7 Tips Cegah Penularan COVID-19 Di Tempat Kerja Saat New Normal

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

New normal sejak awal juni ini telah mulai di terapkan menyusul dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah negara, termasuk di beberapa wilayah Indonesia. Dengan begitu, aktivitas dari berbagai sektor dapat beroprasi lagi secara bertahap, termasuk perkantoran. Nah, bagi Anda yang sudah maupun akan mulai kerja kembali, sebaiknya Anda perlu memiliki strategi guna mencegah penularan COVID-19 khususnya di tempat kerja. Untuk mengetahuinya, sebaiknya simak ulasan berikut.

tips mencegahpenularan covid-19 saat bekerja

Apabila kini Anda harus mulai beraktivitas kembali di Kantor, maka bukan berarti Anda bisa melakukannya sama seperti pada masa pandemi sekarang ini. Anda tentu harus mempersiapkan diri untuk mencegah virus corona termasuk di tempat kerja. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa penularan infeksi virus corona bisa melalui cipratan air liur (droplet) dari seseorang yang telah terinfeksi saat mengalami batuk, bersin maupun berbicara.

Selain dari pada itu, penularan juga bisa terjadi melalui sentuhan dengan permukaan benda yang telah terkontaminasi virus corona ini. Maka dari itu, pastikan Anda telah mengetahui berbagai upaya pencegahan penularan virus corona saat Anda bekerja.

Tips mencegah penularan COVID-19 di tempat kerja saat new normal

Berikut adalah berbagai langkah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penularan virus corona di tempat kerja.

1. Gunakan masker saat bekerja

Pastikan Anda selalu menggunakan masker saat bekerja dikantor guna mencegah virus corona. Pakailah masker mulai dari berangkat kerja hingga pulang dan dtiba di Rumah. Penggunaan masker sendiri mampu melindungi diri Anda dari paparan zat berbahaya, termasuk virus juga bakteri di udara. Jangan lupa juga untuk membawa maske rcadangan selama di kantor. Dan alangkah baiknya, Anda mengganti masker setiap satu jam sekali.

2. Pastikan area meja kerja bersih

Cara mencegah penularan COVID-19 lainnya ditempat kerja yang bisa dilakukan ilah dengan memastikan bahwa area meja kerja dalam keadaan bersih. Sebelum mulai bekerja dan cara berkala, Anda bisa membershkan permukaan meja serta barang-barang yang terdapat diatasnya, seperti telepon, keyboard komputer dan lainnya menggunakan disinfeksi.

Hal tersebut karena virus bisa menular lewat cipratan air liur saat seseorang batuk atau bersin yang menempel di permukaan benda, yang kemudian disentuh oleh prang lain. Sehingga jika tidak melakukan pembersihan dengan disinfektan secara berkala, maka bisa meningkatkan resiko penularan virus corona.

3. Terapkan sosial distancing atau jaga jarak

Guna mencegah penularan virus corona di tempat kerja, maka sebisa mungkin terapkan aturan sosaial distancing atau jaga jarak minimal 1 meter. Pasalnya orang yang telah terinfeki virus corona bisa nampak sehat atau sering disebut juga dengan orang tanpa gejala (OTG). Sehingga Anda sebaiknya hindari kontak dengan orang lain, termasuk saat berada di area tempat kerja.

Penerapan jaga jarak ini berlaku saat pengecekan suhu tubuh dalam lift kantor ya. Dan untuk sementara waktu, hindari pula pertemuan sosial di area kantor yang melibatkan banyak orang.

4. Sering cuci tangan

Mencuci tangan juga merupakan tips sederhana lainnya guna mencegah penularan virus corona yang perlu dilakukan saat berada di tempat kerja. Terlebih setelah Anda dari toilet, batuk atau bersin serta sebelum maupun sesudah makan.

Sebaiknya cuci tangan Anda dengan sabun menggunakan air mengalir selama 20 detik sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah. Namun, apabila sulit menemukan Air mengalir, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih atangan atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 persen. Langkah ini juga dipercaya mampu membantu menyingkirkan serta membunuh virus yang mungkin menempel di tangan.

5. Hindari menyentuh area wajah dengan tangan

Cara mencegah penularan virus corona di tempat kerja lainnya bisa dilakuka dengan tidak menyentuh mata, hidung serta mulut terkecuali tangan Anda sudah dalam kondisi bersih. Hal ini lantaran selama berada di tempat kerja, Anda mungkin menyentuh benda apapun yang ada di sekitar Anda.

Karena tanpa Anda sadari benda-benda tersebut mampu meningkatkan resiko penularan virus. Ya, saat tangan menyentuh mata, hidung maupun mulut maka virus bisa masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Anda sakit.

6. Gunakan etika kebersihan saat batuk atau bersin

Saat Anda batuk atau bersin, pastikan tutup hidung atau mulut menggunakan tisu atau siku bagian dalam. Cara ini mampu melindungi orang lain disekitar Anfa dari ancaman berbagai virus penyebab penyakit. Seperti flu, pilek bahkan virus COVID-19, yang mungkin keluar dari percikan cairan dari mulut dan hidung.

7. Tidak pergi ke tempat kerja jika sakit

Sebaiknya Anda tidak perlu pergi ke kantor untuk bekerja apabila sedang sakit. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit terhadap orang lain. Terlebih jika Anda mengalami beberapa gejala yang menujukkan indikasi COVID-19. Seperti halnya demam, batuk dan sulit bernapas. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain dari pada melakukan beberapa cara atau tips mencegah penularan COVID-19 di tempat kerja yang telah disampaikan diatas, namun penting juga unruk menjalankan protokol kesehatan lainnya. Diantaranya mengonsumsi mkanan bergizi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhm istirahat yang cukup, serta membersihkan diri aat tiba di rumah usai bekerja.

Mulai bekerja kembali di kantor saat menjalani masa new normal, memang memerlukan persiapan yang maksimal. Untuk itu, pastikan Anda bisa melakukan beberapa tips mencegah virus corona dengan beberapa cara diatas. Semoga dengan itu, Anda bisa terhindar dari wabah pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *