5 Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebih Secara Alami Dengan Cepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Nyeri haid umumnya dialami oleh sebagian besar wanita saat sebelum atau tengah memasuki perode haid. Adapun intensitas nyeri yang alamipun berbeda-beda. Hanya saja pada beberapa wanita, rasa nyeri yang umumnya terasa kram perut dibagian bawah begitu tidak nyaman hingg mengganggu aktivitas. Nah selain dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, terdapat beberapa cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Apa saja? simak selengkapmnya dalam ulasan berikut.

Mengenal penyebab nyeri haid

cara mengatasi nyeri haid

Nyeri haid atau yang disebut juga dengan disminore merupakan kondisi nyeri pada perut bagian bawah baik muncul sebelum atau saat haid. Kondisi ini umumnya mulai bisa terasa dari 1-2 hari sebelum haid. Adapun rasa sakit disminore sendiri umumnya didominasi oleh kram berdenyut di perut yang bisa menyebar ke punggung, pinggang hingga paha.

Sejatinya, penyebab nyeri haid sendiri terjadi lantaran adanya hormonj prostaglandin yang meningkatkan kontraksi pada dinding rahim. Karena pada saat memasuki periode menstruasi, dinding rahim wanita akan berkontraksi agar lapisan dinding rahim bisa meluruh. Kontraksi tersbut kemudian kana menekan pembuluh darah serta menyebabkan kurangnya suplai oksigen di rahim. Nah hal ini lah yang menyebabkan rahim mengeluarkan hormon prostaglandin ( salah satu jenis hormon yang menimbulkan rasa sakit).

Hormon prostaglandin sendiri nyatanya tak hanya mampu meningkatkan kontraksi pada dinding rahim namun juga memicu rasa sakit yang menimbulkan nyeri haid. Wanita yang cenderung memiliki kadar hormon prostaglandin yang cukup tinggi umumnya akan mengalami nyeri haid yang cukup menyakitkan. Bahkan tak hanya memicu rasa nyeri hormon tersebut juga bisa menyebabkan diare, sakit kepala, muntah-muntah saat masa menstruasi.

Cara mengatasi nyeri haid secara alami

Durasi nyeri haid yang dialami oleh setiap wanita umumnya berbeda-beda. Hanya saja secara umum, nyeri haid yang dialami dapat berlangsung 48 hingga 72 jam. Jika Anda merasa terganggu karenanya, berikut ada beberapa cara menghilangkan nyeri haid secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

  1. Berolahraga. Berolahraga ringan dipercaya mampu membantu meresdakan nyeri haid. Anda bisa mencoba berolahraga seperti berjalan-jalan, bersepeda atau sebagainya.
  2. Mandi air hangat. Rasa hangat bisa membuat tubuh menjadi rileks sekaligus mampu mengurangi nyeri haid yang Anda alami. Selain itu, Anda juga bisa menaruh kantong pemanas atau botol berisi air hangat di perut untuk meredakan nyeri haid.
  3. Berhenti merokok. Merokok diketahui dapat memperpatan intensitas nyeri haid. Untuk itu, hindari merokok dan pola hidup buruk lainnya seperti mengonsumsi alkohol, minuman bersoda serta beberapa jenis minuman berkafein.
  4. Melakukan teknik relaksasi. Aktivitas ini bisa membuat Anda menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu Anda tidak terlalu memikirkan nyeri haid yang tengah dirasakan. Adapun beberapa teknik relaksasi tersebut diantaranya yoga, pijat, meditasi, akupuntur dan lainnya.
  5. Memanfaatkan bahan alami. Meski kini obat pereda nyeri haid telah banyak dijual di pasaran, namun mengolah sendiri bahan alami yang memiliki khasiat untuk meredakan nyeri haid tentunya lebih sehat. Adapun beberapa bahan alami tersebut diantaranya kunyit, asam jawa serta jamu kunyit asam.

Nah itulah berbagai cara mengatasi nyeri haid berlebih dengan cepat secara alami. Selain beberapa cara diatas, beberapa tips lainnya juga mungkin bisa membantu meredakan nyeri yang satu ini. Diantaranya perbanyak minum air putih, mengonsumi makanan yang bernutrisi, hindari stres atau meminum teh herbal seperti teh chamomile dan teh jahe. Hanya saja, apabila nyeri haid terasa begitu menyakitkan dan disertai dengan gejala lainnya seperti demam, keluar cairan berbau busuk dari vagina, ada baiknya segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *