4 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Efektif Mencegah COVID-19

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Selain mentaati imbauan dari pemerintah terkait upaya pencegahan COVID-19. nyatanya masyarakat masih mencari alternatif lainnya untuk perlindungan tambahan. Salah satunya dengan memanfaatkan obat herbal. Ya, beberapa jenis tanaman herbal dipercaya mampu mencegah infeksi virus corona. Lalu, apa saja tanama obat herbal yang dipercaya mampu mencegah COVID-19? Selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

4 Tanaman herbal yang dapat membantu mencegah COVID-19

mencegah covid-19

Baik di berita nasional maupun chat berantai aplikasi chat, kabar soal tanaman tanaman herbal yang dipercaya mampu mencegah infeksi virus corona, selalu mencuri perhatian. Dan sejauh ini, berikut beberapa tanaman juga ramuan herbal yang diklaim mampu mencegah pandemi COVID-19.

1. Jamu empon-empon

Sejak corona merebak di Indonesia, jamu empon-empon mulai naik daun dan banyak di cari. Adapun empon-empon senidiri merupakan kumpulan rempah-rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, jayu manis dan sereh. Jamu tradisional Indonesia ini memang telah sejak lama dipercaya memiliki khasiat dalah pengobatan hingga penyembuhan beberapa penyakit.

Selain itu, campuran rempah tersebut juga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak sedikit orang yang mengonsumsinya dengan tujuan agar dapat terhindar dari infeksi CPVID-19. Hanya saja hingga saat ini, belum ada terdapat penelitian ilmiah yang bisa memastikan bahwa manfaat empon-empon untuk menangkal virus corona. Mak dari itu, harap mengonsumsi jamu tradisional ini dengan bijak ya.

2. Jambu biji

Tanaman herbal selanjutnya yang diduga memiliki potensi untuk dijadikan obat herbal penangkal corona yakni jambu biji. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti UI dan IPB, jambu biji diketahui memiliki sejumlah komponnen yang cukup lengkap guna melawan infeksi virus corona.

Adapun berbagai senhyawa tersebut diantaranya ialah hesperidin, rhamnetin, kaemferol, kuersetin serta myricetin. Hanya saja, penelitian tersebut belum dilakukan secara langsung pada manusia. Dan kemungkinan masih diperlukan waktu lebih lama lagi guna memastikan manfaat jambu biji tersebut.

3. Jeruk dan kulitnya

Suatu penelitian yang dilakukan peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) belakangan ini melakukan penelitian gabungan guna mrngrtahui komponen senyawa yang terkandung dari bahan herbal yang diduga mampu melawan infeksi virus corona. Dan hasilnya, jeruk dan kulitnya dianggap memiliki potensi memiliki manfaat tersebut.

Adapun kemampuan jeruk guna melawan corona diduga lantran kandungan flavonloid berjenis hesperidin didalamnya. Senyawa tersebut dianggap mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri juga virus. Dan hesperisin sendiri diketahui terkandung dalam kulit jeruk. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa memarut sedikit kulit jeruk yang telah dicuci bersih ke dalam jus jeruk untuk diminum. Bisa juga menambahkan jeruk tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu ke dalam infuse water. Namun hasl ini masih memerlukan banyak riset lagi guna benar-benar memastikan khasiat kulit jeruk untuk menangkal COVID-19 efektif.

4. Daun kelor

Tanaman herbal selanjutnya yang dipercaya mampu mencegah COVID-19 ialah daun kelor. Berbagai senyawa didalamnya diduga bermanfaat guna menangkal virus corona tersebut bahkan juga sering dijadikan sebagai obat herbal guna mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Hanya saja lagi-lagi, apabila Anda ingin menafaatnya harap berlaku bijak. Karena penelitian yang telah dilakukan masih dalam tahap awal.

Nah itulah 4 jenis tanaman herbal yang mampu meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah COVID-19. Meski begitu sebagaimana yang telah di paparkan diatas, masih belum ada penelitian lebih lanjut atas jenis tanaman tersebut. Maka dari itu, harap memanfaatkannya secara bijak dan tidak berlebihan. Salam sehat!

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *