5 Makanan Penyebab Pengapuran Tulang Yang Harus Segera Dibatasi!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Tak hanya usia dan masalah kesehatan, pemicu terjadinya pengapuran tulang juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Seperti salah satunya adalah faktor makanan. Lalu, apa saja jenis makanan penyebab pengapuran tulang? Untuk mengetahui jawabannya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

makanan penyebab pengapuran tulang

Pengapuran merupakan salah satu permasalahan sendi yang banyak ditemukan, khususnya pada orang yang telah lanjut usia. Kondisi ini paling umum disebabkan oleh osteoarthritis. Adapun osteoarthritis sendiri merupakan suatu kondisi dimana bantalan tulang rawan diantara sendi rusak dan terkikis. Sehingga tak jarang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada persendian.

Osteaoarthritis sendiri bisa terjadi pada bagian sendi manapun di tubuh. Hanya saja, kondisi paling banyak ditemukan di lutut, tangan, pinggul serta tulang belakang.

Berbagai Jenis makanan penyebab pengapuran tulang

Selain usia dan pola hidup, pengapuran tulang juga bisa disebabkan oleh makanan yang sering dikonsumsi. Bagi Anda yang memiliki resiko atau telah menderita pengapuran tulang, sangat penting untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat menyebabkan pengapuran tulang. Karena tak hanya bisa menyebabkan pengapuran namun beberapa jenis makanan ini juga bisa memicu peradangan yang memperburuk pengapuran. Adapun berbagai jenis makanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Garam

Meski tubuh membutuhkan garam, namun terlalu banyak mengonsumsi garam juga bisa memicu sejumlah masalah. Salah satunya yakni peradangan termasuk peradangan sendi. Karena saat kadar natrium meningkat, maka tubuh akan mengalami resistensi cairan. Dan ini menyebabkan pembengkakan pada sendi dan pembengkakan pada sendi bisa memperburuk kondisi osteoarthritis.

Selain osteoporosis, kelebihan natrium juga berkaitan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit ginjal juga hipertensi. Untuk itu, jika Anda tidak ingin mengalami pengapuran tulang, sebaiknya mulai batasi konsumsi garam. Salah satu caranya bisa dengan cara menukar garam dengan rempah-rempah yang lebih sehat. Hindari pula makanan cepat saji, lantaran cenderung mengandung natrium yang tinggi.

2. Gula

Gula olahan juga diketahui dapat memicu peradangan. Gula yang diproses dapat menyebabkan pelepasan sitokin, yang mana bertindak sebagai pembawa pesan inflamasi dalam tubuh. Gula olahan sendiri bisa berupa minuman manis, termasuk soda, teh manis, kopi berperasa serta beberapa minuman jus.

Selain itu, karbohidrat yang kaya akan gula olahan, seperti permen serta beberaa jenis roti juga mampu mengubah respons kekebalan tubuh terhadap penyakit. Respon ini juga bisa memperburuk peradangan dan membuat persendian menjadi lemah. Untuk itu, batasi konsumsi gula dengan tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Anda bisa mengganti gula dengan madu atau pemanis alami lainnya yang lebih sehat.

3. Gorengan

Makanan yang satu ini sangat kaya akan lemak jenuh sehingga mampu meningkatkan resiko peradangan hingga memperparah osteoarthritis. Selain itu, mengonsumsi gorengan juga sering dikaitkan dengan resiko obesitas. Dan obesitas sendiri dapat menyebabkan kaki serta lutut menopang beban lebih banyak. Selain itu, obesitas juga dapat meningkatkan resiko osteoarthritis dengan mempercepat keruksakan tulang rawan sendi.

Sedangkan, minyak yang digunakan unruk menggoreng makanan juga bisa mencipatakan reaksi kimia dalam tubuh yang mampu meningkatkan kadar kolesterol. Dimana, konsumsi gorengan juga menjadi resiko yang cukup serius untuk penyakit jantung.

4. Tepung putih

Makanan penyebab pengapuran tulang lainnya yang perlu Anda batasi adalah tepung putih. Jenis tepung ini merupakan salah satu produk gandung yang telah melalui banyak proses. Sehingga didalamnya hampir memiliki sedikit vitamin juga mineral. Dan karena alasan tersebut tepung putih sering disebut sebagai kalori ‘kosong’.

Produk gandum olahan ini seperti halnya roti putih juga bisa merasang respons peradangan pada tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi karbohidrat olahan seperti halnya tepung putih mampu memicu peradangan pada sendi. Selain itu, karboghidrat olahan juga sering kali dikaitkan dengan resiko obesitas yang lebih besar, Guna menghindari nhal tersebut, Anda bisa memiliki biji-bijian sebagai solusi alternatifnya. Hindari pula produk roti yang melalui banyak pemrosesan.

5. Alkohol

Minuman tidak sehat ini apabia dikonsumsi dalam jangka panjang juga bisa terjadinya osteoarthritis dan memicu peradangan pada sendi. mengonsumsi alkohol terutama bir, mmpu menyebabkan flare-up lantaran kadar purin yang tinggi dalam produk alkohol komersial. Selain itu, sebagian besar obat radang sendi juga akan berinteraksi dengan alkohol. Dimana hal tersebut bisa mempengaruhi efektivitas obat bahkan bisa berbahaya untuk tubuh.

Baca juga: Mengenal 4 Penyebab Nyeri Sendi Pada Anak Dan Cara Menanganinya

Nah itulah berbagai makanan penyebab pengapuran tulang yang sebaiknya perlu Anda batasi saat ini juga. Adapun bagi Anda yang kini telah menderita pengapuran tulang dan sendi, selain membatasi atau menghidari berbagai jenis makanan diaras, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan sehat yang aman untuk penderita osteoartritis. Beberapa diantaranya ialah minyak ikan, produk susu, sayuran hijau, teh hijau dan berbagai makanan sehat lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *