Biaya Operasi Amandel Anak Dan Dewasa Terbaru 2018 √ Cek Disini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Biaya operasi amandel anak dan dewasa di sejumlah klinik maupun rumah sakit akan berbeda. Selain tergantung dari pihak rumah sakit itu sendiri, biaya operasi ini juga di tentukan dengan teknik operasi yang dilakukan. Penggunaan BPJS dan non BPJS juga menjadi faktor yang mempengaruhinya. Adapun untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai biaya operasi amandel hingga pilihan metode yang digunakan, sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.

biaya operasi amandel

Operasi amandel atau yang sering disebut dengan tonsilektomi adalah prosedur bedah untuk mengangkat amandel (tonsil). Penyakit amandel sendiri bukanlah penyakit asing bagi sebagian masyarakat. Kondisi yang juga sering disebut radang amandel ini, merupakan jenis peradangan yang terjadi pada tonsil yang bisa dialami oleh anak maupun dewasa.

Pada kondisi tidak cukup parah, pengobatan amandel biasanya dilakukan secara oral atau dengan berbagai jenis obat antiaseptik. Namun tak jarang seorang dokter juga akan mengintruksikan untuk menjalani operasi amandel, apabila penderita amandel telah mengalami beberapa kondisi seperti:

  • Mengalami abses peritonsil.
  • Radang amandel yang terjadi tiga kali dalam setahun yang menyebabkan berbagai kondisi. Diantaranya seperti kejang, demam, berulang, bau mulut dan tidak membaik dengan pengobatan oral.
  • Terjadinya pembesaran amandel yang menyebabkan gangguan pernapasan, kesulitan menelan (diasfagia berat), gangguan tidur hingga komplikasi jantung dan paru-paru
  • Pembesaran amandel yang dicurigai ganas.

Akan tetapi, beberapa diantara penderitanya cukup terbebani dengan masalah finansial. Mereka beranggapan bahwa biaya operasi amandel akan sedikit mahal, terlebih jika mereka tidak memiliki BPJS. Lalu sebenarnya berapa biaya operasi amandel pada saat ini?

Kisaran biaya operasi amandel anak dan dewasa terbaru tahun 2018

Sesuai dengan apa yang telah kami janjikan diatas, kami akan menginformasikan secara detail total biaya operasi amandel. Adapun di Indonesia sendiri untuk biaya operasi amandel di sejumlah rumah sakit swasta bervariasi. Biaya prosedur ini dapat di mulai dari Rp. 7.500.000 hingga lebih dari Rp. 20.000.000. Dan dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Estimasi biaya operasi amandel di beberapa rumah sakit terbaik di dalam dan mancanegara

Nama Rumah Sakit Lokasi Biaya mulai dari
Rumah sakit sumber waras Grogol petamburan, Jakarta Rp. 7.500.000
Rumah Sakit Pertamina Cirebon Cirebon Rp. 7.900.000
Rumah Sakit Premier Jatinegara Jatinegara, Jakarta Rp. 15.000.000
Siloams Hospitals TB Simatupang Cilandak, Jakarta Rp. 15.000.000
Siloams Hospitals Kebon Jeruk Kebon Jeruk, Jakarta Rp. 20.000.000
Sunway Medical Center Kuala Lumpur, Malaysia Rp. 15.000.000
Bungrumrad International Hospital Bangkok, China Rp. 49.058.334

*Daftar biaya operasi amandel diatas kami dikutip langsung dari situs rumah sakit bersangkutan dan berbagai sumber di media internet terpercaya.

Mengetahui kesiapan hingga perawatan sebelum dan sesudah operasi amandel

Sama seperti jenis operasi lainnya, terdapat beberapa persiapan yang sebaiknya Anda ketahui sebelum melakukan prosedur operasi amandel. Diantaranya mulai dari menghentikan konsumsi obat pengencer darah (OAINS) beberapa hari sebelum tindakan, berpuasa selama 6 jam sebelum operasi dimulai, menggunakan pakaian yang longgar dan menyimpan perhiasan yang sedang digunakan. Selain itu, jika pasien operasinya anak, maka serikan semangat agar anak tidak menjadi cemas saat akan melakukan operasi amandel.

Dan pada saat operasi amandel mulai dilakukan, maka Anda akan diberikan anestesi umum (bius total) oleh dokter. Dan setelah efek obat bius bekerja pada tubuh si pasien, maka dokter akan membuka mulut pasien dan juga mengangkat amandel, sehingga tidak ada sayatan dari luar. Adapun teknik pemotongan amandel sendiri dibagi menjadi empat jenis. Yakni menggunakan pisau bedah, energi pas (diathermy), energi dingin (coblation) dan laser.

Dan setelah selelesai memotong, maka dokter akan secara hati-hati mengeluarkan amandel dari mulut pasien. Operasi amandel sendiri biasanya berlangsung sekitar 20-30 menit, tergantung teknik bedah yang dilakukan. Adapun untuk perlu atau tidaknya rawat inap, itu akan disesuaikanoleh dokter setelah meninjau kondisi pasien setelah operasi.

Dan berikut adalah berbagai perawatan yang sebaiknya dilakukan pasien setelah menjalani operasi amandel:

– Tirah baring (bed rest) selama beberapa hari setelah operasi.
– Menghindari aktivitas atau oplahraga berat seperti berlari dan bersepeda.
– Mengonsumsi berbagai jenis obat yang disresepkan dokter.
– Banyak mengonsumsi air putih untuk cegah dehidrasi.
– Mengonsumsi minuman atau makanan yang mudah di telah. Seperti puding, yogurt atau es krim.
– Hindari makanan yang bersifat asam, pedas dan bertekstur keras.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya operasi amandel merupakan operasi umum dan tindakan yang sangat aman. Akan tetapi, pada setiap prosedur pembedahan tetap saja memiliki resiko. Adapun sejumlah komplikasi yang kemungkinan dapat timbul akibat operasi amandel ini adalah infeksi, pendarahan, nyeri tenggorokan, keruksakan pada gigi dan rahang, dehidrasi, penurunan berat badan hingga perubahan suara.

Nah, kini anda telah mengatahui dengan jelas berapa biaya operasi amandel anak dan dewasa terbaru 2018. Adapun selain operasi, kami juga memiliki rekomendasi pengobatan alternatif terbaik yang dapat menyembuhkan amandel dengan tuntas. Untuk itu, silahkan klik: QnC Jelly Gamat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu meringankan sedikit kepanikan Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *