5 Tips Mencegah Serangan Jantung Mendadak Di Usia Muda

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Menurut beberapa pakar kesehatan, serangan jantung kini tak hanya berpotensi besar dialami oleh orang lanjut usia saja. Mereka yang masih berusia muda juga diketahui memiliki resiko yang sama mengalami masalah kesehatan yang sering kali menjadi penyebab kematian mendadak ini. Untuk itu, apabila Anda ingin terhindar dari gangguan kesehatan tersebut, selain melakukan pola hidup sehat sebaiknya Anda juga mengetahui berbagai cara dan tips mencegah serangan jantung di usia muda dalam ulasan berikut.

cara mencegah penyakit jantung

Sejak kemarin, ranah hiburan tanah air berduka atas kepergian salah satu aktor sekaligus suami selebritas Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair pada selasa (18/02/2020), pagi. Pria yang memiliki nama lengkap Ashraf Daniel Mohammed Sinclair ini berpulang pada usia 40 tahun, di Rumah Sakit MMC Kuningan Jakarta Selatan akibat serangan Jantung.

Tak ada yang menyangka, bahkan rekan-rekan sesama selebritas sangat terkejut atas berita kepulangan dari aktor film sekaligus sinetron ini. Hal tersebut dikarenakan suami dari BCL ini diketahui memiliki usia masih tergolong muda dan memiliki pola hidup sehat. Bahkan selama ini, pria berkewarganegaraan Malaysia ini dikenal sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Pada dasarnya, penyakit jantung yang kerap disebut silent killer ini bisa menyerang siapapun, kapanpun bahkan saat tidur sekalipun hingga dapat berujung pada kematian. Hanya saja, pada beberapa dekade lalu, penyakit ini memang lebih banyak dikarenakan faktor usia. Yakni pria diatas umur 50 taun sedangkan wanita diatas usia 65 tahun. Namun, beberapa studi terbaru menunjukkan bahwasannya orang-orang yang masih muda justru rentan pula terserang penyakit jantung. Mereka ditaksir berusia antara 20 hingga 40 tahun.

Adapun menurut laman Health Cleve and Clinic, beberapa diantara penyebab serangan jantung paling umum di akibatkan oleh gaya hidup dan diabetes. Bahkan menurut Luke Laffin yang tak lain seorang ahli jantung mengungkapkan, bahwasannya faktor terbesar resiko terjadinya serangan jantung pada usia muda adalah diabetes.

Lalu, adakah cara atau tips mencegah serangan jantung mendadak di usia muda?

tips mencegah serangan jantung

Dulu, mungkin gagasan yang diperbincangkan adalah bagaimana cara mencegah serangan jantung susulan setelah terjadi serangan jantung pertama. Namun sekarang gagasan tersebut berpindah dengan bagaimana pencegahan utama dilakukan untuk mengantisipasi serangan mematikan ini. Adapun berbagai pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir resiko terjadinya serangan jantung di usia muda.

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Anda disarankan untuk konsisten menjaga pola hidup seat, salah satunya dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi. Pastikan Anda selalu makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi yang menyehatkan tubuh Seperti halnya sayuran dan buah-buahan. Hindari pula makanan yang dapat berkontribusi mengakibatkan diabetes. Salah satunya seperti makanan cepat saji.

2. Mengetahui dan menghindari pemicu serangan jantung

Agar terhindar dari ancaman serangan jantung, Anda juga perlu mengetahui dan menghindari sejumlah perilaku yang dapat memicu kondisi tersebut. Adapun beberapa hal yang perlu Anda waspadai adalah obesitas, pola makan yang buruk, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, riwayat kesehatan keluarga hingga olahraga terlalu berat.

3. Melakukan konsultasi

Ini sangat penting dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya serangan jantung di usia muda, apabila Anda memiliki faktor resiko. Misal ada riwayat keluarga dengan penyakit jantung. Jangan karena usia muda, Anda mengabaikan hal tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui, karena kini sebagian besar serangan jantung dialami orang dengan usia muda. Sehingga sangat penting untuk melakukan konsultasi secara personal berdasarkan faktor resiko yang Anda dimiliki.

4. Cek kesehatan jantung dan pembuluh darah secara berkala

Hal ini merupakan pedoman kesehatan yang direkomendasikan untuk orang berusia 20 hingga 39 tahun tanpa resiko serta penyakit bawaan. Sehingga apabila terjadi, kondisi ini bisa terdeteki lebih awal.

5. Berolahraga secara rutin

Aktif secara fisik dengan melakukan latihan atau berolaghrga secara rutin juga bisa menjadi salah satu tips mencegah serangan jantung di usia muda. Namun yang perlu Anda garis bawahi disini ialah sebaiknya tidak melakukan olahraga terlalu berat karena itu malah akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Adapun salah satu olahraga yang paling direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah aerobik, karena olahraga tersebut dapat mengatur napas kita tetap keluar dari hidung.

Nah itulah berbagai tips dan cara mencegah serangan jantung mendadak di usia muda. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Segenap tim dari bwherbal.com juga mengucapkan turut berduka cita atas kepergian aktor Ashraf Sinclair, semoga ada dalam husnul khatimah serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *