kelas ruang perawatan hingga teknik yang digunakan. Lalu, berapa tarif biaya operasi usus buntu pada saat ini? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak dalam penjelasan di bawah ini.

biaya operasi usus buntu

Operasi usus buntu (apendektomi) merupakan operasi atau proses pembedahan untuk mengangkat usus buntu. Tindakan ini dianggap sangat tepat dilakukan apabila radang usus buntu (apendiditis) yang telah di derita oleh pasien terbilang kronis dengan gejala yang ditimbulkan cukup parah. Sehingga jika tidak segera dilakukan pengangkatan maka dapat berakibat fatal bagi pasien.

Penyakit usus buntu bukanlah penyakit yang asing lagi bagi sebagian orang. Adapun secara medis, usus buntu adalah suatu kondisi dimana telah terjadinya peradangan dan juga pembengkakan pada organ usus buntu (apendiks). Organ apendiks ini sendiri merupakan salah satu bagian dari usus yang terbentuk menyerupai kantung kecil yang terhubung ke usus besar.

Dan patut untuk Anda ketahui, jika kondisi ini tidak segera diatasi maka dapat memperparah hingga menimbulkan komplikasi pada penderitanya. Adapun salah satu pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah meja operasi. Akan tetapi, beberapa penderita selalu terbebani dengan biaya operasi usus buntu itu sendiri karena masalah finansial. Sehingga tak sedikit dari pada mereka yang yang lebih memilih untuk menunda bahkan tidak melakukan tindakan operasi tersebut.

Berapa biaya operasi usus buntu terbaru tahun 2018?

Seperti yang telah kami janjikan diatas kami akan menginformasikan total biaya operasi usus buntu. Adapun di Indonesia sendiri, biaya operasi untuk usus buntu bervariasi. Mulai dari Rp. 6.000.000 hingga lebih dari Rp. 45.000.000.  Selain rumah sakit dan kelas ruang perawatan, teknik pembedahan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi biaya. Seperti biaya operasi usus buntu dengan laparoskopi akan berbeda dengan biaya operasi untuk usus buntuk dengan teknik lainnya.

Estimasi dan kisaran biaya operai usus buntu di beberapa rumah sakit terbaik di Indonesia

Nama Rumah Sakit Lokasi Biaya Mulai Dari
Rumah Sakit Mitra Sejati Medan Medan Rp. 6.050.000
SamMarie Wijaya Kebayoran Baru, Jakarta Rp. 10.000.000
Siloam Hospitals Asri Mampang Pancoran, Jakarta Rp. 14.669.000
Siloam Hospitals Lippo Village Kelapa dua, Tanggerang Rp. 20.000.000
Rumah Sakit Premier Bintaro Pondok aren, Tanggerang Rp. 20.947.500
Rumah Sakit Premier Jatinegara Jatinegara, Jakarta Rp. 30.000.000
Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Kalimalang, Bekasi Rp. 8.000.000

* Daftar biaya operasi usus buntu pada anak maupun dewasa (tanpa BPJS) di atas, kami kutip langsung dari situs rumah sakit yang bersangkutan, serta dari berbagai sumber media internet terpercaya.

Sedikit mengetahui kesiapan hingga perawatan sebelum dan sesudah operasi usus buntu

Sama seperti pada jenis operasi lainnya, pasien akan dijelaskan mengenai operasi usus buntu dan juga akan diminta untuk menandatangani persetujuan operasi (informed consent). Sampaikan juga pada dokter apabila Anda tengah mengonsumsi jenis obat-obatan dan vitamin, serta riwayat kesehatan atau Anda sedang hamil. Selain itu, Anda juga akan menjalani sejumlah pemeriksaan untuk memastikan kesehatan guna persiapan untuk operasi. Jika dinyatakan kondisi siap, maka selanjutnya dokter akan meminta Anda untuk berpuasa (tidak minum dan makan).

Adapun pada saat Anda akan menjalani operasi, Anda akan di tempatkan di meja operasi dengan posisi terlentang. Kemudian Anda akan dibius dan dipasang selang napas untuk di sambungkan ke mesin napas. Operasi dimulai dengan membuka sisi kanan bawah perut agar bisa menjangkau dan juga memotong usus buntu. Akan tetapi, jika usus telah pecah, maka rongga perut perlu di bersihkan terlebih dahulu dengan cairan garam (saline). Setelah itu, luka akibat bedah kemudian akan ditutup dengan jahitan yang dan kemudian di balut dengan perban yang steril.

biaya operasi usus buntu

Adapun selain itu, terdapat metode operasi lain yakni dengan laparoskopi atau operasi lubang kunci. Dengan metode ini, dokter bedah hanya akan membuat beberapa sayatan kecil sebesar lubang kunci pada perut Anda. Hal tersebut guna memasukkan alat berkamera untuk menjadi pedoman dokter guna mengikat, memotong dan mengeluarkan usus buntu. Adapun metode operasi ini diketahui memiliki resiko yang lebih kecil dan pemulihan yang singkat.

Setelah operasi selesai, biasanya akan merasakan nyeri pada daerah yang dioperasi untuk beberapa hari. Anda juga di perbolehkan untuk makan dan minum beberapa jam setelah operasi, namun secara bertahap. Sedangkan untuk lamanya menjalani rawat inap, itu tergantung komplikasi yang muncul. Aktivitas normal bisa dilakukan dalam beberapa hari setelah operasi. Hanya saja untuk penyembuhan total membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu.

Apakah terdapat resiko yang terjadi setelah operasi usus buntu?

Pada dasarnya, baik operasi bedah umum ataupun dengan metode laparoskopi memiliki resiko yang rendak untuk menimbulkan komplikasi. Apabila mamang benar terjadi, berikut beberapa resiko yang mungkin terjadi setelah menjadi operasi usus buntu:

  • Pendarahan
  • Infeksi luka operasi
  • Peritonitis
  • Cedera organ di sekitarnya
  • Penyumbatan usus besar

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar biaya operasi usus buntu terbaru tahun 2018. Setelah Anda mengetahui, kini Anda mulai bisa memilih dan memilah rumah sakit juga teknik operasi yang sesuai dengan budet Anda. Selain operasi, kini juga telah haris pengobatan alternatif yang dapat membantu penyembuhan penyakit usus buntu tanpa operasi. Yakni dengan herbal QnC Jelly Gamat. Informasi selengkapnya Klik Disini. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

berkahwalatra.comSMS
berkahwalatra.comWhatsApp
berkahwalatra.com