7 Manfaat Minyak Kelapa Murni Yang Aman Untuk Ibu Hamil

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pada dasarnya, minyak kelapa merupakan salah satu prosuk yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan tubuh melainkan juga untuk ibu hamil. Karena saat memasuki masa kehamilan, seorang wanita akan disarankan untuk memperbanyak asupan superfood seperti minyak kelapa. Berbagai nutrisi didalamnya juga dipercaya baik untuk pertumbuhan serta perkembangan janin. Lalu, apa saja manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan tubuh

manfaat minyak kelapa

Selain air kelapa, minyak kelapa diketahui memiliki sejumlah manfaat lantaran berbagai kandungan nutrisi serta senyawa alami yang terdapat didalamnya. Adapun dalam 100 gr minyak kelapa diketahui terkandung kalori 862 kcal, lemak jenuh 87 gr, lemak tak jenuh ganda 1,8 gr, lemak tak jenuh tunggal 6 gr, kolesterol 0 mg, natrium 0 mg, karbohidrta 0 g (serat pangan 0 gr, gula 0 gr) dan protein 0 gr. Adapun berbagai khasiat minyak kelapa untuk ibu hamil meliputi:

1. Meningkatan sistem imun tubuh

Minyak kela adiketahui megandung lebih dari 90% lemak jenuh. Adapun lemak utama dalam minyak kelapa ialah asam laurat, yang tak lain merupakan asam lemak rantai yang telah terbukti memiliki efek positif, terlebih pada kadar kolesterol. Sifat antimikroba yang terdapat didalamnya juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta berpotensi menjaga sistem kekebalan tubuh bayi Anda.

2. Membantu penyerapan vitamin

Lemak sehat yang terdapat dalam minyak kelapa juga bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin yang larut dalam lemak. Selain itu, juga bisa menjadikannya sebagai pendorong nyata bagi nutrisi kehamilan yang baik. Selain vitamin, minyak kelapa juga bisa membantu penyerapan mineral seperti kalsium yang mana sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat.

3. Merangsang produksi ASI

Kandungan asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa juga diketahui mampu merangsang produksi Air Susu Ibu (ASI). Adapun asam laurat sendiri merupakan jenis asam lemak yang sama, dimana secara alami juga terdapat dalam ASI. Bahkan jenis asam lemak ini juga bisa melindungi ibu hamil serta bayi dari infeksi virus, bakteri serta jamur.

4. Baik untuk diet kehamilan

Minyak kelapa jug apabila dikonsumsi secara teratur nbisa menjadi bagian diet kehamilan yang sangat berbamnfaat bagi ibu hamil. Mengonsumsi satu sendok makan minyak dapat membantu meringankan gejala mual kehamilan hingga meringankan mulas saat hamil. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa dalam berbagai olahan makanan, seperti sup, smoothie ataupun dalam semangkuk bubur di pagi hari.

5. Meredakan morning sickness

Minyak esensial yang satu ini juga memiliki sifat menenangkan, sehingga bisa menjadi salah satu solusi sempurna untuk semua masalah kehamilan, termasuk morning sickness hingga konstipasi. Selain itu, minyak kelapa juga diketahui memiliki kontribusi dalam mengurangi dampak refluks asam lambung, yang mana bisa menyebabkan rasa terbakar (hearthburn) di dada. Bahkan sifatnya yang menenangkan bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

6. Mencegah strech marks

Kehamilan juga bisa meninggalkan masalah stretch marks yang sangat buruk terlebih di area perut. Masalah kulit yang satu ini umumnya terjadi akibat terjadinya peradangan kulit serta otot di bagian perut untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Penggunaan minyak kelapa secara regular selama kehamilan bisa mencegah terbentuknya stretch marks, lantaran minyak kelapa mampu melembabkan kulit serta meningkatkan elastisitasnya.

7. Mencegah penyakit yang disebabkan bakteri

Didalam minyak kelapa juga terkandung senyawa antivirus serta antijamur yang efektif dalam mencegah bantuk, flu serta infeksi virus lainnya. Sehingga, minyak kelapa bisa menjadi pelindung tubuh paling manjur untuk ibu hamil, mengingat sistem kekebalan tubuh nya sangat mudah terganggu selama masa kehamilan. Caranya, cukup konsumsi 2 sdm minyak kelapa setiap harinya dan rasakan khasiatnya.

Seberapa amankah minyak kelapa digunakan selama masa kehamilan?

Menfonsumsi minyak kelapa dalam jumlah sedang selama kehamilan ternyata cukup menguntungkan. Namun minyak kelpa 100% menganung lemak jenuh. Sesuai dengan anjuran American Hearth Association dan organinasisi kesehayan lainnya, disarankan untuk membatasi lemak jenuh. Hanya saja penting untuk Anda pahami, bahwasannya tidak semua lemak jenuh berdampak huruk bagi tubuh.

American Herat Association sendiri merekomendasikan mengonsumsi lemak jenuh sebaiknya tidak lebih dari 5 hingga 6 persen dari jumlah kalori harian. Maka dari itu, mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah sedang, dapat memastian bahwa tubuh ibu hamil mampu menyerap vitamin yang larut. Dan pada gilirannya, manfaat minyak kelapa dapat membantu tubuh ibu serta bayi yang belum lahir untuk memperoleh nutrisi secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *