Kisaran Biaya Operasi Batu Ginjal Terbaru (2018) Beserta Metodenya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Biaya operasi batu ginjal pada dasarnya akan berbeda-beda tergantung kebijakan rumah sakit juga metode yang dilakukan. Dan pada pada kesempatan kali ini, www.bwherbal.com akan memberikan informasi akurat terkait kisaran biaya untuk operasi batu ginjal. Lengkap dengan metode yang digunakan hingga efek samping yang bisa muncul pasca operasi.

biaya operasi batu ginjal

Sehingga, bagi Anda yang memang kini tengah mencari referensi terkait biaya operasi batu ginjal di beberapa rumah sakit besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang dan beberapa kota lainnya, mungkin informasi berikut bisa memberikan pencerahan bagi Anda. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu bahaya dan komplikasi batu ginjal apabila tidak segera ditangani dengan tepat berikut.

Sekilas bahaya dan komplikasi batu ginjal

Sebagai mana yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya penyakit batu ginjal (nefrolitiasis merupakan suatu kondisi dimana material cukup keras yang menyerupai batu terbentuk didalam ginjal. Materaial tersebut biasanya berasal dari pada sisa zat-zat limbah didalam darah yang disaring oleh ginjal. Namun, kemudian mengendap atau mengkristal dengan seiring waktu.

Dan batu yang terbentuk didalam ginjal tersebut alangkah baiknya segera di keluarkan. Jika memang tidak bereaksi dengan obat-obatan, Anda juga bisa mengambil jalan operasi sebagai solusi lainnya. Dan hal tersebut perlu dilakukan tanpa sebuah alasan. Mengingat ukuran serta jumlah batu ginjal juga diketahui bisa terus berkembang.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan jika batu ginjal dengan ukuran yang cukup besar bisa tersangkut di ureter juga memicu berbagai komplikasi. Seperti diantaranya infeksi saluran kemih, refluks urine yang malah kembali ke ginjal, infeksi ginjal, avulsi ureter. Bahkan bisa memicu sepsisi atau infeksi yang telah menyebar ke darah yang bisa berakibat fatal yang berujung pada kematian.

Kisaran biaya operasi batu ginjal terbaru (2018) di sejumlah Rumah Sakit di Indonesia

Setiap rumah sakit pastinya memiliki kebijakan masing-masing yang berbeda. Sehingga kisaran batu ginjal ini tidak bisa dipatok dengan pasti. Namun berdasarkan beberapa survei yang telah dilakukan serta pengalaman beberapa pasien. Dan setidaknya Anda harus menyiapkan budget kurang lebih sekitar Rp. 7.000.000- Rp. 25.000.000.

Biaya operasi yang dikeluarkan pada masing-masing pasien bisa berbeda. Tergantung dari pada kelas perawatan serta metode yang dilakukan. Belum lagi terdapat beberapa biaya tambahan seperti untuk konsultasi dengan dokter spesialis sebelum dan pas ca operasi, biaya rawat inap, obat-obatan yang harus dikonsumsi selama masa pemulihan dan lainnya. Selain itu, Anda juga harus melakukan chek-up teratur untuk memantau kesehatan Anda, dengan biaya yang dikeluarkan antara Rp. 150.000 – Rp. 700.000.

Namun kisaran biaya operasi batu ginjal dengan BPJS tentu akan berbeda dengan apa yang telah disampaikan sebelumnya. Dan untuk itu, Anda bisa mengikuti prosedur yang telah didapatkan oleh pihak BPJS. Mulai dari diperiksa di fasilitas kesehatan pertama seperti puskesmas untuk mendapatkan rujukan, sampai dengan menyiapkan berkas-berkas lainnya yang dibutuhkan.

Mengenal metode operasi batu ginjal dan efek sampingnya

Operasi konvensional atau operasi terbuka adalah salah satu metode operasi batu ginjal yang paling umum dilakukan. Metode ini memerlukan pembedahan guna mengeluarkan batu ginjal dari dalam organ ginjal. Dan biaya operasi batu ginjal ini biasanya mencapai Rp. 7.500.000 bahkan lebih. Namun selain itu, masih terdapat beberapa jenis metode operasi batu ginjal lainnya. Tentunya dengan biaya yang berbeda pada setiap metodenya. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)

Metode ini merupakan prosedur yang digunakan untuk menangani gangguan batu ginjal. ESWL sendiri dilakukan dengan menggunakan alat yang dapat memancarkan gelombang kejut (Shock wave) tanpa adanya sayatan. Alat tersebut kemudian akan dikonsentrasikan secara tepat pada arah batu ginjal untuk menghancurkannya menjadi pecahan-pecahan kecil, sehingga bisa dikeluarkan bersama urin.

Terdapat beberapa jenis alat ESWL. Akan tetapi, jenis yang paling sering digunakan adalah electrohydraulic lithotripter. Adapun biaya yangharus di keluarkan untuk melakukan prosedur ini, biasanya akan lebih mahal dari pada biaya operasi batu ginjal secara konvensional.

√ Electrohydraulic Lithotripsy (EHL)

Metode untuk pengeluaran batu ginjal lainnya adalah EHL. Metode ini memanfaatkan gelombang yang terbentuk dari tenaga listrik guna menghancurkan batu ginjal pasien. Adapun alat yang digunakan dalam metode ini adalah probe yang lebih fleksibel. Alat tersebut akan didekatkan pada batu ginjal dengan menggunakan uretereoskop. Meski tidak memerlukan sayatan, sayngnya metode ini diketahui dapat menimbulkan efek negatif.

Percutaneous Nephrolithomy (PCNL)

Metode ini diketahui cukup efektif untuk mengatasi batu ginjal dengan ukutan atau diameter 21-30 mm. Dan alat yang digunakan dalam periode ini bernama Nephoroscope. Mulanya, dokter akan membuat sayatan kecil dibelakang tubuh pasien sebagai jalur unruk memasukan alat tersebut Dan dalam alat tersebut terdapat penyedot dan laser. Jika tidak bisa dengan cara menyedotnya, maka akan dihancurkan dengan laser yang terdapat pada alat tersebut.

√ Ureteroskopi

Dalam metode ini, dokter spesialis akan menangani Anda dengan memasukan scope yang kecil dan fleksibel ini ke dalam ginjal pasien melalui kandung kemih serta ureter. Dan apabila ukuran batu ginjal cukup besar, maka laser akan ditembakan terlebih dahulu guna memecah batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil. Setelah itu, dokter akan menempatkan stent yang akan dilepaskan kembali  dalam waktu 4-10 hari setelah dilakukannya pengeluaran batu ginjal.

Namun bukan tanpa efek samping. Seperti tindakan medis lainnya, metode ureteroskopi ini juga bisa memicuu beberapa efek samping. Diantaranya seperti penyempitan pada saluramn ureter, pendarahan hingga enfeksi.

Jika Anda kini masih ragu untuk melakukan operasi, Masalah batu ginjal juga bisa dibantu dengan alternatif obat herbal QnC Jelly Gamat. Nah untuk mengetahui khasiatnya lebih lengkap dan beberapa testimoni dari konsumen kami yang telah berhasil sembuh, silahkan simak di: Obat Batu Ginjal Alami.

Nah itulah informasi terkait kisaran biaya operasi batu ginjal terbaru lengkap dengan metode, prosedur hingga efek sampingnya. Terimakasih telah meluangkan waktu Anda untuk menyimak artikel ini. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan dana sebelum melakukan tindakan operasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *