7 Tips Meningkatkan Kecerdasan Bayi Dalam Kandungan Secara Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Tahukah bunda, ternyata kecerdasan anak bisa didorong sejak dini semenjak dalam kandungan. Sehingga peranan orang tua semenjak kehamilan berlangsung bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk menentukan kecerdasan sang anak kelak. Dan berikut akan kami berikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi selama dalam kandungan. Selengkapnya simak ulasan singkat berikut ya bun.

meningkatkan kecerdasan bayi

Setiap orang tua pasti mendambakan agar anaknya kelak bisa terlahir dengan sempurna, sehat dan cerdas tentunya. Hanya saja, kecerdasan anak ternyata perlu ditingkatkan sejak ia masih dalam kandungan. Karena pembentukan kecerdasan sejatinya sudah bisa dibentuk sebelum ia dilahirkan. Maka dari itu, tugas bunda untuk mewujudkannya, yakni dengan cara membantu perkembangan otak agar sel-sel sarafnya dapat terbentuk lebih baik.

Tips meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan secara alami

Nah, untuk memicu kecerdasan anak kedepannya, maka bunda perlu menerapkan beberapa kebiasaan selama hamil agar ia kelak bisa terlahir dengan cerdas. Dan berikut beberapa tips dari tim bwherbal.com terkait beberapa kebiasaan yang bisa bunda jalani di masa-masa kehamilan untuk merangsang pembentukan sel-sel saraf otak bayi agar menjadi cerdas.

1. Berjemur di pagi hari

Bunda sudah tahu belum, ternyata berjemur di pagi hari secara rutin dapat membantu janin kelak tumbuh cerdas lho. Hal tersebut karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D, yang tak hanya menjadi asupan penting untuk membantu janin tetap sehat, namun juga baik untuk perkembangan otaknya. Untuk itu, bunda bisa berjalan-jalan atau duduk santai di luar saat sinar matahari muncul.

Dan yang perlu bunda ketahui ialah jika janin dalam kandungan kekurangan vitamin D, maka terdapat kemungkinan dirinya akan terlahir kurang sempurna. Selain itu, sinar matahari juga diketahui memiliki peranan penting untuk perkembangan tulang dan kesehatan jantung janin. Maka dari itu, bunda jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin D selama masa kehamilan ya.

2. Hindari stres

Tingkat stres yang tidak terkontrol ternyata bisa berdampak terhadap kesehatan janin dalam kandungan. Bahkan, stres yang berkepanjangan diketahui mampu melemahkan sistem imunnya. Selain itu, jaringan serta perkembangan otak bayi dalam rahimpun bisa terganggu apabila hormon stres meningkat.

Untuk itu, saat hamil tingkat stres perlu dikurangi. Caranya yakni bisa dengan tetap berfikir positif, selalu rileks saat menghadapi suatu masalah, hingga membatasi pekerjaan yang berat. Selain itu, bunda juga bisa meningkatkan kenyamanan di rumah, baik itu dengan mendengarkan musik favorit ataupun menyalakan aroma terapi.

3. Mengelus perut

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka perut bunda juga kian membesar. Dan pada saat itu, janin dalam kandungan akan mulai merasakan setiap sentuhan yang bunda berikan. Namun jangan salah, aktivitas yang rutin dilakukan tersebut nyatanya dapat mengirimkan sebuah pesan agar dapat menenangkan sistem sarafnya.

Bunda juga bisa menegelus perut besar bunda dengan minyak almond. Hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi janin, lantaran memberikan efek relaksasi serta memperlancar sistem peredaran darah lho. Bunda juga bisa sesekali meminta pasangan untuk memijat punggung atau bagian tubuh lainnya yang terasa pegal menggunakan minyak almond tersebut.

4. Mengonsumsi asupan asam folat yang cukup

Asam folat atau vitamin B9 merupakan salah satu nutrisi yang perlu diperhatikan selama kehamilan. Hal tersebut lantaran kandungan ini dapat membantu mengurangi terjadinya resiko serius pada perkembangan otak serta tulang belakang janin.

Adapun asam folat sendiri bisa bunda dapatkan secara alami dari berbagai jenis makanan. Mulai dari bayam, brokoli, asparagus, telur, es jeruk, sereal dan berbagai jenis makanan sehat lainnya. Berbagai sayuran hijau tersebut juga diketahui dapat membantu pertumbuhan otak janin agar kelak menjadi cerdas. Selain itu, pilihlah asupan makanan dengan gizi dan nutrisi lainnya yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan janin.

5. Mengonsumsi minyak ikan

Tips yang satu ini mungkin telah sering bunda dengar untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Hal tersebut memang dikarenakan dalam minyak ikan sendiri terdapat kandungan DHA (Docosahexaenoic Acid) dan kandungan baik lainnya yang mana dapat berfungsi untuk menambah kecerdasan otak si kecil selama dalam kandungan hingga dilahirkan nanti.

Bunda bisa mengonsumsi minyak ikan secara rutin hingga trimester akhir. Karena dimasa itulah otak janin akan berkembang pesat dan sangat membutuhkan banyak asupan omega 3 dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya.

6. Berolahraga secara rutin

Ibu hamil juga disarankan untuk tetap aktif berolahraga selama masa kehamilan. Selain, membuat ibu dan dan janin semakin cerdas, aktifitas fisik ini juga dapat membauat janin dalam kandungan semakin cerdas. Tidak perlu lakukan olahraga yang berat, bunda bisa lakukan olahraga ringan seperti berenang atau sekedar jalan kaki.

7. Melakukan gaya hidup sehat

Seperti yang bunda telah ketahui, bahwa melakukan gaya hidup sehat adalah prioritas selama kehamilan. Diantaranya menghindari obat-obatan bebas yang banyak ditemukan dipasaran serta tanpa sepengetahuan dokter. Selain itu, hindari juga mengonsumsi alkohol dan rokok agar janin tetap sehat. Bunda juga bisa meminta sang papa untuk mengurangi kebiasaan merokok agar udara yang dihirup tidak terkena paparan zat kimi maupun radikal bebas.

Nah, itulah berbagai cara atau tips meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan secara alami. Bisa mencobanya dan menerapkannya dalam keseharian bunda selama menjalani kehamilan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *