8 Pilihan Camilan Untuk Ibu Hamil Yang Sehat Dan Lezat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Sejatinya, terdapat berbagai macam camilan untuk ibu hamil yang bisa menjai pilihan. Namun, Bumil juga disarankan untuk lebih teliti memperhatikan kandungan gizi pada setiap xccamilan tersebut. Dengan begitu, camilan yang dikonsumsi tak hanya mengenyangkan namun juga menyehatkan.

camilan untuk ibu hamil

Beberapa camilan yang tinggi akan lemak dan gula seperti halnya es krim, keik, biskuit, krim, minyak, mentega serta minuman bersoda memang sangat menggoda khususnya bagi ibu hamil. Hanya saja camilan tersebut sebaiknya dibatasi, lantaran tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Maka dari itu, Bumil sendiri disarankan untuk memilih camilan yang tak hnya lezat, namun juga sehat.

Pilihan camilan untuk ibu hamil yang lezat dan sehat

Camilan untuk ibu hamil sebaiknya mengandung berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya seperti protein, kalsium, zat besi, asam folat serta berbagai jenis vitamin. Adapun berbagai camilan yang sehat yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Yogurt

Didalam yogurt, dikethui terkandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang juga gigi bumil serta janin dalam kandungan. Selain itu, didalamnya juga terkandung prebiotik atau bakteri baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan prebiotik dalam yogurt juga mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi sehingga resiko persalinan prematur, resiko terjadinya infeksi selama masa kehamilan, eksim, alergi pada bayi bisa berkurang.

Adapun sebagai camilan, Bumil bisa mengonsumsi yogurt plain yang bisa dicampur dengan kacang, kismis maupun buah segar. Selain itu, Bumil juga bisa menjadikan yogurt sebagai smooties dengan cara mencampurkan yogurt dengan jus buah maupun sayuran seperti halnya bayam atau seledri.

2. Alpukat

Saat masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi folat yang sangat berguna untuk meminimalkan resiko cacat lahir pada otak maupun sumsum belakang janin. Dan salah satu camilan yang mengandung folat cukup tinggi ialah alpukat. Bahkan tak hanya folat, dalam buah ini juga terkandung lemak sehat yang mana dapat mendukung perkembangan otak janin.

Nah untuk mendapatkan manfaat tersebut, Bumil bisa mengonsumsi alpukat secara langsung maupun disajikan sebagai pengganti mentega mpada roti panggang maupun roti lapis. Selain alpukat, buah pir, mangga, apel serta kiwi juga merupakan buah lainnya yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

3. Cokelat

Mengonsumsi coklat saat hamil diketahui mampu memberikan manfaat bagi kesehatan pembuluh darah ibu hamil. Sehingga camilan ini dipercaya mampu menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi serta preeklampsia. Hanya saja, Bumil dianjurkan untuk tidak me ngonsumsinya terlalu banyak. Selain itu, sebaiknya pilihlah cokelat hitam atau dark chocolate, dibanding dengan cokelat susu yang mengandung lebih banyak gula.

4. Ubi

Didalam ubi terkandung berbagai nutrisi seperti vitamin B, cvitamin C, zat besi, kalium, mineral copper (tembaga) serta beta karoten yang mana kemudia akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Adapun kandungan A vitamin A sendiri sangat penting untuk pembentukan mata, tulang serta kulit untuk janin dalam kandungan. Ubi bisa dimasak seb agaimana kentan, seperti ditumbuk, dipanggang maupun digoreng.

5. Oatmeal

Kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi dalam oatmeal memuatnya menjadi salah satu makanan super sekaligus camilan sehat bagi ibu hamil. Bahkan didalamnya juga terkandung magnesium serta mineral zinc yang cukup tinggi.

Kandungan magnesium dalam oatmeal sendiri bisa memberikan beragam manfaat khususnya dalam kekebalan tubuh, otot serta saraf, sedangkan kandungan zinc dalam oatmeal mampu mendukung pertumbuhan sel serta pembentukan DNA pada janin.

6. Kacang edamame

Camilan untuk ibu hamil yang satu ini kaya akan kandungan vitamin B termasuk asam folat. Kacang edamame juga mengandung berbagai mineral yang mana sangat di butuhkan tubuh, seperti halnya zat besi, tembaga, zinc serta magnesium. Adapun menikmatinya sebagai camilan, Bumil bisa merebusnya kacang edamame dan taburi dengan sedikit garam.

7. Popcorn

Camilan yang satu ini diketahui tinggi akan serat yang bisa membantu meringankan sembelit pada ibu hamil. Namun, sebaiknya hindari membuat popcorn dengan mentega atau garam secara berlebihan.

8. Jus jeruk

Kandungan asam folat serta kalium yang terdapat dalam jus jeruk sangat berguna untuk mencegah kelinan pada janin, menjaga fungsi otot serta metabolisme Ibu hamil. Selain itu, didalamnya juga terdapat kandungan vitamin C yang mana bermanfaat untuk mencegah pilek, meningkatkan penyerapan zat besi hingga mejaga kesehatan tulang dan gigi Bumil maupun janin dalam kandungan. Tak hanya jus jeruk, jus buah lainnya juga bisa menjadi pilihan. Diantaranya seperti jus mangga, stoberi serta tomat. Dan pastikan Anda tidak terlalu banyak menambahkan gula saat membuat jus tersebut.

Nah itulah berbagai camilan untuk ibu hamil yang lezat dan sehat. Meski selama kehmilan Bumil akan sering merasa lebih lapar, namun itu bukan berarti Bumil harus makan untuk porsi 2 orang ya. Adapun pola makan yang disarankan selama kehamilan ialah sarapan sehat setiap pagi. Selain itu, pastikan juga Bumil selalu memperhatikan kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi, sehingga bisa mendukung perkembangan janin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *