Kisaran Biaya Operasi Hernia (Turun Berok) Di Beberapa Rumah Sakit

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Biaya operasi hernia pada anak maupun dewasa di beberapa Rumah Sakit mungkin akan sedikit berbeda. Terutama bagi pasien yang memiliki BPJS. Hal tersebut biasanya di pengaruhi oleh jenis tindak penanganan dan juga kebijakan pihak Rumah Sakit itu sendiri. Nah jika Anda Anda ingin mengetahui kisaran biaya operasi hernia terbaru pada sat ini sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

biaya operasi hernia

Operasi hernia atau turun berok adalah tindakan operasi yang dilakukan untuk mengatasi hernia, yakni dengan memperkuat organ perut tempat organ dalam menonjol. Tidak semua orang yang mengalami penyakit turun berok ini perlu di operasi. Namun, penyakit ini diketahui tak akan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan operasi. Bahkan jika masalah hernia ini membesar dan menyebabkan nyeri, maka operasi harus segera dilakukan.

Hernia sendiri lebih umum dialami pada bayi dan juga anak-anak. Meski begitu, orang dewasa juga tetap memiliki resiko dapat mengalami kondisi ini. Semua jenis hernia pada dasarnya disebabkan oleh tekanan dan kelamahan otot. Dan apapun yang memicu peningkatan tekanan di perut dapat mengakibatkan hernia. Diantaranya seperti mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot perut, diare atau sembelit, batuk secara terus menerus atau bersin, kehamilan dan lainnya.

Apabila hernia tidak segera diatasi, maka kondisi ini akan semakin membesar juga menekan jaringan atau organ yang ada di sekitarnya. Bahkan jika tidak segera diatasi, maka dapat memicu munculnya beberapa komplikasi yang lebih berbahaya. Untuk itu, jika Anda mendapati adanya beberapa gejala hernia, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dan apabila memang dokter menyarankan untuk segera dilakukan tindakan operasi, maka Anda bisa langsung dengan bijak untuk segera mempertimbangkannya.

Berapa kisaran biaya operasi hernia?

Mungkin salah satu kendala yang sering kali dihadapi oleh keluarga penderita hernia adalah biaya operasi hernia itu sendiri yang kemungkinan lumayan tinggi. Karena tidak setiap orang memiliki uang yang berlimpah. Dan tenang saja, sekarang kini telah banyak beberapa program layanan kesehatan yang dapat meringankan biaya pengobatan. Misalnya BPJS dan lainnya. Adapun Adapun kisaran biaya operasi hernia di sejumlah rumah sakit swasta yang berada di sekitar Jakarta dan Tanggerang menawarkan tarif mulai dari Rp. 12.000.000 hingga lebih dari Rp. 24.000.000 tanpa disertai BPJS.

Berikut adalah beberapa kisaran biaya operasi hernia atau turun berok di sejumlah Rumah Sakit di beberapa wilayah di Indonesia:

Nama Rumah SakitBiaya Mulai dari
RS. Yadika Pondok Bambu (Duren Sawit, Jakarta)Rp. 2.152.500
RS. Premier Surabaya (Sukolilo, Surabaya)Rp. 5.200.000
MRCC Siloam Hospitals Semanggi (Jakarta)Rp. 18.000.000
Siloam Hospital TB Simatupang (Jakarta)Rp. 16.000.000
RS. Pertamina Cirebon (Cirebon)Rp. 9.500.000
SamMarie Wijaya (Kebayoran Baru, Jakarta)Rp. 12.000.000
RS. Premier Bintaro (pondok Aren, Tanggerang)Rp. 20.000.000
RS. Medirossa Cikarang (Cikarang Selatan)Rp. 6.000.000

*Data tersebut kami dapatkan langsung dari pihak Rumah Sakit terkait dan dari beberapa sumber informasi terpercaya

Pada proses operasi hernia sendiri, biasanya pasien akan dibius terlebih dahulu. Dan setelah itu, barulah dokter akan memberikan sayatan pada dinding perut bagian atas area hernia. Dan kemudian mendorong hernia masuk ke dalam rongga perut. Dan pada saat itu juga dokter akan memperkuat dinding perut bagian dalam tempat hernia menonjol dengan jahitan.

Apabila lubang hernia cukup besar, maka dokter selanjutnya akan menggunakan jaring sensitetis (mesh) guna menutup dan memperkuat jaring tersebut. Sehingga hernia tidak akan muncul kembali. Dan proses ini akan diakhiri dengan menutup sayatan operasi. Proses pemulihan hernia sendiri dapat berlangsung selama 3 hingga 6 minggu.

Mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah menjalani operasi hernia

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan sebelum melakukan proses operasi hernia. Diantaranya seperti:

  • Beri tahu dokter mengenai riwayat kesehatan dan pengobatan yang sedang Anda jalani
  • Lakukan beberapa pemeriksakan sebelum operasi
  • Ajak keluarga untuk mendampingi selama dan setelah operasi.
  • Berhentilah merokok sebelum beberapa hari melakukan operasi
  • Berhenti mengonsumsi obat pengencer darah selama beberapa hari sebelum tindakan.

Sedangkan selama masa pemulihan, Anda disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut:

  • Tidak melakukan aktivitas yang berat 6 minggu pasca operasi.
  • Hindari melakukan hungan seksual hingga 3 minggu setelah operasi.
  • Memperbanyak beristirahat.
  • Apabila bekas sayatan operasi membengkak, maka segera kompres dengan kantung es.
  • Segera hububngi dokter apabila mengalami demam atau pendarahan.

Apakah ada efek samping dan kompikasi setelah melakukan operasi hernia?

Pada dasarnya operasi hernia atau turun berok aman dan jarang sekali menimbulkan komplikasi. Hanya komplikasi dapat terjadi apabila Anda memiliki alergi dengan obat bius. Selain itu, komplikasi lainnya yang kemungkinan dapat terjadi adalah nyeri, infeksi dan pendarahan pada bekas operasi, keruksakan pada organ perut dalam, gangguan pada organ reproduksi pria dan hernia bisa kambuh kembali.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait kisaran biaya operasi hernia atau turun berok di sejumlah sakit di Indonesia. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali dapat menjadi referensi terbaik bagi Anda yang kini tengah mencari informasi yang sama. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *