5 Jenis Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Sejatinya, ada banyak jenis makanan untuk ibu hamil trimester ketiga yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Berbagai makanan tersebut diketahui sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Ibu hamil yang kian mendekati waktu persalinan. Selain dari pada itu, makanan sehat tersebut juga bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi janin. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

makanan terbaik untuk ibu hamil trimester ketiga

Trimester ketiga kehamilan berlangsung sejak usia kehamilan telah memasuki minggu ke-28 hingga minggu ke-40 kehamilan. Nah, pada masa ini berat janin didalam kandungan akan semakin bertambah lantaran organ-organ tubuhnya juga sudah mulai terbentuk serta berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, setiap ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalori serta nutrisi saat memasuki trimester terakhir kehamilan ini. Adapun selama trimester kedua dan ketiga kehamilan, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak asupan kalori sebanyak 300 kalori yang berasal dari makanan.

Pilihan makanan sehat untuk ibu hamil trimester ketiga

Guna mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi sehari-hari di usia trimester ketiga kehamilan ini, Bumil perlu mengonsumsi beragam jenis makanan sehat. Bahkan semakin banyak variasi makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak pula nutrisi serta energi yang akan diperoleh oleh Bumil. Dan berikut adalah berbagai jenis makanan bernutrisi yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil saat memasuki trimester terakhir kehamilan. Diantaranya:

1. Buah-buahan

Buah memang merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik yang baik konsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan didalamnya banyak sekali mengandung serat, air, karbohidrat kompleks, antioksidan serta berbagai jenis vitamin serta mineral. Seperti halnya vitamin C, natrium serta folat.

Nah, berbagai macam nutrisi tersebut diketahui memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung kesehatan serta tumbuh kembang janin di trimester ketiga. Adapun berbagai jeni buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester ketiga ialah jambu biji, jeruk, kiwi, pisang, alpukat, leci, pisang, jeruk bali, apel, melon, mangga, pepaya dan stroberi.

2. Sayuran

Selain buah, Bumil juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran untuk mendukung tumbuh kembang janin di trimester ketiga. Hal tersebut karena didalam sayuran juga terkandung banyak nutrisi penting, yang meliputi serat, antioksidan, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Seperti halnya folat, zat besi, vitamin A, vitamin C serta vitamin K.

Pada umumnya, ada beberapa pilihan sayur yang dikonsumsi oleh Ibu hamil, khususnya saat tengah memasuki usia trimester ketiga kehamilan. Diantaranya seperti brokoli, bayam, jagung, kangkung, kentang, kubis, lobak, ubi, kale serta selada.

3. Berbagai jenis daging

Berbagai macam daging seperti daging merah tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit serta seafood mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil mulai dari trimester awal hingga trimester ketiga. Seperti halnya protein, lemak, seperti vitamin dan mineral, yang meliputi zat besi, kalsium dan folat.

Adapun pada saat Anda membeli daging atau seafood, maka pilihlah daging, ikan, udang, cumi atau jenis seafood lainnya dalam kondisi segar. Setelah itu, letakkan pada plastik atau wadah tertutup serta tempatkan di kulkas atau freezer apabila Bumil ingin menyimpannya lebih lama. Selain itu, pastikan juga saat mengolahnya, daging atau seafood benar-benar matang sepenuhnya agar kuman yang terdapat didalamnya sudah terbasmi.

4. Kacang-kacangan

Jenis makanan sehat ini juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Hal tersebut lantaran didalamnya terkandung protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks serta vitamin dan mineral yang meliputi vitamin B, folat, zinc, zat besi, kalium, magnesium serta kalsium.

Bumil bisa mendapatkan berbagai asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang tanah, kacang almond, kacang polong atau kacang merah.

5. Susu dan prosuk olahannya

Susu merupakan salah satu sumber alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral didalamnya. Mulai dari kalsium, kalium serta protein. Berbagai komponen tersebut sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan mineral harian bumil terlebih apabila telah masuk trimester ketiga kehamilan.

Sehingga, tubuh Bumilpun tidak akan kekuran nutrisi meski kemudian diambil oleh si kecil yang tengah tumbuh pesat di rahim Anda. Selain dari susu murni, berbagai nutrisi tersebut bisa bumil peroleh dari berbagai produk lahannya, seperti keju dan juga yogurt.

Baca juga: 5 Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dihindari

Nah itulah berbagai jenis makanan terbaik untuk ibu hamil trimester ketiga. Namun selain berbagai makanan diatas, ada hal yang tidak bolesh terlewatkan selama hamil trimester ketiga. Diantaranya minum cukup air putih agar terhindari dari dehidrasi, mengonsumsi suplemen kehamilan sesuai anjuran dokter, berolahraga secara teratur serta mulai mempersiapkan persalinan. Dan saat menjelang waktu bersalin, Bumil juga disarankan agar secara rutin berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan guna menjalani pemeriksaan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *